STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bisa Jadi Gejala Trauma, Ahli Terapi Bagikan 5 Alasan Mantan Selalu Muncul dalam Mimpi

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 07 Oct 2022 22:30 WIB
Bisa Jadi Gejala Trauma, Ahli Terapi Bagikan 5 Alasan Mantan Selalu Muncul dalam Mimpi

Ketika menjalin hubungan cukup lama dan akhirnya memutuskan untuk berpisah, sebagian orang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melupakan mantan pasangan. Apakah kamu salah satunya, Beauties? Bahkan, tidak jarang mantan pasangan selalu muncul dalam mimpi.

Banyak rumor beredar yang mengatakan jika kamu memimpikan mantan, itu pertanda mantan ingin kembali menjalin kasih atau mantan merindukanmu. Padahal tidak selalu seperti itu, lho. Menurut ahli terapi, ada alasan lain mengapa mantan bisa muncul di dalam mimpi. Berikut alasannya seperti yang telah dilansir dari Insider.

Merasa Kesepian

Alasan mantan muncul dalam mimpi
Kamu merasa kesepian/Foto: Freepik.com

"Ini benar-benar hal yang normal ketika mereka memimpikan mantan pasangan beberapa waktu setelah hubungan berakhir. Ini terjadi karena mereka merasa kesepian," kata Jennifer Freed, seorang psikoterapis.

Tapi, ini tidak selalu berarti kamu atau mantan ingin kembali. "Mereka selalu merindukan koneksi dan mereka selalu kembali ke memori koneksi terakhir yang tersedia saat mereka merasa membutuhkan," tambahnya.

Mantan Pasangan Bersikap Kasar

Alasan mantan muncul dalam mimpi
Mengalami trauma dari hubungan sebelumnya/Foto: Freepik.com

Jika di dalam hubungan sebelumnya kamu mengalami pelecehan fisik atau emosional karena sikap mantan pasangan, bisa saja kehadiran mantan dalam mimpi kamu pertanda bahwa kamu mengalami trauma dari hubungan sebelumnya. Orang-orang yang telah mengalami trauma sering mengalami mimpi buruk pasca-trauma.

Mimpi buruk berulang ini merupakan gejala umum dari PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder. Mimpi dari gejala PTSD sering hadir dengan ketakutan yang ekstrem dan gejala fisik, seperti berkeringat dan jantung berdebar kencang. Berikut beberapa gejala tambahan PTSD:

  • Merasa terpisah dari keluarga dan teman-teman.
  • Perilaku sembrono.
  • Berpikir negatif tentang diri sendiri.

Tidak Puas dengan Hubungan Baru

Alasan mantan muncul dalam mimpi
Hubungan baru tidak sesuai dengan ekspektasi/Foto: Freepik.com/bearfotos

Menjalin hubungan baru dengan orang yang baru pula tentu tidak mudah. Bayang-bayang mantan kadang bisa membuat kamu merasa tidak puas dengan hubungan baru. Mimpi tentang mantan sebenarnya pertanda bahwa kamu perlu memiliki keberanian untuk mengatasi konflik dan masalah dengan pasangan kamu saat ini.

Memiliki Urusan yang Belum Selesai dengan Diri Sendiri

Alasan mantan muncul dalam mimpi
Ada urusan dengan diri sendiri yang belum selesai/Foto: Unsplash.com/Shine_Photos

Mimpi tentang mantan sebenarnya dapat mewakili bagian dari diri kamu, yang dapat memberikan kesempatan bagi kamu untuk merenungkan konflik batin kamu sendiri. "Kamu dapat melihat mimpi sebagai portal menuju lebih banyak belas kasih dan keutuhan diri," kata Freed. Menuliskan mimpi dalam jurnal juga bisa membantu kamu memahami diri sendiri.

Sudah Benar-benar Move On

Alasan mantan muncul dalam mimpi
Kamu sudah move on/Foto: Unsplash.com/Daniel Hering

Memimpikan hal-hal positif tentang mantan mungkin merupakan tanda bahwa kamu telah benar-benar move on dari mantan pasangan. "Kamu tahu bahwa kamu telah benar-benar dewasa dan benar-benar move on ketika kamu dapat merasa sangat bersyukur atas apa yang diajarkan mantan dan hubungan tersebut kepada kamu," kata Freed.

Namun, jika perasaan kamu terhadap mantan sebagian belum teratasi, mungkin kamu masih bolak-balik memimpikan hal positif dan negatif mantan pasangan secara bergantian. "Seluruh gagasan bahwa kita memproses kematian atau putus cinta dengan cara 'semua atau tidak sama sekali' adalah menipu. Hidup adalah mengatasinya secara terus-menerus."

Mimpi tentang mantan mungkin merupakan tanda bahwa kamu kesepian atau memiliki gejolak batin. Ini tidak berarti kamu masih mencintai mantan atau belum move on dari hubungan tersebut. Namun, jika kamu berulang kali memimpikan mantan yang kembali mengingatkan kamu akan trauma dari hubungan sebelumnya, cobalah untuk konsultasi dengan ahli.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE