sign up SIGN UP

Bukan Pujian Tapi Termasuk Pelecehan, Ini 3 Jenis Catcalling yang Sering Dialami Perempuan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 23:30 WIB
Bukan Pujian Tapi Termasuk Pelecehan, Ini 3 Jenis Catcalling yang Sering Dialami Perempuan!
caption
Jakarta -

Siapa saja bisa menjadi korban catcalling, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa perempuan lah yang paling sering menjadi korbannya. Sering disalahartikan sebagai bentuk pujian, sebenarnya catcalling termasuk bentuk pelecehan dan harus berhenti dinormalisasi. Sebab, korban bisa saja merasa tidak nyaman, ketakutan, bahkan hingga trauma dan menorehkan luka secara psikis.

Catcalling sendiri adalah bentuk pelecehan seksual secara verbal yang digunakan oleh pelaku dengan tujuan menggoda korban. Dirangkum dari Your Tango, berikut adalah beberapa jenis catcalling yang sering dialami perempuan, simak agar lebih waspada!

Catcalling Berbentuk 'Pujian'

Dalam persahabatan pun juga tidak mungkin terjadinya pelecehan seksualIlustrasi pelecehan seksual/Foto: Pexels.com/keiraburton

Catcalling berbentuk pujian adalah yang paling umum diterima perempuan. Contohnya, saat kamu sedang berada di ruang publik dan harus melewati sebuah jalan, sang pelaku akan mengamatimu dan melontarkan pujian seperti, "Kamu cantik, deh!" atau, "Hal manis, mau ke mana?".

Sang pelaku menganggap hal tersebut sebagai pujian yang mungkin akan membuat korban merasa senang atau tersipu. Padahal kenyataannya, kebanyakan korban merasa risih dan tidak nyaman mendengar pujian dari orang asing, terlebih di tempat sepi yang bisa jadi menjurus pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Catcalling Berbentuk Kebisingan

Two man yelling and finger whistling after a young beautiful woman. Young woman feeling anxiety and vulnerable.Jenis catcalling/ Foto: Getty Images/tomazl

Bentuk catcalling satu ini tidak menggunakan pujian dan kata-kata, namun melalui bentuk kebisingan. Misalnya, seorang perempuan sedang berjalan di di jalan atau gang yang cukup sepi, kemudian ada seseorang atau sekelompok orang yang membunyikan klakson dari kendaraan yang mereka kendarai. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian korban.

Atau, kamu mungkin pernah mengalami ketika sedang berjalan seorang diri dan mendapat siulan dari orang yang tidak dikenal. Ini adalah bentuk catcalling, Beauties. Jika kamu berada di situasi ini, tetap berjalan dengan percaya diri dan jangan berikan perhatian secuil pun!

Catcalling Berbentuk Hinaan

Jenis catcallingJenis catcalling/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Mixmike

Awalnya, pelaku catcalling bentuk ini bersikap sangat manis dan seakan-akan berniat baik. Namun, ketika mereka tidak mendapatkan respon yang diinginkan dari korban, mereka pun berubah menjadi kasar dan tidak segan-segan untuk melontarkan hinaan.

Misalnya, pelaku mencoba meminta nomor teleponmu dengan berkata, "Hai cantik, boleh minta nomor hapenya nggak?". Ketika ditolak, pelaku akan merasa tersinggung dan berusaha merendahkanmu, seperti menghina fisik, penampilan, dan lain-lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id