STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Gaji Kamu Cuma Numpang Lewat? Ikuti Kiat Mudah agar Bisa Menabung Setiap Bulannya Ini, yuk!

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Rabu, 30 Nov 2022 12:30 WIB
Gaji Kamu Cuma Numpang Lewat? Ikuti Kiat Mudah agar Bisa Menabung Setiap Bulannya Ini, yuk!

Akhirnya akhir bulan pun tiba, yang berarti waktunya gajian, waktunya bersenang-senang menikmati jerih payah hasil kerja keras selama satu bulan ini. Eh, tapi perlu diingat jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk masuk ke tabungan.

Apa? Nggak bisa? Karena gajinya numpang lewat doang? Wah masalah besar, nih. Sepertinya Beauties perlu membaca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui bagaimana cara menabung gaji setiap bulannya supaya tidak numpang lewat saja. Yuk, ini dia pembahasan lengkapnya.

1. Buat Rencana Keuangan Bulanan

kalkulator,uang,celengan,struk
Rencana menabung/ foto: Freepik/ rawpixel.com

Menyusun rencana keuangan sangat diperlukan sebagai langkah awal cara menabung sebagian dari gaji. Umumnya banyak yang menganjurkan untuk mengatur uang sebanyak 50% untuk biaya hidup primer, 30% untuk biaya hidup sekunder (gaya hidup dan yang menyenangkan diri sendiri), terakhir 20% untuk ditabung.

Ketika Beauties menghabiskan uang, jangan lupa untuk mencatatnya dalam pengeluaran. Sehingga, catatan tersebut bisa digunakan sebagai referensi untuk membuat rencana keuangan di bulan selanjutnya, juga jadi bisa tahu ke mana saja aliran uangmu.

Bila masih memungkinkan, kamu bisa membandingkan lalu mengurangi hal-hal yang menurut Beauties masih bisa dihemat lagi. Menurut Money Clubber, perhatikan beberapa hal ini dan pilihlah bagian mana saja yang kira-kira bisa diakali:

  • Biaya transportasi setiap harinya. Cenderung lebih murah kalau kamu memilih naik KRL dan Transjakarta misalnya.
  • Paket internet, data, dan pulsa handphone. Cek mana yang menjadi kebutuhan.
  • Belanja online dan belanja grosir untuk kebutuhan harian.
  • Biaya hiburan (jalan-jalan, subscribe platform hiburan). Bila jarang atau hampir tidak lagi tersentuh, lebih baik berhenti berlangganan.
  • Tagihan listrik. Menggunakan AC hanya di malam hari misalnya.
  • Biaya makan di luar.
  • Tagihan kartu kredit.

2. Usahakan untuk Jangan Berutang

menghitung uang
Jangan berhutang/ foto: Freepik/ rawpixel.com

Cara kedua untuk bisa menabung gaji supaya tidak langsung habis adalah jangan berhutang, baik itu uang atau pay later untuk membeli barang. Awalnya memang terasa enak, ada uang banyak atau ketika bisa membeli barang baru dengan pay later.

Namun, setelah itu gaji Beauties akan terpotong tiap bulannya hanya untuk mencicil hutang dan berakhir habis tanpa kelihatan bentuknya. Sebaiknya hindari terperangkap dalam utang dan menghindarinya, kecuali Beauties dalam keadaan benar-benar membutuhkan.

Pikirkan baik-baik sebelum membeli sesuatu barang, apakah ini benar-benar dibutuhkan atau hanya untuk memenuhi keinginan yang tidak terlalu penting saja. Satu lagi, jangan pernah memaksakan diri jika keuangan sedang tidak memungkinkan ya, Beauties.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE