sign up SIGN UP

Cara Cerdas Atasi Bosan Saat Belajar Daring, Salah Satunya Metode 5-10!

Dian Aprilia | Beautynesia
Jumat, 05 Nov 2021 08:30 WIB
Cara Cerdas Atasi Bosan Saat Belajar Daring, Salah Satunya Metode 5-10!
caption
Jakarta -

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pelajar dan mahasiswa kala kuliah online atau belajar daring di masa pandemi adalah kebosanan. Berbeda halnya dengan sekolah tatap muka, kuliah online bikin kamu tak bisa bertemu langsung dengan teman-teman. Akibatnya, kamu kurang bisa bersosialisasi, bekerja sama, dan bercanda dengan teman.

Suasana daring yang cenderung monoton juga bikin kegiatan kuliah online jadi membosankan. Bahkan tak jarang yang merasa ngantuk selama belajar daring atau kuliah online. Berikut ini Beautynesia telah merangkum cara cerdas atasi bosan saat kuliah daring atau belajar daring di masa pandemi.

Tetapkan Target Belajar

Kuliah online
Kuliah online/Foto: pexels.com/Pixabay

Langkah pertama adalah menetapkan target belajar yang realistis dan memacu semangat. Target belajar seolah menjadi mentor yang akan mengawasi kegiatan belajarmu dan memberikan penilaian yang objektif.

Apabila target belajarmu tidak tercapai berarti kamu belum optimal, dan jika sudah tercapai atau bahkan berlebih bisa menjadi tanda bahwa kamu telah belajar dengan maksimal. Contoh target belajar adalah jumlah soal yang akan dikerjakan, jumlah halaman materi yang akan dipelajari, dan lainnya.

Belajar dengan Metode 50-10

Kuliah online
Kuliah online/Foto: pexels.com/Angela Roma

Selanjutnya beri batasan waktu belajar yang cukup dan tidak mengabaikan istirahat. Belajar selama 5 jam berturut-turut tentu berbeda dengan belajar setiap satu jam sekali dengan diiringi istirahat 10 menit. Dengan tidak mengabaikan waktu istirahat, maka bisa membuat proses belajarmu yang selanjutnya jadi lebih efektif.

Selain itu, otak juga bisa lebih maksimal dalam menyerap materi belajar atau kuliah daring. Sebab otak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, mengelola mood dan membuatnya menjadi rileks.

Cari Suasana Baru

Kuliah online
Kuliah online/Foto: pexels.com/Vlada Karpovich

Cara ini memang tidak works untuk semua orang. Namun bagi kamu yang belum pernah mencobanya, kamu bisa melakukan hal ini. Apabila selama ini kamu sering belajar dan kuliah online di rumah, kamu bisa berpindah ke kafe atau working space.

Suasana baru bisa picu mood yang lebih baik dan rileks. Jika suasana hati menyenangkan maka bisa bikin kegiatan belajar jadi terasa ringan dan tidak jadi beban.

Cari Teman yang Mendukung

Kuliah online
Kuliah online/Foto: pexels.com/Armin Rimoldi

Salah satu masalah penting dalam kuliah daring adalah minimnya sosialisasi dan bekerja sama dengan teman. Hal ini bisa membuatmu kurang bersemangat dan cenderung malas-malasan dalam belajar.

Meski begitu, bukan berarti study from home bernilai buruk. Kamu perlu beradaptasi dengan kondisi pandemi agar tetap semangat dalam belajar, salah satunya dengan cari teman yang mendukung.

Pilihlah satu atau beberapa teman kelas yang bisa diajak untuk bekerja sama dalam study from home, misalnya untuk saling bertanya jika bingung, diskusi materi, dan lain-lain.

Reward dan Punishment

Kuliah online
kuliah online/pexels.com/Artem Podrez

Terakhir, jurus jitu agar kegiatan study from home jadi lebih menarik adalah menetapkan reward dan punishment. Metode motivasi reward dan punishment ini sangat ampuh untuk memacu semangat pelajar. Kamu bisa menetapkan reward dan punishment jika berhasil menyelesaikan target, mendapat nilai bagus, belajar dalam durasi waktu tertentu.  

Itulah 5 cara cerdas atasi bosan saat belajar daring di masa pandemi. Selamat mencoba, Beauties!

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id