sign up SIGN UP

Bukan Hanya Gaslighting, Ini Sikap Toxic Relationship yang Ada di Film Pendek Taylor Swift "All To Well"

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Selasa, 30 Nov 2021 19:00 WIB
Bukan Hanya Gaslighting, Ini Sikap Toxic Relationship yang Ada di Film Pendek Taylor Swift
caption
Jakarta -

Lagu All to Well yang dirilis Taylor Swift adalah salah satu lagu paling terkenal di album RED dan sempat menjadi perbincangan hangat oleh netizen seantero dunia. Bukan hanya karena musiknya yang enak didengar, namun liriknya menunjukkan kisah cinta Taylor Swift yang kandas bersama sang mantan, yaitu aktor Jake Gyllenhaal saat berumur 20 tahun.

Kisah cinta masa lalu kian disorot setelah penyanyi berumur 32 tahun itu meluncurkan film pendek All to Well. Dalam film tersebut, lagu All to Well mengiringi hingga 10 menit lamanya.

Film pendek yang diperankan Dylan O’Brien dan Sadie Sink membuat alur dan lagu menjadi semakin terasa emosional. Namun siapa sangka, jalinan kasih yang diceritakan dalam film pendek tersebut adalah bentuk dari toxic relationship.

Lantas, apa saja bentuk dari toxic relationship yang ditunjukkan dalam adegan film tersebut? Yuk, simak pembahasannya!

Gaslighting

All Too Well: The Short FilmAll Too Well: The Short Film/ Foto: YouTube/Taylor Swift

Dikutip dari Medical News Today, gaslighting adalah bentuk pelecehan psikologis ketika seseorang membuat orang lain mempertanyakan kewarasan, persepsi realitas, atau ingatan mereka. Orang yang mengalami gaslighting sering merasa bingung, cemas, dan tidak bisa mempercayai diri sendiri.

Dalam film pendek All Too Well, saat berkumpul dengan teman-teman Dylan, ada momen ketika Sadie memegang tangan Dylan namun ditolak. Saat acara selesai, Sadie merasa semakin kesal karena argumennya hanya dianggap omong kosong.

Sikap denial yang diberikan Dylan adalah bentuk dari gaslighting. Denial adalah penyangkalan yang melibatkan seseorang dengan berpura-pura melupakan peristiwa atau bagaimana peristiwa itu terjadi. Mereka mungkin menyangkal telah mengatakan atau melakukan sesuatu atau menuduh seseorang mengada-ada.

Playing Victim

Bukan Hanya Gaslighting, Kamu Bisa Belajar Hal ini dari Film Pendek Taylor Swift
Playing Victim/Foto: YouTube.com/Taylor Swift

Menurut sebuah studi, ketika seseorang melakukan gaslighting, maka akan dibarengi dengan sikap playing victim. Playing victim dan gaslighting seringkali dilakukan bersamaan oleh pelaku agar korban merasa bersalah dan pelaku seolah-olah menjadi korban.

Masih pada adegan usai makan malam dengan teman-teman Dylan, Sadie dituduh terlihat kesal karena seolah tidak menyukai teman-teman Dylan. 

These are my friends,” kalimat yang ditujukan seolah-olah Dylan adalah korban karena teman-temannya tidak disukai oleh sang pacar. Padahal, kesalnya Sadie dikarenakan sifat Dylan saat  makan malam berlangsung.

Ignorance

Bukan Hanya Gaslighting, Kamu Bisa Belajar Hal ini dari Film Pendek Taylor Swift
Film pendek All Too Well/Foto: YouTube.com/Taylor Swift

Pasangan yang ignorance mungkin hanya peduli dengan dunia kecil mereka dan mulai mengabaikan kebutuhan pasangannya. Ignorance sendiri adalah sikap tidak peduli yang ditunjukkan dengan mengabaikan orang lain.

Perbedaan umur yang jauh diantara Dylan, teman-temannya dan Sadie, membuat Sadie sulit untuk berbaur saat makan malam. Dylan, satu-satunya orang yang harusnya membuat nyaman dan meminimalisir perasaan canggung justru terlihat tidak peduli.

Belittling atau Berate

All Too Well: The Short FilmAll Too Well: The Short Film/ Foto: YouTube/Taylor Swift

Kata-kata yang dulu mampu menyelimuti dalam kehangatan dan kenyamanan, kini begitu menyakitkan. Seseorang berteriak dan membentak kepada pasangannya sehingga membuat si pasangan merasa kurang seperti diri sendiri.

Nada bicara Dylan yang keras saat berargumen adalah salah satu contoh belittling atau berate yang membuat pasangannya, Sadie, tidak menjadi dirinya sendiri dan sulit mengungkapkan perasaannya. Belitting sendiri jika diartikan ialah tindakan meremehkan.

Beauties, jika pasanganmu menunjukkan sikap-sikap di atas, sudah saatnya kamu waspada. Sikap tersebut merupakan red flag dan kamu harus berpikir kembali untuk melanjutkan hubunganmu. 

***

[Gambas:Youtube]


Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id