STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Dulu Taman Mini Indonesia Indah Jadi Primadona Objek Wisata Keluarga, Begini Kondisinya Sekarang!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Minggu, 24 Jul 2022 15:30 WIB
Dulu Taman Mini Indonesia Indah Jadi Primadona Objek Wisata Keluarga, Begini Kondisinya Sekarang!

Siapa yang nggak kenal Taman Mini Indonesia Indah? Taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur ini dikenal sebagai miniatur ragam budaya di Indonesia. Mulanya, TMII dibangun atas gagasan dari Ibu Negara kala itu, Ibu Tien Soeharto pada tahun 1972.

Dengan luas area 150 hektare, TMII memiliki banyak fasilitas menarik yang bisa kamu temui. Di antaranya ada beragam anjungan rumah adat, bangunan keagamaan, sarana rekreasi, taman, museum, teater, hingga perpustakaan.

Satu hal yang begitu ikonik dari TMII tentu saja adalah danau yang di tengah-tengahnya memiliki gambaran miniatur kepulauanĀ Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Banyaknya fasilitas edukatif dan rekreatif di sini pada masanya sukses menjadikan TMII sebagai destinasi favorit anak-anak dan keluarga semasa liburan, sekaligus destinasi karyawisata sekolah.

Kondisi TMII Sempat Memburuk

kondisi terkini taman mini indonesia indah yang sempat terbengkalai
Potret viral kondisi Museum Telekomunikasi di TMII yang terbengkalai/Foto: Twitter.com/RomitsuT

Beauties, ingatkah kapan kali terakhir kamu mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah?

Beberapa tahun belakangan, kondisi TMII memang agak memprihatinkan, apalagi diperparah oleh efek pandemi. TMII jadi tampak seperti objek wisata terbengkalai yang sepi dan kurang terawat.

Tahun lalu, sempat beredar sebuah unggahan viral tentang kondisi terkini TMII yang terbengkalai, lewat akun Twitter @RomitsuT.

Dalam unggahan itu, ia membandingkan situasi Museum Telekomunikasi di zaman dahulu dengan masa kini. Terlihat, kondisi cat tembok dan bagian kubah museum telah usang dimakan zaman.

Hal ini cukup disayangkan oleh warganet, mengingat TMII dulunya menyimpan kenangan-kenangan masa lalu. Kemudian, mengutip detikTravel, dikabarkan ada beberapa anjungan daerah yang memiliki kerusakan ringan hingga sedang.

TMII Akhirnya Renovasi Besar-besaran

kondisi terkini taman mini indonesia raya
Rencana muka bangunan dari revitalisasi TMII/Foto: Dok. Kementerian PUPR

Untunglah, pada tahun 2022, pemerintah mulai membawa angin segar kepada nasib TMII.

Sebagai info, pemerintah telah resmi mengambil alih pengelolaan TMII dari pihak Yayasan Harapan Kita milik keluarga Soeharto kepada BUMN PTĀ Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) atau TWC sejak 2021.

Dalam laman resmi Kemeterian PUPR, mulai Januari 2022, Presiden Joko Widodo menugaskan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan revitalisasi kawasan Taman Mini Indonesia Indah menjelang Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Nggak tanggung-tanggung, biaya yang digelontorkan sampai Rp1,13 triliun, loh!

Upaya revitalisasi ini diharapkan bisa mengembalikan TMII sebagai etalase Indonesia dan destinasi wisata yang nyaman bagi masyarakat.

kondisi terkini taman mini indonesia raya
Rencana lanskap Danau Archipelago/Foto: Dok. Kementerian PUPR

Mengutip detikTravel (18/7), peremajaan TMII ditargetkan rampung akhir Juli ini. Nantinya, pemerintah bakal menggelar acara prapeluncuran TMII pada Agustus mendatang, berkaitan dengan kegiatan penyambutan G20.

Wah, jadi penasaran dengan wujud baru TMII setelah dipugar. Kalau sudah dibuka, kamu bakal berencana berkunjung ke sini nggak, Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE