Pernah nggak kamu sedang menggulir feeds atau story instagram dan kamu merasa seakan-akan semua orang sedang bersenang-senang, kecuali kamu? Tren baru beredar di sekitar kamu dan kamu ingin mengikutinya juga, atau brand favorit kamu baru aja launching produk baru dan terbatas, kamu dibuat penasaran dan nggak mau ketinggalan.
Fenomena psikologis tersebut dikenal dengan FOMO atau fear of missing out.
Arti FOMO adalah suatu keadaan yang menggambarkan rasa gelisah seseorang jika ketinggalan tren atau suatu hal yang menyenangkan. Singkatnya, FOMO memiliki arti “takut ketinggalan”. Konsep fear of missing out atau FOMO sebenarnya sudah ada sedari dulu sebelum adanya internet dan media sosial, dan kemudian kata tersebut dikenal dan ditambahkan ke Oxford English Dictionary pada tahun 2013.
Dalam pemasaran, FOMO dimanfaatkan untuk membuat calon konsumen melakukan pembelian dengan lebih cepat. Sebab kalau nggak cepat, mereka akan ketinggalan sesuatu. Entah itu diskon, stok yang terbatas, atau yang lainnya. Berikut adalah 4 strategi marketing FOMO yang terbilang efektif
Manfaatkan Kelangkaan dan Ciptakan Urgensi
Diskon menciptakan urgensi / unsplash.com/ tamanna rumee |
Pernahkah kamu membeli sesuatu dari flash sale, bahkan saat kamu nggak benar-benar membutuhkannya? Atau kamu membeli sesuatu karena kamu takut kehabisan koleksi terbatas? Adanya urgensi dan keterbatasan stok memicu rasa takut kehilangan dan secara konsisten menarik perhatian konsumen untuk melakukan transaksi.
Ciptakan Eksklusifitas
Membership / unsplash.com |
Tergabung dalam grup eksklusif membuat seseorang merasa istimewa karena mendapatkan keuntungan atau penawaran yang terbatas dan hanya untuk mereka sendiri. Strategi marketing ini akan membuat pelanggan lainnya merasa iri dan membangkitkan FOMO. Pada akhirnya, mereka terdorong untuk bergabung dalam program eksklusif untuk mendapatkan keuntungan ketika membeli produk dari program tersebut.
Ciptakan Rasa Kompetitif
Hadiah terbatas / freepik.com/ rawpixel |
Hal termudah untuk membangkitkan FOMO adalah dengan menciptakan kompetisi. Kompetisi yang diadakan oleh suatu brand mendorong seseorang untuk mengubah FOMO menjadi sebuah aksi. Adakan giveaway, atau kontes dengan hadiah yang menarik untuk meningkatkan persaingan audiens.
Selain membangun atmosfer kompetitif, giveaway dan kontes di media sosial juga dapat meningkatkan brand awareness, yang kemudian juga dapat menaikkan penjualan dari brand itu sendiri.
Tunjukkan Testimoni Pelanggan
Testimoni pelanggan / freepik.com/freepik |
Testimonial adalah teknik marketing terpenting yang dapat diletakkan di situs web, media sosial, atau pada jenis komunikasi pemasaran lainnya. Alasannya adalah testimoni memberi audiens suatu dorongan untuk membeli sebuah produk atau layanan tertentu.
Konsumen secara alami saling percaya terhadap testimoni pelanggan dibanding dari marketing suatu brandnya sendiri. Sehingga, testimonial mengambil peran penting dalam keputusan yang mereka buat.