STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Ide Permainan Tradisional untuk Rayakan 17 Agustus dari Rumah, Bikin Nostalgia Aja!

Meydiana Adinda | Beautynesia
Senin, 16 Aug 2021 11:30 WIB
Ide Permainan Tradisional untuk Rayakan 17 Agustus dari Rumah, Bikin Nostalgia Aja!

Perayaan hari kemerdekaan tidak akan lengkap tanpa berbagai lomba 17 Agustus-an. Namun karena pandemi belum selesai, tentu kita tidak bisa merayakannya di luar seperti dulu. Saat ini, kita disarankan untuk beraktivitas dari rumah saja.

Meskipun di rumah saja, bukan berarti kita tidak bisa merayakan hari kemerdekaan kan? Kita bisa bermain dan seru-seruan bareng keluarga di rumah. Biar makin asik, pilihlah permainan tradisional yang sering kamu mainkan sewaktu kecil dulu. Bisa sekalian nostalgia, kan!

Kalau kamu lupa-lupa ingat dengan ragam permainannya, boleh banget baca artikel ini. Beautynesia akan ajak kamu nostalgia dengan berbagai permainan tradisional berikut!

1. Congklak

Permainan tradisional
Permainan tradisional congklak/foto: instagram.com/moseloapp

Kamu pasti ingat dengan permainan satu ini kan? Congklak merupakan permainan satu lawan satu dengan menggunakan papan congklak dan 98 buah biji congklak. Para pemain harus mengisi “rumah” congklaknya dengan biji sebanyak mungkin.

Sebelum bermain, setiap lubang akan diisi dengan 7 biji congklak. Kemudian secara bergantian pemain memilih satu lubang dan menjalankan bijinya berlawanan dengan jarum jam.

Permainan akan berakhir ketika salah satu pemain kehabisan biji congklaknya. Pemenang ditentukan dari jumlah biji yang dimiliki, yang terbanyak adalah pemenang.

2. Lompat Tali Merdeka

Permainan tradisional
Permainan tradisional lompat tali merdeka/foto: keluargacaplang.com

Semasa SD dulu pasti kamu sering bermain lompat tali merdeka kan, Beauties? Kamu juga bisa lho memainkan ini bersama adik, anak, atau keponakanmu. Kamu bisa membuat tali dengan karet gelang yang ada di rumahmu.

Untuk memainkannya, kamu perlu membagi anggota keluargamu menjadi dua regu. Kemudian pilih dua orang untuk memegang tali.

Nah, tim yang bermain akan melompati tali secara bergantian. Semakin lama, ketinggian tali akan semakin dinaikkan. Mulai dari setinggi perut, dada, telinga, kepala, hingga setinggi tangan yang diangkat di atas kepala.

3. Engklek

Permainan tradisional
Permainan tradisional engklek/foto: keluargacaplang.com

Permainan ini memiliki penamaan yang berbeda di setiap daerah. Istilah Engklek berasal dari Jawa, di Riau permainan ini akrab dengan nama Setatak, sedangkan di Jambi disebut Tejek-tejekan.

Permainan tradisional ini adalah permainan lompat-lompatan di atas tanah yang digambar kotak-kotak. Pemain harus melompat dengan satu kaki dari kotak satu ke kotak berikutnya.

Sebelum melompat, pemain yang bergiliran melompat harus melempar batu ke dalam kotak-kotak sesuai urutannya. Permainan ini bisa kamu mainkan satu lawan satu atau berkelompok.

4. Bakiak

Permainan tradisional
Permainan tradisional bakiak/foto: instagram.com/museumtani

Ingin menguji kekompakan keluargamu? Bisa coba mainkan permainan tradisional ini. Permainan ini menggunakan selop panjang yang bisa digunakan oleh 3-5 orang.

Cara bermainnya adalah para pemain harus melangkah bersama sejauh dan secepat mungkin dengan menggunakan bakiak. Semakin kompak langkah timmu, maka semakin cepat kalian bisa berjalan dan memenangkan permainan.

Nah, itu dia empat permainan tradisional seru yang bisa kamu mainkan bersama keluarga. Yuk, rayakan hari kemerdekaan dengan suka cita, meski di rumah aja!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE