sign up SIGN UP

Dijodohkan? Simak Yuk 5 Cara yang Tepat Buat Tolak Perjodohan Tanpa Bikin Sakit Hati!

Izzul Millati Umami | Selasa, 31 Mar 2020 14:00 WIB
Dijodohkan? Simak Yuk 5 Cara yang Tepat Buat Tolak Perjodohan Tanpa Bikin Sakit Hati!
caption
Nggak semua orang setuju dengan perjodohan, termasuk mungkin kamu sendiri. Nah, biar nggak menyakiti hati pihak lain, yuk simak 5 cara tolak perjodohan yang baik berikut ini.

Perjodohan merupakan salah satu sistem pencarian jodoh yang masih berlaku, bahkan di era sekarang. Perjodohan jadi salah satu solusi bagi banyak orang tua yang ingin cepat menikahkan sang anak. Banyak pro dan kontra seputar perjodohan, tergantung dari adat dan istiadat setempat. Sebagian kalangan mendukung, sementara sebagian lainnya merasa perjodohan merupakan pemaksaan. Well, kalau kamu memang tipe orang yang tak mendukung perjodohan sementara kamu ingin menolaknya, yuk coba 5 cara di bawah ini untuk menolak perjodohan. Kamu harus tetap sopan dalam melakukan tips di bawah ini ya!



 


1. Masih Ingin Mengejar Karir dan Cita-Cita



Salah satu faktor diundur dan dibatalkannya perjodohan adalah faktor mengejar karir. Hal ini dikarenakan pihak yang meminta perjodohan biasanya ingin segera menikah. Sampaikanlah dengan baik-baik keputusanmu ini.


Foto: Istimewa


 


2. Ungkapkan Kekuranganmu yang Mungkin Bakal Tak Ia Suka



Secara tersirat ketika mengobrol, kamu bisa menceritakan kekurangan yang sekiranya si dia nggak bakal melanjutkan perjodohan. Jangan terang-terangan beralasan menolak perjodohan karena kamu punya kekurangan tersebut. Cukup bilang kalau kamu punya kekurangan yang sekiranya ia nggak suka. 


Foto: Istimewa


 


3. Tutup Kesempatan Untuk Berbicara dengan Orang Tersebut



Apabila kamu memang tak suka dengan pihak tersebut sejak awal, cobalah untuk menghindari berbicara dengan orang tersebut sejak awal. Tutuplah akses sedemikian rupa dan jangan membuatnya bisa menghubungimu.


Foto: Istimewa


 


4. Bilang Secara Jujur ke Orang Tua



Apabila segala cara sudah kamu tempuh tapi perjodohan nggak juga dibatalkan, segera jujurlah ke orang tua kalau kamu nggak suka dengan si calon. Kamu boleh kok untuk mengutarakan alasan kenapa kamu menolak perjodohan tersebut, tentunya dengan alasan yang masuk akal. 


Foto: Istimewa


 


5. Jujurlah Jika Memang Ada Pilihan Lain



Jujurlah bila memang kamu sudah ada pilihan lain. Kamu bisa mengatakannya ke orang tua dan juga pihak si calon. Cobalah untuk menjabarkan kelebihan dari pilihan kamu ke orang tua. Yakinkan orang tua bahwa pilihan kamu adalah yang terbaik. 


Foto: Istimewa


 


Ladies punya pengalaman dijodohkan juga? Yuk coba sharing lebih lanjut seputar pengalaman perjodohan yang ladies punya! Belum tentu perjodohan berakhir buruk kok ladies! Intinya sih, tetap pertimbangkan semua hal ya! Ketika kamu belum sreg dengan si calon, boleh banget buat menolak perjodohan. 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id