sign up SIGN UP

Ide Investasi: Koleksi Koin dan Uang Kuno karena Bisa Dijual Lagi dengan Harga Selangit!

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 17 Sep 2021 06:00 WIB
Ide Investasi: Koleksi Koin dan Uang Kuno karena Bisa Dijual Lagi dengan Harga Selangit!
caption
Jakarta -

Belakangan ini beredar kabar, kalau uang cetakan lama atau jadul bisa dijual lagi dengan harga yang tinggi.

Fenomena ini sebenarnya nggak terbilang baru, Beauties. Uang kuno ini memang banyak dicari bagi kolektor yang mencintainya maupun kebutuhan mahar.

Kisah Kolektor Uang Kuno

Uang kuno banyak diburu untuk kebutuhan mahar atau kolektor. Jika anda ingin mendapatkanya, datanglah ke kawasan pertokoan Pasar Baru, Jakarta Pusat.Uang kuno banyak diburu untuk kebutuhan mahar atau kolektor. Jika anda ingin mendapatkanya, datanglah ke kawasan pertokoan Pasar Baru, Jakarta Pusat./ Foto: Pradita Utama

Adalah Toying Nasirudin Nawawi. Ia punya hobi unik yakni mengoleksi uang kuno, dan menekuninya sejak 2006. Dirinya pun mengaku punya koleksi uang dari tahun 1612, lho!

"Koleksi ini bagi saya investasi, bisa menghasilkan cuan," katanya seperti dikutip dari detikFinance.

Dirinya menuturkan, bagi para pemburu uang kuno, uang jadul ini jadi barang langka dan bisa dihargai sangat mahal.

"Uang yang bergambar Soekarno biasanya per lembar Rp1 juta, tergantung kondisi uang, nomor seri dan banyaknya barang, semakin sedikit yang punya semakin mahal," ucapnya.

Uang Jadul Rp100 Ribu Dijual Rp40 Juta

Koleksi uang kuno. dikhy sasra/ilustrasi/detikfotoKoleksi uang kuno. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto/ Foto: dikhy sasra

Anas, panggilan akrabnya, bercerita pernah menjual uang plano bergambar Soekarno seharga Rp40 juta, padahal dirinya mendapat uang tersebut seharga Rp22 juta saa lelang. Nggak nyangka banget ya, Beauties.

Uang plano itu sendiri adalah uang bersambung, bisa terdiri dari dua lembar atau lebih uang yang sengaja dicetak tanpa memotong kertasnya, jadi uang-uang tersebut bergandengan satu sama lain.

Uang tersebut sengaja dicetak dan dalam jumlah terbatas, memang untuk konsumsi para kolektor, walaupun merupakan alat pembayaran yang sah.

Bagi para kolektor yang memang menyenangi hal ini, uang kuno itu sendiri dinilai punya keunikan tersendiri. Juga ada kepuasan kalau bisa memilikinya.

Koin Jadul Banyak Dijual di E-commerce

Pemerintah akan secara berkala memperbarui cetakan mata uang yang beredar. Karena sudah tidak dicetak lagi inilah seperti yang telah disebutkan di atas, karena kondisinya langka, maka membuat orang yang berburunya rela mengeluarkan uang yang terbilang banyak.

Mengutip dari detikFinance, ada toko online yang menjual uang logam Rp1000 bergambar kelapa sawit seharga Rp150 juta! Ada juga yang menjual uang kertas lama Rp500 bergambar orang utan di harga Rp100 juta.

Bagaimana menurutmu, Beauties? Tertarik untuk mengoleksi sejumlah uang jadul atau keluaran sekarang untuk investasi jangka panjang?


Our Sister Site

mommyasia.id