Catat dan Terapkan, Ini 5 Strategi Mengatur Waktu Agar Sukses Menjadi Wanita Karier!

Luthfiya Naifa Putri | Beautynesia
Kamis, 24 Aug 2023 20:30 WIB
2. Atur prioritas kegiatan yang akan kamu lakukan menggunakan Matrix Eisenhower
Foto: Facebook/Kalibrr Indonesia

Beauties, apakah kamu pernah merasa kewalahan untuk dapat menyelesaikan tugas secara tepat waktu? Hal ini dapat dikarenakan kesalahan dalam mengatur waktu kamu.

Namun tenang saja, menurut Coursera, mengelola dan mengatur waktu adalah keterampilan yang bisa kita pelajari lho. Ambil pulpenmu, catat 5 strategi untuk mengatur waktu di bawah ini, dan implementasikan di kehidupan sehari-hari!

1. Catat dan evaluasi waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan satu aktivitas

Foto: Pexels/Judit Peter
Ilustrasi/ Foto: Pexels/Judit Peter

Sebagai langkah awal, kamu dapat memulainya dengan memetakan waktu yang kamu butuh dan habiskan untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari, perjalanan ke tempat kerja, membuka media sosial, dan bersantai di sela-sela kesibukanmu.

Dari kebutuhan waktu tersebut, kamu bisa membuat evaluasi tentang bagaimana cara kamu menghabiskan waktu. Setelah mendapatkan hasil evaluasi, buatlah rencana kegiatan harian berdasarkan prioritasmu dan tetapkan batas waktu yang sekiranya kamu butuhkan untuk mengerjakan kegiatan tersebut. Kamu bisa mulai membuat rencana kegiatan di setiap hari Minggu untuk rencana satu minggu ke depannya.

2. Atur prioritas kegiatan yang akan kamu lakukan menggunakan Matrix Eisenhower

Foto: Facebook/Kalibrr Indonesia

Foto: Facebook/Kalibrr Indonesia

Salah satu alat yang dapat kamu gunakan untuk mengatur prioritas adalah Matrix Eisenhower, di mana kamu bisa membedakan antara tugas penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, serta tidak penting dan tidak mendesak. Terdapat 4 kuadran dalam Matrix Eisenhower, yakni:

  • Kuadran 1: merupakan tugas penting dan mendesak yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan menjadi prioritasmu.
  • Kuadran 2: merupakan tugas yang penting, namun tidak mendesak untuk dikerjakan. Tugas ini dapat ditunda untuk dikerjakan nanti.
  • Kuadran 3: merupakan tugas mendesak namun tidak penting, yang dapat kamu delegasikan kepada orang lain.
  • Kuadran 4: merupakan tugas tidak penting dan tidak mendesak, yang dapat kamu hilangkan atau hanya dilakukan di waktu luang.

Untuk cara yang lebih sederhana, kamu bisa membuat daftar tugas dan menandai tugas mana yang mendesak atau penting. Mengidentifikasi dan memberi tanda pada tugas tersebut dapat membantu kamu mencapai tujuan pribadi serta profesional.

3. Tetapkan batasan waktu dalam melakukan kegiatan kamu

Foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Ilustrasi/ Foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Setelah mengevaluasi kebutuhan waktu dan menetapkan prioritas kegiatan kamu, tetapkanlah batasan waktu menggunakan beberapa metode berikut:

  • Metode Pomodoro, dimana kamu diharuskan untuk memecah kegiatanmu menjadi interval 25 menit dan dipisahkan dengan waktu istirahat 5 menit. Setelah menjalani kegiatan selama 4 pomodoro (yang nerarti telah berlangaung selama 120 menit), kamu dapat beristirahat lebih lama selama 15-30 menit. Teknik ini dapat meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan kelelahan mental kamu.
  • Metode Keju Swiss, dimana kamu diharuskan untuk memecah satu tugas besar menjadi banyak tugas yang lebih kecil. Kamu bisa menyelesaikan tugas kecil ini disela-sela kegiatan kamu, hingga akhirnya semua tugas kecil terpenuhi, yang berarti tugas besarmu telah selesai.

Dengan membatasi waktu, kamu membuat pekerjaan besar tidak lebih cepat terselesaikan. Ini berarti lebih sedikit pekerjaan yang tertunda dan produktivitas kerja akan meningkat.

4. Fokus pada satu hal pada satu waktu

Foto: Pexels/Anna Shvets

Ilustrasi/ Foto: Pexels/Anna Shvets

Tidak semua orang bisa multitasking atau melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Menurut penelitian, mengerjakan terlalu banyak hal sekaligus dapat memengaruhi kemampuan kognitif kamu, hingga akhirnya membuat Beauties merasa tidak produktif dan tidak puas dengan progress pekerjaanmu. Maka dari itu, disarankan agar kamu mengatur waktu sehingga dapat menyelesaikan satu tugas sebelum memulai tugas lainnya.

5. Beri diri kamu hadiah karena telah menyelesaikan tugas dengan baik!

Foto: Pexels/Jackson David

Ilustrasi/ Foto: Pexels/Jackson David

Memberi hadiah kepada dirimu bisa menjadi sebuah sumber motivasi yang bagus untuk mengadopsi kebiasaan mengatur waktu. Untuk setiap tugas yang telah kamu selesaikan sesuai dengan rencanamu, berikanlah hadiah sederhana untuk diri sendiri.

Kamu bisa istirahat sejenak sembari menikmati cemilan favoritmu, bermain dengan hewan peliharaan tersayang, berjalan-jalan keluar sebentar untuk menghirup udara segar, berendam sembari membaca buku, atau sekedar bercengkerama dengan teman atau anggota keluargamu.

Memberikan diri sendiri hadiah yang menarik juga terbukti dapat membantu dirimu untuk melewati tugas yang sulit lho Beauties. Semangat mengatur waktu kamu dan semoga berhasil, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE