STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Kesejahteraan Emosionalmu, Hati-hati Kelihatan Sepele Semua!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 06:30 WIB
5 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Merusak Kesejahteraan Emosionalmu, Hati-hati Kelihatan Sepele Semua!
Kebiasaan yang bisa merusak kesejahteraan emosionalmu/ Foto: Freepik.com/spkphotostock

Kesejahteraan emosional menjadi hal penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak, semakin sejahtera kamu secara emosional, maka akan semakin baik pula kamu menghadapi berbagai lika-liku kehidupan.

Oleh karenanya, penting untuk memperjuangkan kesejahteraan emosional. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan yang bisa merusak kesejahteraan emosional tersebut. Dikutip dari laman Psych2go, berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa merusak kesejahteraan emosional kamu.

1. Menekan Kemarahan

Ilustrasi menahan marah/ Foto: Freepik.com/drobotdean
Ilustrasi menahan marah/ Foto: Freepik.com/drobotdean

 

Kebiasaan pertama yang bisa merusak kesejahteraan emosional adalah menekan kemarahan. Sederhananya, kamu berusaha memendam dan berharap semuanya akan selesai di sana. Namun nyatanya, menekan kemarahan bisa sama dengan menyimpan bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak dan menyakiti dirimu sendiri.

Oleh karenanya, saat kamu merasakan marah maupun emosi negatif lainnya, tidak masalah untuk menyalurkannya, namun dengan cara-cara yang tepat. Seperti bercerita dengan orang yang kamu percayai. Hal tersebut dimungkinkan untuk membantumu lebih lega dan tetap bisa mendapatkan kesejahteraan emosional.

2. Membiarkan Stres Hinggap dan Menumpuk

Ilustrasi stres berkepanjangan/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi stres berkepanjangan/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Sudah menjadi hal yang lumrah jika stres mampir dalam kehidupan. Meski demikian, penting untuk dapat mengelolanya agar tidak memberikan dampak negatif terhadap kesejahteraan emosional diri. Membiarkan stres terus menerus membelenggu bisa menjadi kebiasaan yang tidak sehat. Saat stres, otak melepaskan hormon kortisol.

Ketika hormon kortisol diproduksi dalam jumlah banyak, ini dapat mencegah otak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini adalah dengan mengambil waktu istirahat. Kamu bisa mengisi waktu istirahat dengan meditasi maupun aktivitas lain yang menenangkan.

3. Kurang Tidur

Ilustrasi kurang tidur/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi kurang tidur/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Tahukah kamu Beauties bahwa tidak tidur cukup bisa memperburuk kesehatan mental, lho. Menurut Sleep Health Foundation, 60-90% pasien depresi juga menderita insomnia. Oleh karenanya, jangan memperburuk kesejahteraan emosional dengan kurang tidur. Aturlah waktu dan durasi tidur dengan sebaik-baiknya agar tubuhmu bisa beristirahat sebagaimana mestinya.

4. Berpikiran Negatif Terus Menerus

Ilustrasi berpikir negatif/ Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi berpikir negatif/ Foto: Freepik.com/benzoix

Pikiran negatif terus menerus juga bisa merusak kesejahteraan emosional kamu, Beauties. Contohnya adalah selalu berpikir bahwa kamu telah gagal. Mungkin memang beberapa keadaan menghadapkan kamu pada situasi kurang mengenakkan. Semisal tidak lolos seleksi penerimaan karyawan baru atau gagal naik jabatan.

Namun, membiarkan pikiran diselimuti rasa gagal dan penyesalan malah tidak baik. Untuk itu, sadarilah setiap pikiran dan muncul dan segera analisis. Ambil lah sisi positif dari setiap keadaan yang kamu hadapi.

5. Tidak Berolahraga

Ilustrasi olahraga lari/Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi olahraga lari/Foto: Freepik.com/tirachardz

Kedengarannya memang simpel, namun melakukan olahraga sebenarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya fisik tetapi juga emosional. Menurut artikel dari Mayo Clinic, olahraga dapat melepaskan ‘endorfin’ yang membuat kamu merasa lebih nyaman.

Untuk itu, cobalah keluar dari rumah, dan berolahragalah. Kamu bisa memulai dengan olahraga ringan seperti jalan santai ataupun lari pada jarak tertentu.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE