sign up SIGN UP

Bisa! Ini 5 Ide Seru Wujudkan Staycation yang Hemat Anggaran

Budi Rahmah Panjaitan | Sabtu, 15 Jan 2022 17:00 WIB
Bisa! Ini 5 Ide Seru Wujudkan Staycation yang Hemat Anggaran
Ilustrasi staycation. /Foto: Freepik.com/lifeforstock

Staycation menjadi salah satu pilihan yang tepat ketika ingin mencari suasana baru dan merilekskan pikiran. Bukan hanya sekadar berdiam diri di suatu tempat, staycation juga bisa diisi dengan berbagai ide kegiatan yang seru.

Namun di samping itu, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah budget yang harus dikeluarkan. Jangan sampai pengeluaran terlalu membengkak karena adanya kegiatan staycation ini.

Apabila kamu sedang merencanakan staycation yang ramah di kantong, kamu bisa menerapkan beberapa ide. Dikutip dari Good House Keeping, berikut beberapa ide yang bisa kamu terapkan.

Membuat Spa ala Diri Sendiri

Ilustrasi spa day/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi spa day/ Foto: Freepik.com

Ide pertama yang bisa diterapkan adalah membuat spa ala diri sendiri. Tidak perlu datang ke tempat spa untuk bisa merasakan suasana bermanja dengan beberapa produk perawatan wajah dan tubuh.

Kamu bisa menghadirkannya dengan mempersiapkan waktu khusus beserta beberapa peralatan seperti masker wajah, perlengkapan meni-pedi dan jangan lupa untuk mengundang teman supaya lebih seru. Dengan begitu kamu bisa membuat kesan seperti 'spa day'.

Buat Acara Malam dengan Memasak

Ilustrasi acara malam memasak/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi acara malam memasak/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya adalah membuat acara malam dengan memasak. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang suka makan di sekitar tempat baru dan ingin merasakan suasana yang berbeda. Di tempat staycation kamu, undanglah beberapa teman untuk mencoba resep baru dan bersama-sama mencoba membuat makan malam yang nikmat.

Jika kamu mempunyai jiwa kreatif, kamu bisa memilih budaya tertentu dan mengkreasikan makanan sedemikian rupa lengkap dengan hidangan pembuka, inti dan penutup disertai dekorasi yang ciamik.

Memasang Tenda Camping

Ilustrasi camping/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi camping/ Foto: Freepik.com

Ide staycation seru yang hemat budget berikutnya adalah dengan menciptakan suasana seru ber-camping. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke lokasi camping ataupun hutan, kamu bisa memanfaatkan lokasi belakang tempat staycation untuk berkemah.

Manfaatkan peralatan berkemah yang dimiliki atau kamu bisa meminjamnya dari teman kamu. Apabila ada larangan untuk menyalakan api di sekitar lokasi staycation, kamu bisa memilih untuk menggunakan microwave.

Nikmati Suasana Luar

Ilustrasi mendaki bukit/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi mendaki bukit/ Foto: Freepik.com

Meskipun kamu merencanakan waktu menginap di suatu tempat ketika staycation, kamu tetap bisa memilih untuk menikmati suasana luar dengan berbagai aktivitas. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan seperti menikmati suasana sekitar sembari jogging dan berolahraga di taman.

Selain itu, apabila lokasi staycation dekat dengan area perbukitan, kamu bisa memilih untuk hiking. Sebaliknya, jika lokasi staycation dekat dengan pantai, makan kamu bisa memilih untuk berjalan di sepanjang pantai. Nikmatilah suasana alam dan mulailah merilekskan pikiran.

Cari Lokasi Staycation yang Tepat

lustrasi makan di restoran/ Foto: Freepik.com
lustrasi makan di restoran/ Foto: Freepik.com

Nah, satu lagi tips yang bisa kamu coba terapkan adalah mencari lokasi stycation yang tepat. Selain memilih tempat staycation affordable, kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi sekitarnya. Pilihlah tempat staycation yang di sekitarnya terdapat tempat tempat makan atau restoran yang menawarkan harga terjangkau.

Hal ini bertujuan agar kamu tetap bisa wisata kuliner tanpa merogoh kocek yang dalam. Semakin dekat lokasi kulineran dari tempat staycation kamu, maka kamu juga semakin hemat. Hal itu dikarenakan kamu tidak perlu membayar biaya delivery atau ongkos kirim.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id