sign up SIGN UP

Hanya Keluarkan Budget Sedikit, Film Korea Ini Justru Raih Untung Besar Hingga Banyak Penghargaan

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Beautynesia
Sabtu, 28 Aug 2021 18:30 WIB
Hanya Keluarkan Budget Sedikit, Film Korea Ini Justru Raih Untung Besar Hingga Banyak Penghargaan
caption

Meski banyak film yang bermodalkan biaya besar dalam hal produksi serta casting pemain, ternyata hal tersebut tak menjamin kesuksesan film akan diraih. Banyak faktor yang membuat suatu film dapat meraih popularitas serta keuntungan yang besar dari penayangannya. Lebih dari hanya modal yang besar, kualitas cerita, pengarahan, serta kualitas akting para pemerannya merupakan poin paling penting.

Tak jarang meski memiliki budget rendah, beberapa film justru mencapai kesuksesan yang tak terbayangkan sebelumnya. Khususnya bagi film-film independent atau film indie yang diproduksi serta dipasarkan secara independent.

Di antara sederet film indie yang sukses, film Korea ini berhasil memenangkan penghargaan bergengsi bahkan menarik ratusan ribu penonton kurang dari 10 hari penayangannya di Bioskop.

Movie Poster
Han Gong Ju/Official Movie Poster

Dirilis pada 2014, film karya penulis serta sutradara Lee Su Jin ini mampu melampaui 100.000 penjualan tiket di box office Korea Selatan dalam 9 hari pertama perilisannya. Selanjutnya, dari hari peluncurannya pada 17 April hingga 25 April 2014, film ini telah terjual sebanyak 104.976 tiket.

Pencapaian ini berhasil mengalahkan banyak film indie terkenal lainnya seperti Breathless dan Bedevilled.

Han Gong Ju
Han Gong Ju/Movie Still Cut

Han Gong Ju merupakan film yang memiliki plot utama kisah berdasarkan kisah suatu kejadian nyata. Film ini berawal dari Han Gong-Ju yang diperankan aktris Chun Woo-Hee, dibawa ke sebuah rumah di daerah asing. Rumah itu milik ibu mantan guru sekolah menengahnya.

Sang ibu ingin tahu mengapa anaknya meninggalkan Han Gong-Ju di sana, padahal dia berjanji hanya akan berada di sana selama seminggu. Investigasi polisi sedang berlangsung di kampung halaman Han Gong-Ju. Dari sini, kisah misteri di balik masa lalu Han Gong Ju akan terungkap secara perlahan dan menyakitkan.

Han Gong Ju
Han Gong Ju/Movie Still Cut

Aktris Chun Woo Hee mengeksekusi tokoh Han Gong Ju dengan sangat baik. Aktingnya mendapat banyak pujian serta tepuk tangan publik. Ia bahkan dianugerahi penghargaan Best Actrees dalam Blue Dragon Film Awards 2014, serta Korean Association of Film Critics Awards 2014 (34th). Dalam Baeksang Arts Award pun, Chun Woo Hee mendapatkan Best New Actress 2015 kategori Film.

Dalam salah satu interview bersama Jae Jae di MTMG, Aktris Chun Woo Hee mengaku jika bahkan pihak produksi tak memiliki budget untuk melakukan pemotretan poster jadi hanya mengambil salah satu adegan sebagai poster. Meski begitu, hal tersebut kini berbuah manis dan menjadi sebuah kesuksesan besar untuk kru film Han Gong Ju.

Wah, walau film budget rendah, ternyata kualitasnya tak main-main ya, Beauties! 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id