sign up SIGN UP

FASHION

5 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Kusut

Retno Wulandari | Kamis, 13 May 2021 08:30 WIB
5 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Kusut
caption

Keramas atau mencuci rambut jadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan untuk membersihkan dan merawat rambut. Meskipun terlihat mudah, ternyata masih ada sebagian wanita yang melakukan kesalahan saat keramas hingga tanpa disadari bikin rambut rusak dan kusut.

Lalu kesalahan keramas seperti apa yang harus dihentikan agar tidak merusak rambut? Berikut rangkumannya!

1. Terlalu Sering Keramas

5 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Kusut
Terlalu Sering Keramas/Foto: freepik.com

Kesalahan keramas yang tanpa disadari dan paling sering dilakukan adalah terlalu sering keramas. Menurut Kate Jotzat, master hair colorist dan stylist asal Chicago, idealnya untuk rambut normal keramas dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Agar rambut tidak rusak dan kusut, tinggalkan kebiasaan buruk satu ini ya.

2. Menggunakan Sampo yang Tidak Tepat

5 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Kusut
Produk Sampo yang Salah/Foto: freepik.com

Sama seperti kulit wajah, rambut juga membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Jangan heran ketika kamu menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan kebutuhan rambut akan rusak dan kusut setelah keramas.

Dibanding memilih sampo berdasarkan jenis rambut, kita disarankan untuk memilih sampo berdasarkan tekstur rambut, Ladies. Misalnya, jika kamu memiliki rambut halus maka gunakanlah sampo yang kaya protein. Jika kamu memiliki rambut kasar, gunakanlah sampo yang mengandung pelembap agar rambut mudah diatur.

3. Menumpuk Rambut di Atas Kepala saat Keramas

5 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Kusut
Ilustrasi Menumpuk Rambut di Atas Kepala/Foto: freepik.com

Ladies, apakah kamu sering menumpuk rambut di atas kepala saat keramas? Jika benar, maka kamu sudah melakukan kesalahan keramas yang bikin rambut rusak dan kusut lho. Menumpuk rambut di atas kepala bisa membuat rambut kusut, kasar, hingga rontok. Oleh karena itu, saat keramas biarkan rambut terurai agar tidak rusak dan kusut.

4. Menggunakan Air Hangat

5 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Kusut
Ilustrasi Bilas Rambut Menggunakan Air Hangat/Foto: freepik.com

Mandi menggunakan air hangat memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Tapi ketika keramas kamu tidak boleh membilas rambut menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan air hangat dapat menghilangkan minyak rambut sehingga menjadi kering dan dehidrasi. Kesalahan keramas inilah yang membuat rambut lebih gampang rusak, kering, bercabang, dan kusut.

5. Salah dalam Mengaplikasikan Kondisioner

5 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Rusak dan Kusut
Ilustrasi Menggunakan Kondisioner/Foto: freepik.com

Sama seperti sampo, kondisioner juga berfungsi untuk merawat rambut agar terhindar dari kerusakan. Tapi jika kamu salah dalam mengaplikasikan kondisioner ketika keramas, maka hal ini bisa membuat rambut rusak dan kusut lho.

Aplikasikan kondisioner dari tengah hingga ke ujung rambut. Hindari mengaplikasikan kondisioner hingga ke kulit kepala karena menyebabkan rambut rontok jika produk kondisioner terkena akar rambut.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id