sign up SIGN UP

Cara Cedas Mengatur Keuangan ala Orang Jepang, Dijamin Bikin Cepat Kaya Raya Deh!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Sabtu, 11 Sep 2021 07:45 WIB
Cara Cedas Mengatur Keuangan ala Orang Jepang, Dijamin Bikin Cepat Kaya Raya Deh!
caption

Menabung mungkin sesuatu yang terdengar mudah, namun kenyataannya banyak yang masih sulit berkomitmen untuk menabung. 

Hani Motoko, seorang jurnalis perempuan pertama di Jepang mencetuskan cara cerdas untuk mengatur keuangan yang diikuti orang Jepang. Cara ini dikhususkan untuk membantu para perempuan yang nggak punya waktu untuk mengatur uang. 

Apa saja caranya yang bisa kita ikuti untuk mengatur keuangan dengan cerdas dan cermat? Yuk, simak pencerahannya berikut, Beauties!

1. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan 

Mengatur keuangan
Mengatur keuangan/ Foto: Pixabay

Cara mengelola keuangan pertama adalah mencatat pengeluaran dan pemasukan di selembar kertas. Mencatat dan menyimpan file tersebut di komputer tidaklah cukup karena ini hanya meningkatkan kemungkinan Beauties untuk menghabiskan uang. 

Orang Jepang suka melakukan hal secara manual, salah satunya adalah mencatat pengeluaran di sebuah jurnal sebagai catatan pribadinya yang bisa dibawa kemanapun. Jurnal memberikan kalian untuk melakukan pencatatan secara detail, dibandingkan hanya mencatat di dalam komputer karena banyak distraksi yang tidak dapat dihindari. 

Mencatat di jurnal juga membuat kita bisa mencatat secara teratur dan terukur, meningkatkan kesadaran seberapa besar alokasi pengeluaran kita yang sesungguhnya. 

2. Membayar Tunai Lebih Baik daripada Non-Tunai

Mengatur keuangan
Mengatur keuangan/ Foto: Pixabay

Memiliki kartu kredit ataupun debit untuk membayar sekarang sudah menjadi keharusan, karena lebih praktis daripada membayar dengan uang tunai. Namun, membayar non-tunai membuat kita jadi kurang bertanggung jawab atas pengeluaran kita.

Karena ketika kita membayar sesuatu dengan uang tunai, kita cenderung berpikir dua kali ketika memutuskan untuk membelinya. Apakah kita benar-benar memerlukan barang tersebut?

Kesadaran ini timbul dari proses pembayaran yang meliputi kontak fisik.Tindakan psikologis yang tidak terpikirkan seperti ini ternyata mempengaruhi keputusan kita dalam berbelanja, lho Beauties!

3. Jujur dalam Memisahkan Kebutuhan dan Keinginan 

Mengatur keuangan
Mengatur keuangan/ Foto: Pexels/ Koolshooters

Mengatur keuangan dengan cerdas dimulai dengan memisahkan kebutuhan dan keinginan secara jujur. Ketika membuat anggaran, pastinya Beauties telah memahami berapa pendapatan dan pengeluaran tiap bulan. 

Selanjutnya adalah menetapkan apa yang mau dibelanjakan dengan sisanya dan bagaimana caranya untuk meminimalisir over-spending. Caranya adalah dengan membuat kategori yang spesifik untuk setiap keinginan yang tidak mendesak dan alokasikan sisa anggarannya. Contohnya: 2% untuk pembelanjaan game konsol, 5% untuk pemesanan takeaway, dan lain-lain. 

4. Membentuk Sebuah Anggaran

Mengatur keuangan
Mengatur keuangan/ Foto: Pexels/ Alexander Mills

Tips keuangan ala orang Jepang yang terakhir adalah membentuk sikap yang benar terhadap penganggaran, yaitu berbelanja dengan baik, agar kita pun bisa menabung dengan baik, dan sebaliknya. 

Seringkali kita berpikir bahwa menabung dilakukan untuk mendapatkan apa yang tidak dapat kita dimiliki. Namun, pikiran ini ternyata kurang tepat. Mulailah membentuk sikap membentuk sebuah anggaran, menabung sesuai alokasi pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

5. Evaluasi Alokasi Pengeluaran

Mengatur keuangan
Mengatur keuangan/ Foto: Pexels/ ALukas

Tips keuangan ala orang Jepang yang terakhir adalah evaluasi setiap bulan. Orang Jepang gemar memeriksa apakah tindakan yang diambil sudah benar apa belum, apakah ada yang perlu ditingkatkan supaya kedepannya lebih baik lagi. 

Mulailah lakukan evaluasi pada akhir bulan, memeriksa pengeluaran Beauties selama empat minggu terakhir. Tetapkan tujuan penabungan untuk bulan berikutnya dan apa saja tindakan yang diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Beauties, itulah tips keuangan ala orang Jepang seperti yang dilansir dari Medium, bagaimana apa kamu tertarik untuk mengikutinya setelah ini?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id