Fokus adalah salah satu hal yang penting demi menyelesaikan sebuah tugas atau pekerjaan. Makin fokus dirimu, makin produktif dan banyak pula tugas yang bisa kamu kerjakan.
Tidak mengherankan jika gagal fokus akan membuat seseorang sulit produktif. Untungnya, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan trik meningkatkan konsentrasi di bawah ini, dilansir dari Better Up!
Mengurangi Gangguan
Ilustrasi produktivitas (Foto: Unsplash/Josefa nDiaz) |
Semua gangguan yang ada di sekitarmu adalah sebuah informasi yang harus diterjemahkan oleh otak. Itulah yang membuat kamu sulit untuk fokus pada hal yang seharusnya kamu kerjakan ketika ada banyak gangguan di sekitar.
Oleh karena itu, ketika harus berkonsentrasi, cobalah untuk meminta waktu sendirian atau pergi ke tempat seperti perpustakaan, kafe yang tenang, hingga ruang pribadi. Jauhi media sosial dan aplikasi lain, senyapkan notifikasi, dan sembunyikan ponsel di tas.
Kurangi Multitasking
Ilustrasi produktivitas (Foto: Unsplash/Tina Witherspoon) |
Banyak orang berpikir bahwa berusaha untuk mengerjakan berbagai aktivitas sekaligus membuat mereka produktif. Namun, pada kenyataannya, hal itu hanya akan membuatmu gagal fokus, menghilangkan konsentrasi, dan menurunkan produktivitas.
Contoh multitasking yang dimaksud di atas meliputi mendengarkan lagu sambil membalas email atau berbicara di telepon sambil menulis laporan. Tindakan multitasking seperti itu tidak hanya akan menghalangi fokusmu, tetapi juga menurunkan kualitas pekerjaanmu.