sign up SIGN UP

Fasilitas Simpel Tapi 'Brilian' dari Korea Selatan Ini Ternyata Bikin Hidup Jadi Lebih Mudah!

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 13:30 WIB
Fasilitas Simpel Tapi 'Brilian' dari Korea Selatan Ini Ternyata Bikin Hidup Jadi Lebih Mudah!
Ilustrasi tempat makan di Korea Selatan/ Foto: istockphoto.com/zencration
Jakarta -

Korea Selatan kerap menarik perhatian masyarakat mulai dari dunia hiburannya, budaya sehari-hari, makanan khas, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu?

Ternyata ada beberapa ide fasilitas yang terbilang simpel namun brilian yang diterapkan di Korea, serta bikin hidup jadi lebih mudah dan nyaman jika dilakukan sehari-hari.

Penasaran ada fasilitas simpel dan brilian dari Korea Selatan apa saja? Melansir dari Business Fondue, yuk cek selengkapnya berikut ini!

Memakai Sarung Tangan Plastik Saat Makan Makanan Berminyak

Ilustrasi makan dengan sarung tangan plastikIlustrasi makan dengan sarung tangan plastik/ Foto: koreaboo.com

Ketika menonton drama Korea, kamu pasti pernah menyaksikan adegan di mana orang-orang mengonsumsi ayam goreng pedas dengan sarung tangan plastik yang menutupi tangan mereka.

Ternyata, ide simpel yang satu ini justru bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, lho, terutama untuk menjaga kebersihan saat mengonsumsi makanan, seperti makanan berminya misalnya.

Biasanya, orang-orang Korea memakai sarung tangan plastik ketika mengunjungi restoran untuk mengonsumsi ayam goreng atau daging panggang. Selain itu, di restoran lain yang menyediakan pizza atau hamburger, para pelanggan akan diberikan sarung tangan plastik yang disebut 'Finger Nap', di mana sarung tangan tersebut akan menutupi dua jari yang biasa digunakan saat mengonsumsi pizza.

Menyediakan Rice Cooker di Hotel

Ilustrasi rice cookerIlustrasi rice cooker/ Foto: Getty Images/iStockphoto/choochart choochaikupt

Sama seperti masyarakat Asia lainnya, nasi menjadi bahan pokok yang nggak boleh dilewatkan bagi orang Korea Selatan. Karena hal tersebut, kamu bisa menemukan rice cooker di hotel atau guest house lainnya ketika berkunjung ke Korea Selatan, Beauties.

Kalau biasanya kita akan memesan makanan lewat layanan kamar, dengan adanya rice cooker di hotel pun kita jadi bisa memasak makanan yang kita inginkan dan nggak ada di menu hotel. Wah, kelihatannya seru banget, ya!

Tempat untuk Charge Ponsel di Halte Bus dan Toilet

Tidak memainkan ponsel saat di chargeIlustrasi charge ponsel/ Foto: pexels.com

Di Indonesia, mungkin kamu bisa menemukan tempat untuk charge ponsel di stasiun KRL, di dalam restoran dan kafe, atau tempat-tempat tertentu yang menyewakan peminjaman power bank. Namun, di Korea Selatan sendiri disediakan tempat untuk charge ponsel di halte bus bahkan di toilet, lho.

Selain di halte bus, beberapa halte subway di Korea Selatan menyediakan tempat untuk charge ponsel, hingga menyediakan kabel charger-nya pula. Praktis banget kan, terutama untuk masyarakat yang memang menggunakan bus atau subway untuk transportasi mereka sehari-hari!

Menyediakan Air Mineral Gratis

Dampak Bagi Tubuh Jika Kurang Minum Air Putih / Foto: Freepik.com/author/freepikIlustrasi air mineral/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Ketika memasuki restoran tertentu, biasanya pemilik restoran akan menyediakan botol berisi air mineral beserta beberapa gelas di setiap meja. Ternyata, air mineral itu gratis dan memang ditujukan untuk setiap pelanggan yang akan makan di restoran tersebut.

Wah, lumayan banget ya untuk yang ingin menghemat pengeluaran!

Robot Pemandu di Bandara

Robot pemandu di bandara IncheonRobot pemandu di bandara Incheon/ Foto: youtube.com/BrianL

Di Korea Selatan, kamu bisa menemukan robot pemandu yang akan membantu kamu ketika berada di bandara, khususnya bandara Incheon, Seoul, Korea Selatan. Robot tersebut diberi nama Airstar yang biasanya ada di pintu keberangkatan dan pintu kedatangan.

Bahkan, bandara Incheon diklaim menjadi bandara pertama yang menyediakan fasilitas robot pemandu, lho. Lewat robot Airstar, para pengunjung di bandara bisa memanfaatkan touchscreen di robot tersebut untuk men-download map bandara atau check in, memandu pengunjung ke gate pesawat mereka, mengambil foto pengunjung dan mengirimnya ke email mereka, dan masih banyak lagi.

Kira-kira, kamu ingin mencoba fasilitas yang mana nih, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id