STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Definisi 'Girl Boss', 5 Seleb Korea Perempuan Ini Berhasil Jadi CEO di Agensi Hiburan Sendiri

Adinda Rizki Putriandaswita | Beautynesia
Minggu, 18 Sep 2022 16:30 WIB
Definisi 'Girl Boss', 5 Seleb Korea Perempuan Ini Berhasil Jadi CEO di Agensi Hiburan Sendiri

Para penggemar K-Pop pasti sudah tahu bahwa kontrak idol K-Pop bersama dengan agensi yang menaunginya rata-rata adalah tujuh tahun lamanya. Dan ketika kontrak mereka dengan agensi tersebut berakhir, beberapa di antaranya ada yang tetap tinggal di agensi dan ada juga yang keluar dari agensi untuk mengejar mimpi mereka yang lain seperti memproduksi lagu sendiri atau berakting.

Bahkan, ada juga yang memutuskan untuk mendirikan perusahaan entertainment mereka sendiri dan di antaranya juga menjadi CEO dari perusahaannya tersebut.

Seperti lima seleb Korea perempuan di bawah ini yang sukses jadi girl boss dengan mendirikan agensi sendiri dan juga menjadi CEO-nya! Siapa sajakah mereka? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Kim So Hye eks I.O.I

Kim So Hye mendirikan agensi S&P Entertainment dan membangun kafe juga di perusahaannya tersebut
Kim So Hye memiliki agensi S&P Entertainment/ Foto: snp-ent.com/

Kim So Hye memulai kariernya di dunia entertainment Korea dengan berpartisipasi dalam acara survival Produce 101 Season 1 dan berhasil debut bersama dengan I.O.I. Setelah girl group tersebut resmi bubar, Kim So Hye memutuskan untuk lebih fokus berakting dan sudah cukup banyak drama yang ia bintangi.

Kemudian, ia dikabarkan membangun perusahaan hiburan sendiri yang diberi nama S&P Entertainment, di mana S&P merupakan singkatan dari Shark & Penguin.

Berada di bawah naungan labelnya sendiri, Kim So Hye pun memiliki kebebasan untuk mengelola aktivitasnya sendiri sebagai seorang penyanyi dan aktris.

Tidak hanya berhenti di situ saja nih, Beauties, sang aktris bahkan membangun sebuah kafe bernama “Penguin’s Cafe”, yang sengaja ia buat untuk menjadi tempat aman bagi perusahaannya dan penggemar dalam berhubungan dengan mudah dan nyaman.

Yubin eks Wonder Girls

Keluar dari JYP Entertainment, Yubin memutuskan membangun agensinya sendiri bernama rrr Entertainment
Yubin membangun agensi rrr Entertainment/Foto: rrrentertainment.co.kr/

Yubin merupakan salah satu member girl group generasi kedua yang sangat populer, yaitu Wonder Girls. Ia sendiri sudah menghabiskan waktu beberapa tahun berada di bawah naungan agensi JYP Entertainment sebelum akhirnya keluar dari agensi tersebut dan mendirikan perusahaannya sendiri.

Yubin resmi mendirikan perusahaan entertainment-nya sendiri pada Februari 2020 silam, yang dinamai dengan nama rrr Entertainment. Di mana kata rr tersebut merupakan singkatan dari real recognize real.

Agensi ini dulu dikenal sebagai rumah dari beberapa artis seperti teman satu grupnya dulu, yaitu Hyerim dan atlet Taekwondo, Shin Min Chul. Kemudian, beberapa artis yang saat ini dikonfirmasi berada di bawah naungan agensi milik Yubin tersebut adalah Lee Se Ho, Park Joo Yeon, Kim Hyun Chi, dan penyanyi sekaligus penulis lirik søye.

Hyolyn eks SISTAR

Setelah keluar dari Starship Entertaiment, Hyolyn memutuskan untuk membangun agensinya sendiri bernama brid3 entertainment
Hyolyn membangun agensi brid3 entertainment/ Foto: kpop.fandom.com/

Setelah girl group SISTAR resmi dinyatakan bubar, Hyolyn memutuskan untuk ikut keluar dari agensi yang membesarkan namanya tersebut, yaitu Starship Entertainment, dan mulai membangun agensinya sendiri pada tahun 2017 yang diberi nama brid3.

Ia menjelaskan bahwa nama agensinya tersebut menandakan “jembatan antara penggemar dan semua bentuk produksi musik”. Walaupun bukan Hyolyn sendiri yang mengatur dan mengelola seluruh kegiatannya dan pembuatan music video, melainkan perusahaannya, tetapi untuk masalah musiknya yang akan dibawa ke mana dan berbentuk seperti apa, itu semua berada di bawah kontrol Hyolyn sendiri lho, Beauties!

Minzy eks 2NE1

Minzy membangun agensi MZ Entertainment dan menjadi CEO di perusahaan miliknya tersebut
Minzy membangun agensi MZ Entertainment/ Foto: instagram.com/mz.ent.official

Maknae dari girl group terkenal 2NE1, yaitu Minzy, memutuskan untuk meninggalkan agensi YG Entertainment setelah grupnya resmi bubar. Ia kemudian pindah ke agensi Music Works dan melakukan aktivitasnya sebagai idol di bawah naungan agensi tersebut selama empat tahun.

Sampai kemudian ia memutuskan untuk berpisah dengan Music Works dan membuat label-nya sendiri. Minzy resmi mendirikan agensi sendiri dengan nama MZ Entertainment, di mana posisinya dalam perusahaan tersebut tidak hanya sebagai CEO yang memimpin perusahaan saja nih, Beautie.

Tetapi Minzy juga terkadang mengelola musik dan penampilan bersama dengan perusahaan. Bahkan sampai bekerja dengan para produser dan menangani trainee idol. Keren banget ya, 'Ibu Bos' MZ Entertainment ini!

CL eks 2NE1

CL membangun agensi Verry Cherry dan menjalin kerjasama dengan agensi Kang Danie, KONNECT Entertainment
CL membangun agensi Verry Cherry/ Foto: instagram.com/chaelincl

Leader dari 2NE1 ini sudah bergabung bersama YG Entertainment selama hampir sepuluh tahun, sebelum akhirnya grup yang digawanginya bersama dengan Park Bom, Sandara Park, dan Minzy tersebut dinyatakan resmi bubar.

Ketika para member lain memilih jalannya masing-masing, CL justru kembali menandatangani kontrak bersama dengan YG Entertainment selama tiga tahun, dan kemudian baru keluar dari agensi tersebut.

CL kemudian memutuskan untuk membangun agensinya sendiri di tahun 2020 nih, Beauties. Saat melakukan interview dengan Rolling Stones, CL mengaku bahwa ia saat itu sedang membangun perusahaan entertainment sendiri untuk menjaga kreativitasnya.

Saat ini agensi yang sudah sukses dibangun oleh CL bernama Verry Cherry dan telah bekerjasama dengan agensi milik Kang Daniel, yaitu KONNECT Entertainment untuk mengelola promosi CL di Korea Selatan.

Itu dia lima seleb Korea perempuan yang sukses mendefinisikan diri mereka sebagai girl boss karena sudah berhasil memiliki perusahaan entertainment mereka sendiri! Mana yang jadi favoritmu nih, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE