sign up SIGN UP

Deretan Idol K-Pop Perempuan yang Berhasil Mendobrak Standar Kecantikan Korea

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Senin, 16 May 2022 12:00 WIB
Deretan Idol K-Pop Perempuan yang Berhasil Mendobrak Standar Kecantikan Korea
caption
Jakarta -

Di tiap negara pasti memiliki masing-masing standar kecantikan bagi perempuan. Standar kecantikan ini terbentuk karena stigma dari masyarakat itu sendiri yang menganggap bahwa seorang perempuan dianggap “cantik” apabila memenuhi standar yang ada di lingkungan sekitarnya.

Negeri Ginseng, Korea Selatan sudah tak asing lagi bagi masyarakatnya memiliki standar tertentu terhadap perempuan yang dapat digolongkan “cantik”. Kulit putih, wajah kecil, dan tubuh ramping merupakan standar kecantikan yang dielu-elukan bagi perempuan Korea Selatan.

Tanpa disadari, hal ini menuntut para perempuan berusaha untuk memenuhi standar yang ada di masyarakat. Klinik kecantikan menjamur. Operasi sudah tak asing lagi bagi masyarakat.

Bukan hanya aktris, para perempuan dari kalangan masyarakat biasa juga berlomba-lomba untuk bisa “sesuai” dengan standar kecantikan yang telah ditetapkan.

Hal ini seperti sudah menjadi tuntutan di era serba modern ini. Namun, masih ada beberapa idol K-Pop yang percaya diri dengan penampilannya dan berhasil mendobrak standar kecantikan pada masyarakat, lho. Penasaran ada siapa saja? Yuk, simak!

1. Hyolyn

Hyolyn/ Foto: Bridgeofficial/Bridgeofficial
Hyolyn/ Foto: Bridgeofficial/Bridgeofficial

Mantan anggota girl group SISTAR yang satu ini memang sudah terkenal dengan ciri khas kulitnya yang sangat eksotis dan berbeda dengan umumnya masyarakat Korea Selatan yang berkulit putih bak susu.

Melansir dari detikhot, Hyolyn sempat menjadi bahan bullyan dikarenakan wajah dan kulitnya yang tidak memenuhi standar kecantikan Korea. Namun, seiring berjalannya waktu dengan kemampuan bernyanyi Hyolyn yang tak dapat diragukan lagi, Hyolyn bisa memukau semua orang dengan bakatnya dan penampilannya menjadi suatu daya tarik tersendiri.

Kini, Hyolyn bisa menonjolkan kesan seksi dengan warna kulit kecokelatannya yang cantik.

2. CL

CL/ Foto: Tangkapan Layar/Satellite414
CL/ Foto: Tangkapan Layar/Satellite414

Mantan leader dari girl group terkenal, 2NE1 ini nggak membuat CL lepas dari hujatan masyarakat lantaran penampilannya yang berubah, dengan bentuk tubuh curvy.

Melansir dari detikwolipop, CL sempat tertangkap kamera di bandara Incheon dengan penampilan yang membuat netizen terkejut karena proporsi badannya yang kian bertambah.

Selain itu, sejak masih bersama dengan 2NE1 pun CL selalu menampilkan sisi swag dan fierce yang berbanding terbalik dengan kesan girl group pada umumnya, yaitu feminin.

Namun, CL dapat membungkam itu semua dengan prestasinya yang membanggakan, salah satunya penampilan CL di Coachella 2022 bersama anggota 2NE1 lainnya. Salut deh sama CL!

3. Suhyun AKMU

Suhyun/ Foto: Pinterest/Allkpop
Suhyun/ Foto: Pinterest/Allkpop

Berawal dari penampilan Suhyun bersama Chanhyuk pada kompetisi pencarian bakat, yaitu Kpop Star membuat Akdong Musician (AKMU) debut di bawah naungan YG Entertainment. Sejak debut, Suhyun sudah menarik perhatian dengan suaranya yang merdu dan bakat bernyanyi yang mumpuni.

Namun, Suhyun seringkali menerima kritikan terhadap wajahnya yang dianggap tidak memenuhi standar kecantikan. Melansir dari detikhot, Suhyun mengakui sempat menolak tawaran operasi plastik pada bagian hidung yang ditawarkan oleh CEO Yang Hyun Suk.

Suhyun mengaku bersyukur dan merasa puas terhadap dirinya. Melihat kisah Suhyun, kita juga harus belajar self love nih, Beauties.

4. Ailee

Ailee/ Foto: Facebook/Rocket3ent_official
Ailee/ Foto: Facebook/Rocket3ent_official

Solois kelahiran tahun 1989 ini sempat bermain drama pada serial KBS Dream High 2. Sejak debutnya, Ailee memang sudah tampil percaya diri dengan tubuhnya yang dianggap berisi oleh masyarakat Korea dibandingkan idol perempuan lain.

Namun, walaupun menerima cemoohan, Ailee sukses membungkam dengan karya dan vokalnya yang kuat. 

5. Hwasa MAMAMOO

Hwasa/ Foto: Rbbridge/Rbbridge
Hwasa/ Foto: Rbbridge/Rbbridge

Tergabung pada girl group MAMAMOO, sukses melambungkan nama Hwasa ditambah dengan penampilannya yang seksi dengan menonjolkan tubuh berisi yang sehat dan kulit eksotisnya yang terawat. Memiliki suara yang unik dan seksi, semakin melengkapi penampilan Hwasa yang memukau.

Walaupun pada awalnya sulit mendapat pengakuan dari masyrakat karena penampilannya yang berbeda dengan standar kecantikan perempuan Korea, tetapi Hwasa dapat membuktikannya dengan segala kemampuan dan daya pikatnya.

6. Jessi

Jessi/ Foto: Pnation/Pnation
Jessi/ Foto: Pnation/Pnation

Rapper perempuan pelantun lagu Zoom yang sedang viral di TikTok memang sedang mencuri perhatian akhir-akhir ini. Penampilannya yang swag dan bold semakin menunjukkan citra seksi yang melekat pada Jessi.

Gaya bicaranya yang terkesan blak-blakan, gaya berbusananya yang terkesan terbuka dan menampilkan kulit kecoklatannya menjadi daya tarik tersendiri bagi Jessi. Ia selalu tampil percaya diri dengan penampilannya saat di panggung. Wah, patut dicontoh nih kepercayaan diri Jessi!

Nah, itu dia beberapa idol K-Pop perempuan yang dapat mematahkan standar kecantikan Korea Selatan. Semoga, kamu semakin percaya diri dan mencintai apa adanya dirimu ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id