STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dianggap Jadi Salah Satu Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Seperti Apa Berpikir Kritis Itu?

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Kamis, 08 Dec 2022 12:30 WIB
Dianggap Jadi Salah Satu Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Seperti Apa Berpikir Kritis Itu?

Saat ini sepertinya kita sudah sering membaca atau mendengar istilah berpikir kritis. Tapi, apakah Beauties sudah tahu apa sebenarnya arti dari berpikir kritis itu? Bagaimana cara kita untuk bisa berpikir kritis? Apa alasan kita harus berpikir kritis? Let’s dig up more, Beauties!

1. Apa Itu Berpikir Kritis?

Apa Itu Berpikir Kritis?/Foto: Freepik/freepik
Apa Itu Berpikir Kritis?/Foto: Freepik/freepik

Dikutip dari University of Louisville, yang mengadopsi bahasa Michael Scriven dan Richard Paul (2003), berpikir kritis adalah proses disiplin intelektual secara aktif dan terampil dalam membuat konsep, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan/atau mengevaluasi informasi yang dikumpulkan dari atau dihasilkan berdasarkan observasi, pengalaman, refleksi, penalaran, atau komunikasi, sebagai panduan untuk keyakinan dan tindakan.

Dalam konteks pendidikan, definisi berpikir kritis adalah sebuah program praktis untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan merupakan adopsi dan implementasi yang terdiri dari memperoleh pengetahuan dan kemampuan dari seorang pemikir kritis.

Sementara dalam Indeed dijelaskan, ketika berkaitan dengan dunia pekerjaan, bisa berpikir secara kritis, membuat kita lebih mandiri dan kompeten.

2. Kenapa Berpikir Kritis Penting dalam Dunia Kerja?

Kenapa Berpikir Kritis dalam Dunia Kerja Dianggap Penting?/Foto: Freepik/rawpixel.com
Kenapa Berpikir Kritis dalam Dunia Kerja Dianggap Penting?/Foto: Freepik/rawpixel.com

Kenapa berpikir kritis dianggap penting dalam dunia kerja? Berikut beberapa alasannya:

Dibutuhkan dalam Pekerjaan

Masih dari Indeed, beberapa profesi yang membutuhkan keterampilan berpikir kritis misalnya karier di bidang hukum, pendidikan, penelitian, medis, dan keuangan. Meski jika dilihat secara umum, tujuan dari berpikir kritis dari dalam profesi apa pun adalah untuk menyimpulkan informasi secara objektif tanpa bias, menganalisis konteks, memecahkan masalah kreatif, dan menghasilkan solusi yang realistis.

Melatih Pengambilan Keputusan

Terbiasa menerapkan untuk berpikir secara kritis bisa membantu membuat keputusan yang membutuhkan banyak pemikiran. Seperti hal yang berkaitan dengan membuat langkah karier. Hal ini tentunya membutuhkan berbagai penelitian dan pemikiran yang objektif serta logis.

Bisa Membuat Kita lebih Bahagia

Bagaimana bisa? Berpikir kritis dapat membantu orang untuk lebih memahami diri mereka sendiri, motivasi, dan tujuan mereka. Ketika kita dapat menyimpulkan informasi untuk menemukan bagian yang paling penting dan menerapkannya dalam hidup. Kita bisa mengubah situasi dan meningkatkan pertumbuhan diri dan kebahagiaan secara keseluruhan. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.