STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Daftar Aktivitas Bersih-bersih Rumah yang Membakar Banyak Kalori

tjitradewi | Beautynesia
Rabu, 19 May 2021 16:00 WIB
Daftar Aktivitas Bersih-bersih Rumah yang Membakar Banyak Kalori

Lebaran telah usai. Kantor dan sekolah sudah kembali masuk seperti biasa. Meski liburan dan lebaran sudah selesai, namun masih ada yang tersisa selain memori yakni tumpukan lemak yang tercipta dari opor, rendang, sambal goreng, beragam kue kering, dan minuman manis. Tak jarang, banyak orang mengeluhkan kenaikan berat badan pasca lebaran.

Namun sesungguhnya kamu tak perlu panik jika mengalami kenaikan berat badan sehabis Lebaran. Sebab, pola makan Lebaran yang tinggi kalori jika tidak kamu teruskan dan hanya berlangsung saat Hari Raya saja tidak akan membentuk kebiasaan. Jika sehabis Lebaran kamu sudah mulai ke kebiasaan awal, berat badan kamu juga akan turun dengan sendirinya.

Namun untuk mempercepat prosesnya, kamu bisa membantunya dengan berolahraga atau lebih aktif bergerak seperti melakukan beragam kegiatan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, hingga berkebun. Ternyata, kegiatan yang sering dianggap sederhana tersebut dapat membakar kalori cukup besar lho! 

Menyapu

Menyapu mampu membakar lebih dari 100 kalori.
Menyapu mampu membakar lebih dari 100 kalori. (Freepik)

Sehabis Lebaran biasanya banyak remah-remah kue yang bersembunyi di bawah sofa. Sekali-sekali lakukan deep cleaning dengan menyapu sudut-sudut yang jarang dijangkau. Pekerjaan yang sering dianggap sepele ini ternyata mampu membakar 136 kalori jika dilakukan selama setengah jam.

Mengepel

Sama seperti menyapu, mengepel juga ternyata mampu membakar banyak kalori. Selama setengah jam melakukan aktivitas ini, kamu bisa membakar 200 kalori lho!

Mengelap

Ilustrasi mengelap jendela.
Ilustrasi mengelap jendela. (Freepik)

Kegiatan mengelap memang tampak mudah dilakukan. Mulai dari mengelap furnitur rumah hingga mengelap jendela. Selama setengah jam, aktivitas ini bisa membakar hingga 160 kalori.

Cuci Piring

Ji Chang Wook & Kim Ji Won Cuci Piring Bersama/ Foto: SoompiJi Chang Wook & Kim Ji Won Cuci Piring Bersama/ Foto: Soompi/ 

Siapa yang di rumah kebagian tugas mencuci piring? Atau setiap orang wajib langsung membersihkan piring kotornya masing-masing? Meski tak semua orang menyukai pekerjaan ini, ternyata mencuci piring mampu membakar 160 kalori jika dilakukan selama setengah jam. Belum lagi jika kamu harus menata piring dan alat makan lain yang bisa membakar hingga 100 kalori.

Membersihkan kamar mandi

Sambil mandi, kamu bisa lho sambil membersihkan kamar mandi.
Sambil mandi, kamu bisa lho sambil membersihkan kamar mandi. (Freepik)

Menyikat kamar mandi baik lantai, dinding, maupun kloset juga mampu membakar kalori yang terbilang lumayan lho. Dalam setengah jam, aktivitas ini bisa membakar 100 kalori yang setara dengan kalori 3 buah nastar. Sambil mandi, kamu bisa iseng menyikat kamar mandi lho!

Laundry

Kegiatan mencuci dengan mesin cuci, menjemur, hingga melipat pakaian yang ditotal bisa mencapai satu jam ternyata membakar 280 kalori lho, wow! Belum lagi jika kamu tipe yang harus menyetrika baju, di mana sejamnya bisa membakar 140 kalori. Jika dijumlah, kalori ini sama dengan asupan kalori makan siangmu, Ladies.

Berkebun

Berkebun ternyata mampu membakar kalori cukup besar.
Berkebun ternyata mampu membakar kalori cukup besar. (Freepik)

Menanam pohon, bunga, hingga merawat tanaman seperti menyiram, mencabut rumput liar, dan memberi pupuk ternyata mampu membakar banyak kalori. Per jamnya, aktivitas ini mampu membakar 250-350 kalori. Tertarik mencoba?

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE