sign up SIGN UP

Cara Terbaik Untuk Menjaga Jadwal Tetap Terkendali Saat Terjebak dalam Rumah

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 05 Dec 2020 18:00 WIB
Cara Terbaik Untuk Menjaga Jadwal Tetap Terkendali Saat Terjebak dalam Rumah
caption
Jakarta -

Pada awal karantina, kebanyakan orang menganggap akan lebih mudah jika beraktivitas dari dalam rumah. Namun setelah menjalani beberapa bulan ternyata lebih sulit dari yang dibayangkan. Jika tinggal sendirian mungkin akan terasa lebih mudah, berbeda lagi jika tinggal bersama banyak orang.

Bahkan hanya memiliki orang lain di sekitar rumah bisa menjadi gangguan besar. Di luar rumah mungkin akan memiliki banyak motivasi, fokus, dan tetap terjadwal. Sedangkan di rumah, rasa malas akan jauh lebih besar. Maka dari itu, terapi cara terbaik untuk menjaga jadwal tetap terkendali saat terjebak dalam rumah sebagai berikut.

Buat daftar kerja

Hal ini berguna agar rencana pekerjaan tetap dikerjakan dan sesuai.
Buat daftar kerja/freepik.com

Salah satu cara terbaik untuk menjaga tetap terjadwal adalah dengan membuat daftar kerja setiap pagi. Hal ini berguna agar rencana pekerjaan tetap dikerjakan dan sesuai. Selain itu, mencegah untuk melupakan suatu kewajiban. Maka dari itu, coba tulis semua hal yang dilakukan dan buat semenarik mungkin agar tetap dilihat. Seperti memberikan warna-warni yang cerah.

Buat planner

Bentuknya hampir dengan buku agenda yang berisikan kegiatan atau kerjaan.
Buat planner/freepik.com

Jika merasa daftar kerja tidak cukup untuk menuliskan pekerjaan. Maka carilah buka planner yang saat ini sudah dijual di banyak tempat. Bentuknya hampir dengan buku agenda yang berisikan kegiatan atau kerjaan selama harian, bulanan, hingga tahunan. Jika merasa pelupa, maka buat planner di handphone saja. Bahkan bisa menghias beberapa stiker atau coretan sehingga akan memiliki sesuatu yang menyenangkan dilihat.

Jauhi gangguan

Temukan ruangan yang sunyi didalam rumah jika terlalu banyak gangguan.
Jauhi gangguan/freepik.com

Temukan ruangan yang sunyi di dalam rumah jika terlalu banyak gangguan. Kerjakan pekerjaan di sana dan buat diri merasa nyaman. Tinggalkan ponsel di tempat lain sehingga tidak akan mudah untuk diambil. Jika punya anggota keluarga yang terbilang mengganggu, coba minta untuk pindah ke ruangan lain atau minta agar tidak bersuara.

Simpan hal yang dibutuhkan di tempat dekat

Hal ini akan membantu untuk tidak mengganggu kegiatan dan tetap fokus.
Simpan hal yang dibutuhkan ditempat dekat/freepik.com

Tempatkan hal-hal yang dibutuhkan selama melakukan pekerjaan di tempat dekat. Sehingga tidak perlu meninggalkan ruangan, buat daftar untuk memastikan semua kebutuhan bisa terpenuhi. Hal ini akan membantu untuk tidak mengganggu kegiatan dan tetap fokus. Coba untuk membawa camilan jika lapar dan sebotol air minum agar tetap terhidrasi.

Makan dulu sebelum bekerja

Bekerja akan lebih efektif jika dalam keadaan perut sudah kenyang.
Makan dulu sebelum bekerja/freepik.com

Bekerja akan lebih efektif jika dalam keadaan perut sudah kenyang. Karena akan membantu diri agar tetap sesuai jadwal jika tidak terganggu dengan rasa lapar. Bawalah beberapa makanan ringan saat bekerja untuk membantu mengatasi lapar. Coba buat menu selama seminggu agar tidak bingung menyiapkan makanan. Karena hal ini berpotensi meningkatkan stres.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id