
Hati-Hati, Kebiasaan Sepele Ini Malah Bikin Diri Sendiri Terlihat Tidak Profesional

Saat akhir pekan dan saat dalam lingkungan kantor, harus membuat perbedaan dalam kebiasaan. Karena hal ini ada di dunia yang bertolak belakang. Berada di lingkungan kantor harus menunjukkan sikap dan perkataan yang profesional sehingga kredibilitas diri semakin tinggi.
Kebiasaan di luar jam kantor sebaiknya tidak dibawa ke lingkungan kerja. Karena tidak semua kolega dapat menerima hal ini. Oleh karena itu, cobalah berhati-hati dan hindari kebiasaan berikut ini yang akan membuat diri sendiri terlihat tidak profesional.
Memegang handphone setiap saat
![]() Memegang handphone setiap saat/freepik.com |
Menerima panggilan telepon masih bisa dimengerti, namun tidak untuk memegang handphone setiap saat. Meskipun memiliki kehidupan lain di luar kantor, namun saat jam kerja harus fokus kepada tanggung jawab. Cobalah untuk meletakkan handphone jauh dari jangkauan, aktifkan mode silent selama bekerja, dan bisa memegang handphone ketika jam istirahat.
Bergosip dengan rekan kerja
![]() Bergosip dengan rekan kerja/freepik.com |
Bergosip dengan rekan kerja selama di kantor adalah hal yang salah dan tidak profesional. Ada waktu dan tempat tersendiri untuk melakukannya. Jagalah hubungan baik dengan semua orang di lingkungan kantor, hal ini akan menguntungkan diri sendiri.
Namun jangan terlalu membicarakan hal yang detail kepada rekan kerja, karena tidak ada yang tahu ke depannya. Mereka akan tetap menjaga rahasia atau mungkin menjatuhkan dengan informasi tersebut.
Tempat bekerja yang tidak rapi
![]() Tempat bekerja yang tidak rapi/freepik.com |
Tempat bekerja seseorang merepresentasikan sifat sebenarnya lho. Maka dari itu, jagalah kebersihan dan tata rapi meja bekerja. Jangan sampai karena sibuk menyelesaikan pekerjaan namun tempat bekerja jadi tidak karuan. Coba luangkan waktu lima hingga sepuluh menit untuk membersihkan meja, tata barang sesuai tempat serta fungsi, dan letakkan storage agar bisa menyimpan berbagai alat kerja.
Tidak mengikuti kode berpakaian
![]() Tidak mengikuti kode berpakaian/freepik.com |
Setiap kantor memiliki aturan yang mengikat para pegawainya termasuk cara berpakaian. Meskipun bekerja di bidang kreatif, terkadang ada yang melarang pegawainya berpakaian terlalu santai hingga mewarnai rambut. Dengan mengikuti kode pakaian perusahaan akan mencegah dari teguran atasan, rasa canggung, dan konfrontasi di depan kolega lain.