BILLBOARD
970x250

Cerdas Mengelola Keuangan di Usia Muda, Memang Bisa? Begini Caranya!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 01 Dec 2022 07:45 WIB
(2) Siapkan Tabungan untuk Hal Tak Terduga & Jangka Panjang

Beauties, uang menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting bagi manusia. Meskipun begitu terkadang pendidikan soal keuangan enggak didapatkan oleh sebagian orang. Padahal keterampilan mengelola keuangan diperlukan untuk mencapai kesejahteraan di masa mendatang.

Nah, buat kamu yang ingin belajar tentang cara mengatur keuangan, ada beragam kiat yang bisa dilakukan sejak usia muda agar kamu bisa cerdas dalam menggunakannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, informasi ini juga bisa kamu bagikan pada teman, keluarga, ataupun orang terdekat lainnya. Penasaran gimana caranya? Berikut trik mudah untuk bisa cerdas keuangan di usia muda!

(1) Buatlah Anggaran & Rutin Catat Pengeluaran

Pernahkah kamu dibuat bingung karena jumlah uang ataupun pendapatan yang habis begitu saja? Mungkin itu terjadi karena kamu enggak sadar akan pengeluaran yang terjadi, Beauties.  Padahal hal ini penting untuk dipantau setiap saat, lho. Seperti dikutip dari Forbesbuat cerdas dalam hal keuangan sebaiknya rutin catat pengeluaran.

Ini dilakukan agar seseorang dapat melacak untuk apa saja uang digunakan. Selain itu, membuat anggaran juga harus dilakukan agar keuangan bisa dikelola dengan baik. Cobalah buat daftar kebutuhan, keinginan, dan simpanan yang harus dikeluarkan tiap bulannya secara mendetail satu demi satu. Cara ini juga dapat dilakukan untuk mencegah pengeluaran yang tak perlu.

(2) Siapkan Tabungan untuk Hal Tak Terduga & Jangka Panjang

Sudahkah kamu menabung sampai hari ini, Beauties? Meskipun kebiasaan menabung sudah ditanamkan sedari kecil, nyatanya masih ada sebagian anak muda bahkan orang dewasa yang enggan melakukannya. Padahal hal ini sangat diperlukan buat meraih perencanaan keuangan yang baik dan juga cerdas.

Dikutip dari CNBC, memikirkan pengeluaran yang tak terduga seringkali membuat khawatir. Namun saat seseorang punya tabungan ataupun dana darurat, hal itu enggak jadi masalah besar. Tabungan ini diperlukan untuk hal-hal di luar dugaan seperti laptop rusak, atap rumah bocor, kendaraan mogok, dan kebutuhan mendesak lainnya yang diperlukan saat itu juga.

Lalu menyisihkan uang untuk tabungan jangka panjang juga diperlukan, lho. Cara ini dilakukan agar keinginan ataupun tujuan tertentu bisa diraih. Misalnya pergi berlibur ke luar negeri, menonton konser, membeli rumah, pendidikan, bahkan bisa juga untuk persiapan menikah.

(3) Punya Asuransi untuk Melindungi Kesehatan Diri

Cerdas dalam mengatur keuangan juga bisa dilakukan anak muda dengan memberikan perhatian penuh pada kesehatan mereka, Beauties. Mengapa demikian? Dilansir dari Investopediatetap sehat dalam rutinitas harian dapat diwujudkan melalui finansial. Salah satu caranya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Bukan tanpa alasan, perawatan kesehatan yang tak murah harganya akan terasa lebih ringan saat seseorang punya asuransi yang bisa melindunginya. Jadi jangan ragu menyisihkan sebagian penghasilan yang dimiliki buat mengalokasikannya ke asuransi kesehatan.

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi tentang cara kamu dalam mengatur keuangan ya, Beauties. Pastikan memilih mana metode terbaik yang cocok sesuai kebutuhan kamu. Selamat mencoba!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE