sign up SIGN UP

Duh, Minyak Goreng Langka, 4 Tips Memasak Agar Lebih Hemat Minyak Ini Perlu Dicoba!

Zeyra Haya | Beautynesia
Selasa, 22 Feb 2022 06:15 WIB
Duh, Minyak Goreng Langka, 4 Tips Memasak Agar Lebih Hemat Minyak Ini Perlu Dicoba!
caption

Naiknya harga minyak sawit beberapa waktu lalu masih berimbas pada berkurangnya distribusi minyak goreng di sejumlah wilayah. Hingga kini, fenomena minyak goreng langka masih terjadi dan tak bisa diprediksi kapan akan usai.

Terbatasnya peredaran minyak goreng ini tentu menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Satu-satunya cara untuk menghadapi kondisi ini adalah dengan menghemat dan menggunakan minyak goreng secara efisien.

Dijamin Hemat Minyak Goreng, Cobain 4 Tips Memasak Berikut Ini!

Beauties, fenomena langkanya minyak goreng murah mengharuskan kita untuk menghemat minyak sedemikian mungkin. Untuk itu, berikut adalah 4 tips menghemat minyak yang bisa kamu coba. Simak yuk!

1. Pisahkan Minyak Baru dan Minyak Bekas

Nggak selalu harus minyak baru, begini tips menghemat minyak dengan memisahkan minyak bekas/Foto: pexels.com/RODNAE Production
(Nggak selalu harus minyak baru, begini tips menghemat minyak dengan memisahkan minyak bekas/Foto: pexels.com/RODNAE Production)

Tips menghemat minyak goreng yang pertama adalah memisahkan minyak baru dan minyak yang sudah pernah digunakan. Cara ini dilakukan agar tiap kali menggoreng tidak harus memakai minyak baru.

Sediakan beberapa wadah untuk menaruh minyak, kemudian pisahkan antara minyak baru dan minyak bekas. Minyak baru adalah minyak yang belum pernah digunakan, sementara minyak bekas adalah minyak yang sudah dipakai sebanyak 2-4 kali atau telah tercampur dengan bumbu. 

2. Saring Minyak Agar Kotoran Tersisihkan

Saring minyak agar kotoran tersisihkan. Minyak dapat digunakan kembali supaya hemat/Foto: pexels.com/Daria Obymaha
(Saring minyak agar kotoran tersisihkan. Minyak dapat digunakan kembali supaya hemat/Foto: pexels.com/Daria Obymaha)

Tips kedua, saringlah minyak usai menggoreng. Cara ini efektif untuk menghemat minyak bekas agar dapat digunakan kembali.

Diamkan minyak beberapa saat sampai minyak tersebut dingin, kemudian saring minyak dan letakkan pada wadah. Dengan cara ini, minyak goreng tidak akan meninggalkan kotoran saat digunakan untuk menggoreng lagi.

3. Sesuaikan Penggunaan Minyak

Jangan berlebihan pakai minyak! Gunakan minyak sesuai kebutuhan/Foto: pexels.com/RODNAE Production
(Jangan berlebihan pakai minyak! Gunakan minyak sesuai kebutuhan/Foto: pexels.com/RODNAE Production)

Tips memasak agar hemat minyak selanjutnya adalah menyesuaikan penggunaan minyak. Hindari memasak dengan teknik deep frying atau mengisi wajan penuh dengan minyak. Hal ini dapat menyebabkan pemborosan minyak sekaligus gas.

Suhu minyak juga perlu diperhatikan. Jika suhu minyak tidak pas, maka daya serap minyak pada makanan justru akan lebih banyak. Selain itu, hindari memasukkan bahan makanan sekaligus ke dalam wajan karena akan boros minyak.

4. Utamakan Teknik Masak Sehat (Kukus, Rebus atau Tumis)

Kurangi menggoreng, perbanyak teknik memasak tumis atau rebus untuk menghemat minyak goreng/Foto: pexels.com/Martin Lopez
(Kurangi menggoreng, perbanyak teknik memasak tumis atau rebus untuk menghemat minyak goreng/Foto: pexels.com/Martin Lopez)

Tips agar hemat minyak yang terakhir adalah dengan mengurangi memasak dengan teknik menggoreng. Nggak perlu khawatir, kamu masih bisa menghidangkan masakan lezat dengan teknik masak kukus, rebus atau tumis.

Memasak dengan cara ini dapat dengan efektif mengurangi penggunaan minyak. Selain mengganti teknik memasak, kamu juga bisa mengganti minyak sawit dengan minyak goreng jenis lain.

Melansir dari detikFood, itulah beberapa tips memasak untuk menghemat penggunaan minyak. Sudahkah kamu mencobanya, Beauties?

[Gambas:Video Beautynesia]

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id