sign up SIGN UP

Dompet Tipis di Akhir Bulan? Hindari 5 Jenis Pengeluaran Ini Agar Keuangan Tidak Makin Sekarat!

Shinta Nikmah | Senin, 25 Oct 2021 23:30 WIB
Dompet Tipis di Akhir Bulan? Hindari 5 Jenis Pengeluaran Ini Agar Keuangan Tidak Makin Sekarat!
caption

Sebenarnya sudah menjadi hal yang lumrah jika keuanganmu semakin menipis di akhir bulan. Namun yang menakutkan adalah jika kamu benar-benar kehabisan uang dan terpaksa berhutang ke teman untuk menyambung hidup.

Jika pola pengeluaranmu tidak diubah, maka kamu akan tetap kesulitan mengelola keuangan dan berakhir tragis di akhir bulan terus. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap bertahan dengan keuangan yang tipis? Tentunya kamu perlu memangkas pengeluaran untuk hal-hal berikut ini.

Diskon Akhir Bulan

Diskon akhir bulan
Diskon akhir bulan/ Foto: freepik.com

Diskon di akhir bulan memang terkadang buat kamu gatal untuk checkout barang yang ada di e-commerce. Bagaimana tidak? Terkadang banyak toko yang justru memberikan diskon besar-besaran di akhir bulan. Bukan tidak mungkin kamu justru tergiur dan tanpa banyak pikir menggunakan uang tabungan untuk memuaskan ego belanja.

Jika kamu tidak ingin keuanganmu makin sekarat di akhir bulan, lebih baik kamu tidak menggubris diskon ya, Beauties. 

Nongkrong di Kafe

Nongkrong di kafe
Nongkrong di kafe/ Foto: freepik.com

Bagi kamu kaum muda, nongkrong di kafe tentu hal yang keren. Namun akhir bulan tentu bukan waktu yang tepat untuk menghabiskan uang di kafe jika dompetmu saja kering isinya. 

Di beberapa kesempatan kamu mungkin susah menolak rayuan teman yang mengajakmu untuk nongkrong di kafe. But, demi keselamatan sisa uang akhir bulan, kamu perlu belajar untuk berkata tidak terhadap ajakan orang lain untuk nongkrong.

Makan di Luar

Masak sendiri lebih hemat
Masak sendiri lebih hemat/ Foto: freepik.com

Makan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak bisa kamu hindari. Ketika kondisi keuangan sedang menipis, kamu bisa mengakalinya dengan mengurangi frekuensi makan di restoran atau warung langganan.

Bukan berarti kamu tidak boleh makan enak, akan tetapi kamu bisa mulai masak sendiri untuk menghemat uang. Selain lebih murah, memasak makanan sendiri juga lebih sehat dan higienis, lho.

Berlangganan Aplikasi

Berlangganan aplikasi
Berlangganan aplikasi/ Foto: freepik.com

Tidak hanya untuk berjaga-jaga menekan pengeluaran di akhir bulan, berhenti berlangganan aplikasi yang kurang bermanfaat juga bisa kamu lakukan sewaktu-waktu untuk menghemat pengeluaran. Bahkan terkadang kamu tidak sadar bahwa sering berlangganan aplikasi yang hanya sekali dua kali digunakan sehingga hanya buang-buang uang.

Alih-alih berlangganan aplikasi yang kurang bermanfaat, kamu bisa gunakan budget tersebut untuk menabung atau berinvestasi. 

Hindari Budaya Berutang!

Hindari berhutang
Hindari berhutang/ Foto: freepik.com

Sering berutang selain menjadi kebiasaan buruk, juga bisa menjadi boomerang bagi kondisi keuanganmu, Beauties. Orang yang suka berutang biasanya kehidupannya kurang tenang karena serasa dikejar-kejar.

Lebih parah lagi jika kamu sampai terjerumus pinjaman online ilegal. Risiko kamu stres dan putus asa bisa saja kamu alami, sebab pinjaman online bisa membuat uangmu terkuras habis karena bunga pinjaman yang sangat tinggi.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id