sign up SIGN UP

Emmeril Kahn Mumtadz Dikebumikan, Jutaan Doa Antarkannya dari Gedung Pakuan sampai Desa Cimaung

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 12:30 WIB
Emmeril Kahn Mumtadz Dikebumikan, Jutaan Doa Antarkannya dari Gedung Pakuan sampai Desa Cimaung
caption
Jakarta -

Emmeril Kahn Mumtadz akhirnya telah kembali ke Tanah Air dan baru saja usai dikebumikan pada hari ini, Senin (13/6). Desa Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dipilih Ridwan Kamil dan keluarga sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk putra sulungnya. 

Jutaan doa antarkan Eril sampai peristirahatan terakhir. Simak informasi selengkapnya di sini yuk, Beauties!

Minggu Malam, Eril Tiba di Gedung Pakuan dan Langsung Disalatkan

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi imam salat jenazah anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Salat jenazah Eril dilaksanakan di Gedung Pakuan Bandung, Minggu, 12/6/2022.Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi imam salat jenazah anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril./Foto: Tangkapan Layar YouTube/Humas Jabar

Minggu malam (12/6), sekitar pukul 20.00 WIB, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz tiba di Gedung Pakuan, Bandung. Ketibaannya ini lebih cepat 2 jam dari perkiraan sebelumnya, di pukul 22.00 WIB. 

Tak berlangsung lama, usai ketibaan di Gedung Pakuan, Ridwan Kamil beserta keluarga besar dan rekan-rekan langsung mensalatkan putra sulungnya tersebut. Prosesi pun berlanjut dengan pembacaan doa dan takziah dari rekan-rekan terdekat Eril dan Ridwan Kamil.

Lalu, sesuai dengan yang telah disampaikan di laman Instagram, Ridwan Kamil mulai mengizinkan masyarakat untuk takziah, pada pukul 23.00 WIB. Sejumlah masyarakat yang ingin ikut mensalatkan pun diberikan izin untuk memasuki Gedung Pakuan. 

Jutaan Orang Tumpah Ruah di Jalan, Antarkan Eril 

Warga menyalatkan Eril.Warga menyalatkan Eril./ Foto: Sudirman Wamad/detikJabar

Hari ini, Senin (13/6) sekitar pukul 09.00 WIB jenazah Eril mulai dibawa ke Desa Cimaung untuk dikebumikan. Di depan dan sepanjang jalan Gedung Pakuan, Bandung jutaan orang tumpah ruah di jalan mengantarkan Eril untuk ke peristirahatan terakhirnya. 

Emmeril Kahn Mumtadz Dikembumikan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerok pasir ke liang lahat ErilGubernur Jabar Ridwan Kamil menyerok pasir ke liang lahat Eril/ Foto: Youtube Humas Jabar

Prosesi pemakaman putra sulung Ridwan Kamil ini dilaksanakan secara tertutup. Yang mana hanya dikhususkan untuk keluarga inti saja.

Lewati hampir 2 jam perjalanan, akhirnya sekitar pukul 11.00 WIB jenazah Eril pun sudah tiba di Desa Cimaung, Kabupaten Bandung.

Usai tiba, jenazah Eril langsung diazankan. Dan barulah sekitar pukul 11.10 WIB, mulai diturunkan ke peristirahatan terakhirnya.

Ridwan Kamil sebagai ayah, sempat menyerok tanah pertama ke liang lahat Eril. Prosesi pun dilanjutkan dengan penutupan liang lahat, pemanjatan doa sampai penaburan bunga, dan air di atas makam.

Setelah prosesi pemakaman usai, Ridwan Kamil menyampaikan beberapa patah kata di hadapan keluarga dan media. Ia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Joko Widodo dan seluruh pihak yang telah membantu, hingga akhirnya kini Eril bisa beristirahat dengan tenang. 

Kolase Keluarga Ridwan Kamil Sungai AareKolase Keluarga Ridwan Kamil Sungai Aare/ Foto: kolase foto @emmerilkahn dan Twitter Atalia

Dengan penuh ketegaran, Ridwan Kamil pun menyampaikan bagaimana sosok Eril di matanya, keluarganya, dan teman-temannya. Pria berusia 23 tahun ini dikenal dengan sangat baik di lingkungannya ini. Terakhir, ia sangat bersyukur dianugerahi Eril.

"Terakhir, kami sangat bersyukur dianugerahi seorang putra yang dalam hidupnya, bahkan dalam kepulangannya masih mendatangkan cinta kepada kami. Terimakasih, hatur nuhun," tutup Ridwan Kamil.

"Kami sekeluarga sudah sangat ikhlas dan tenang. Kami sebagai orangtua menyampaikan terimakasih dan meminta doanya. Nanti di lain waktu, kita bisa bercerita lagi," kata Ridwan Kamil, sesaat sebelum pulang. 

Lalu, Ridwan Kamil pun sempat meminta doa dan dukungan agar Masjid Al Mumtadz, yang dibuat khusus untuk sang putra tercinta bisa diselesaikan dengan baik dan jadi berkah.

Selanjutnya, untuk masyarakat umum yang ingin berkunjung dan mendoakan Eril di area pemakaman, bisa datang usai prosesi hari ini selesai, atau mulai besok Selasa - Minggu, pukul 08.00 - 17.00 WIB. 

Yang perlu jadi catatan, selalu jaga ketertiban dan kesopanan jika kamu ingin berkunjung ya, Beauties.

Terakhir, selamat jalan, Eril.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id