sign up SIGN UP

Bukan Cuma Rambut Rusak, Kenali 5 Macam Kondisi Gangguan pada Batang Rambut yang Sering Terjadi!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Kamis, 23 Dec 2021 08:00 WIB
Bukan Cuma Rambut Rusak, Kenali 5 Macam Kondisi Gangguan pada Batang Rambut yang Sering Terjadi!
caption

Rambut rusak diartikan sebagai kelainan struktural yang terjadi pada batang rambut.

Apa saja, ya, tanda-tanda rambut rusak? Seseorang memiliki rambut rusak bila rambutnya mudah patah dan rontok, kasar, sering kusut, dan tampak kusam.

Bila kamu tidak segera melakukan perawatan rambut, maka dalam jangka panjang hal itu bisa menyebabkan kebotakan, rambut keriting dan kasar, susah diatur, rapuh, bahkan juga ujung bercabang. 

Oleh karena itu, beri nutrisi pada rambutmu dengan rutin mengoleskan minyak kelapa, minyak almond, minyak argan, atau minyak zaitun 2 kali seminggu. Jangan lupa, konsumsi pula makanan bergizi kaya protein, zat besi, zinc, dan vitamin D supaya rambutmu makin sehat berkilau.

Yuk, kenali lebih jauh tentang macam-macam kelainan pada batang rambut berikut ini.

1. Rambut Bercabang

rambut rusak
Rambut ujung bercabang/Foto: Pinterest.com/beautyepic

Rambut bercabang merupakan kondisi ujung batang rambut yang terbelah menjadi dua bagian atau lebih. Bila ujung rambutmu tampak tidak rata dan sering kusut, kamu mungkin memiliki rambut bercabang.

Jenis rambut rusak ini terjadi oleh pengaruh suhu panas dari lingkungan dan alat penata rambut, kurang perawatan, bahan kimia, suka menyisir atau tidur dengan rambut basah, jarang memotong ujung rambut, serta terlalu sering keramas. Akibatnya, rambut menjadi kekeringan dan kualitas keratinnya menurun.

Eits, tenang Beauties, ada cara-cara efektif untuk mengatasi rambut bercabang. Yakni, cobalah memotong ujung rambut secara teratur 6 minggu sekali, pilih sampo dan kondisioner yang mengandung keratin atau argan oil, serta gunakan masker rambut.

2. Rambut Beruas (Trichorehexis Nodosa)

rambut rusak
Rambut beruas/Foto: Dermnet.com

Sering disebut bamboo hair, kelainan rambut ini berupa adanya ruas-ruas menyerupai ruas bambu di sepanjang batang rambut. Ruas-ruas tersebut sangatlah rapuh dan mudah patah, akibat patah dan pecahnya korteks/kulit rambut.

Penyebabnya belum diketahui pasti, tetapi banyak dikaitkan dengan faktor genetik dan juga trauma folikel rambut akibat penyasakan berlebihan, penggosokan rambut terlalu keras, proses pengeringan, serta paparan bahan kimia.

3. Rambut Bersimpul (Trichonodosis)

rambut rusak
Rambut bersimpul suka dialami jenis rambut keriting/Foto: Pexels.com/engin akyurt

Rambut rusak ini ditandai dengan terbentuknya simpul kecil di batang rambut. Bagian bersimpul itu sering patah dan membuat rambut kusut.

Rambut bersimpul banyak terjadi pada jenis rambut keriting. Selain akibat gesekan bantal serta panasnya flat/curl iron, penyebab lainnya yaitu tertahannya pertumbuhan rambut oleh jaringan korteks yang lebih keras, sehingga rambut tumbuh melengkung.

4. Ingrown Hair

rambut rusak
Ilustrasi rambut normal (kiri) dan ingrown hair (kanan)/Foto: Pinterest.com/sjones80

Rambut tumbuh ke dalam/ingrown hair adalah kondisi rambut yang tumbuh melengkung dan masuk kembali ke kulit, alih-alih tumbuh ke atas. Ini menyebabkan peradangan berupa benjolan jerawat kecil yang kemerahan.

Ingrown hair sering ditemukan pada rambut yang dicukur atau dicabut. Perempuan mungkin pernah merasakannya pada rambut ketiak. Walau awalnya ingrown hair menyebabkan rasa nyeri, namun ia akan hilang dengan sendirinya.

5. Pili Torti

rambut rusak
Rambut berpilin (pili torti)/Foto: Internation Journal of Trichology

Kondisi Pili Torti atau rambut berpilin terjadi ketika rambut tumbuh secara terpilin membentuk spiral di sepanjang helai rambut, menjadikan rambut mudah rapuh dan patah. Bentuk gangguan perkembangan rambut ini sering dikaitkan karena keturunan atau adanya trauma di folikel rambut.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id