STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dimulai dari Kebiasaan Kecil, Inilah 5 Tips Self Improvement yang Perlu Dilakukan untuk Membuatmu Jadi Lebih Baik!

aqillah diaz | Beautynesia
Rabu, 05 Jan 2022 06:15 WIB
Dimulai dari Kebiasaan Kecil, Inilah 5 Tips Self Improvement yang Perlu Dilakukan untuk Membuatmu Jadi Lebih Baik!

Dalam menjalani kehidupan tidak selalu berada di zona nyaman, sesekali kamu harus keluar dari zona nyaman dan membuat perubahan untuk diri sendiri meskipun itu adalah sesuatu yang kecil. Terkadang juga banyak hal yang terjadi di luar kendali dan situasi yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Tidak ada jalan keluar untuk mengubahnya, namun kamu tetap dapat memanfaatkan hari dengan baik untuk mencapai tujuan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan self improvement. Self improvement merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas diri. Dengan melakukan self improvement, kamu menjadi tau apa yang bisa kamu kembangkan dan mengetahui kelebihan, serta kekurangan yang ada dalam diri kita.

Kamu bisa melakukan self improvement dari kebiasaan kecil yang dilakukan tiap hari. Kira-kira tips dan cara apa aja nih yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas diri? Yuk, simak penjelasan berikut ini

1. Mengembangkan Hobi

Mengembangkan Hobi / foto : pexels.com/DavidBartus
Mengembangkan Hobi / foto : pexels.com/DavidBartus

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas diri adalah mengembangkan hobi. Pastinya semua orang memiliki hobi, entah itu disadari atau tidak disadari. Mengembangkan hobi dapat membantu kita lebih mudah untuk mengekspresikan emosi dan memotivasi diri sendiri untuk meningkatkan skill yang kita miliki. 

Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas positif, entah itu menulis, menggambar, fotografi, atau hobi lainnya. Selain itu, hobi yang kamu sukai juga bisa kamu jadikan sebuah pekerjaan dan tentunya bisa menambah penghasilanmu, lho.

2. Mengembangkan Mindset

Mengembangkan Mindset / foto : pexels.com/VanessaGarcia
Mengembangkan Mindset / foto : pexels.com/VanessaGarcia

Hal penting yang perlu dilakukan dalam self improvement adalah mengembangkan mindset. Mengembangkan pola pikir dapat menjadi fondasi utama untuk mengembangkan kualitas diri.

Dengan mengembangkan mindset akan membuatmu lebih yakin untuk meng-upgrade diri. Tentunya hal ini juga dapat mengantisipasi tantangan yang akan muncul, serta mindset yang positif juga akan membuatmu lebih mudah untuk mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan.

3. Membuat To Do List

Membuat To Do List / foto : pexels.com/SHVETSproduction
Membuat To Do List / foto : pexels.com/SHVETSproduction

Tips ketiga yang bisa kamu lakukan adalah membuat to do list. Hal ini terdengar simple, namun kamu bisa merasakan dampaknya setelah mencoba rutin melakukannya. Dampak positifnya adalah dapat meningkatkan kemampuan, serta meningkatkan produktivitas, lho. Membuat to do list juga dapat mempermudah kamu melakukan pekerjaan sesuai dengan target.

Selain itu, dengan membuat to do list juga akan membuatmu terhindar dari tugas yang menumpuk dan membuatmu tidak lupa harus melakukan pekerjaan apa. Intinya, dengan membuat to do list akan membuatmu menjadi pribadi yang tekun dan lebih teratur. 

4. Membuat Tujuan yang Realistis

Membuat Tujuan yang Realistis / foto : pexels.com/OnoKosuki
Membuat Tujuan yang Realistis / foto : pexels.com/OnoKosuki

Salah satu hal yang membuat kita semangat dalam menjalani hidup adalah tujuan atau goals yang kita buat. Membuat tujuan yang realistis dan spesifik dapat membuat kita merasa puas ketika kita sudah mencapainya.

Mulailah membuat tujuan dari hal kecil, seperti rutin berolahraga, menabung, atau hal lain. Dengan itu, kamu bisa membuat goals atau tujuan yang lebih besar dan membuatmu semakin termotivasi untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

Untuk mempermudah membuat goals, kamu bisa menulisnya dan menempelkannya di dinding depan meja kerja agar bisa kamu lihat. Oh ya, jangan lupa tujuan yang kamu tulis harus jelas dan bijak, sehingga kamu mampu untuk mencapainya. 

5. Menerima Feedback dari Orang Lain

Menerima Feedback dari Orang Lain / foto : pexels.com/MoosePhotos
Menerima Feedback dari Orang Lain / foto : pexels.com/MoosePhotos

Feedback atau umpan balik dari orang lain juga bermanfaat lho untuk meningkatkan kualitas diri dan bisa membuatmu semakin semangat untuk meraih tujuan yang diimpikan. Selain itu, feedback dari orang lain dapat menjadi acuan untuk dirimu, serta dapat dijadikan sebagai dukungan yang akan berpengaruh kepada dirimu. 

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kualitas diri. Self improvement dapat diraih dengan berbagai cara dan kamu juga perlu melakukannya dengan sungguh-sungguh, ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE