BILLBOARD
970x250

Ingin Lulus Cumlaude? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Kuliah

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Senin, 04 Jul 2022 13:45 WIB
Ingin Lulus Cumlaude? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Kuliah

Cumlaude merupakan predikat atau predikat kehormatan yang sering digunakan dalam perguruan tinggi. Biasanya, predikat ini  diberikan kepada mahasiswa yang lulus dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas 3,5 dan sudah memenuhi beberapa persyaratan lainnya sehingga bisa menerima predikat cumlaude. 

Berhubung, predikat ini nggak bisa diberikan secara sembarangan karena begitu istimewa sehingga menjadi rasa kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa yang berhasil meraih predikat cumlaude saat kelulusan nanti. Jadi, nggak heran kalau banyak mahasiswa yang bekerja keras demi mendapatkan predikat cumlaude. 

Nah, buat kamu yang juga ingin lulus dengan predikat cumlaude, yuk, ikuti beberapa tips berikut ini. 

Memaksimalkan Nilai di Setiap Mata Kuliah

Maksimal nilai di semua mata kuliah
lulus cumlaude/Foto: pexels.com/Tirachard Kumtanom

Salah satu syarat agar bisa lulus cumlaude adalah nggak ada mengulang mata kuliah. Jadi, kalau kamu mau lulus dengan predikat ini, maksimalkan nilai di setiap mata kuliah. Ya, paling kecil dapat B, deh, dan usahakan nggak ada mata kuliah yang harus diulang di semester berikutnya.

Mencari Cara Belajar yang Efektif

Mencari cara belajar yang efektif
mahasiswa belajar kelompok/Foto: pexels.com/Ivan Samkov

Setiap orang punya cara belajarnya masing-masing. Ada yang sambil mendengarkan musik, belajar kelompok, dan sebagainya. Nah, supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus dalam setiap mata kuliah, kamu harus mencari cara belajar yang paling efektif di kamu.

Misalnya, ketika ada mata kuliah yang sulit banget, kamu mungkin bisa belajar bareng teman yang sudah ahli dalam mata kuliah tersebut. 

Jangan Sering Absen

Jangan sering absen jika ingin lulus cumlaude
mahasiswa lulus cumlaude/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang, rasa malas membuat mahasiswa lebih memilih untuk absen. Namun, hal ini sebaiknya kamu hindari jika ingin lulus dengan predikat cumlaude. 

Sebab, keseringan absen di kelas maupun praktikum bisa menjadi salah satu pertimbangan dosen untuk memberikan predikat cumlaude untukmu. Apalagi, di sebagian besar kampus, lebih dari tiga kali absen, biasanya mahasiswa nggak diizinkan untuk ikut ujian semester

Ini artinya kamu harus mengulang lagi di semester berikutnya. Padahal, salah satu syarat untuk bisa lulus cumlaude adalah nggak ada mata kuliah yang diulang. 

Menjadi Mahasiswa yang Aktif

Aktif di organisasi kampus
tips lulus cumlaude/Foto: pexels.com/Keira Burton

Nggak hanya aktif di dalam kelas saja, tapi usahakan kamu juga aktif di luar kelas. Caranya dengan mengikuti organisasi di kampus, seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Himpunan Mahasiswa, dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

Nggak perlu mengikuti semua organisasi kampus, kok cukup pilih salah satu atau beberapa saja. Sebab, terlalu sibuk dengan aktivitas di luar kelas sampai membuat kamu harus bolos kelas, justru akan membuat nilai turun. 

Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Tips lulus dengan predikat cumlaude
mahasiswa/Foto: pexels.com/Artem Podrez

Tips lulus cumlaude terakhir adalah kumpulkan tugas yang diberikan dosen tepat waktu. Sebab, hal ini bisa berpengaruh terhadap penilaian, lho

Selain mengumpulkan tugas tepat waktu, usahakan juga selalu mengerjakannya dengan baik dan jangan asal-asalan. Tugas yang dikerjakan dengan baik dan dikumpulkan tepat waktu, pasti akan memberikan kamu nilai yang bagus. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE