sign up SIGN UP

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Cobain 5 Sleep Hacks dari Berbagai Negara, yuk!

Retno Anggraini | Beautynesia
Sabtu, 30 Apr 2022 23:00 WIB
Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Cobain 5 Sleep Hacks dari Berbagai Negara, yuk!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu pernah merasa kesulitan untuk tidur nyenyak padahal tubuh merasa sangat lelah? Atau tidur nyenyak kamu terganggu karena merasa gelisah? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, seperti menggunakan air humidifier dengan aroma yang menenangkan.

Ternyata, di beberapa negara lain memiliki cara tersendiri untuk membuat tidur mereka lebih nyenyak. Melansir dari Healthline, berikut adalah 5 sleep hacks dari berbagai negara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Yuk, cobain!

Merendam Kaki dan Konsumsi Buah Jujube - Cina

Merendam kaki di air hangat
Merendam kaki di air hangat/Foto: Freepik.com/jcomp

Jika kamu menyukai spa, bisa coba cara ini. Sleep hacks yang berawal dari Traditional Chinese Medicine atau TCM dinilai sangat ampuh untuk menenangkan pikiran.

Caranya cukup mudah, cukup rendam kaki dengan air hangat. Jangan lupa tambahkan garam, minyak esensial seperti mawar atau lavender, dan herbal. Suhu yang hangat membantu menurunkan jumlah energi vital dalam pikiran dan membuat kamu merasa lebih rileks.

Selain merendam kaki, TCM juga menyarankan untuk konsumsi buah jujube karena dapat menenangkan pikiran dan emosi. Buah jujube sendiri mengandung saponin dan flavanoid yang mampu menekan perasaan stres dan meningkatkan relaksasi.

Menyeruput Susu Sereal Hangat - Swedia

Minum susu hangat
Minum susu hangat/Foto: Freepik.com/freepik

Orang-orang Swedia memiliki trik khusus untuk mendapatkan tidur nyenyak, yaitu meminum välling sebelum tidur. Välling merupakan minuman hangat yang mengandung susu dan sereal. Minuman ini kaya akan nutrisi dan juga mengenyangkan.

Susu hangat mengandung serotonin, triptofan, magnesium, dan melatonin yang dapat merangsang rasa kantuk sehingga mampu membuat tidur lebih nyenyak.

Uap Sauna - Finlandia

Melakukan sauna
Melakukan sauna/Foto: Freepik.com/gpointstudio

Sleep hacks selanjutnya berasal dari Finlandia, yaitu melakukan sauna sebelum tidur. Selain meningkatkan suhu tubuh dan menenangkan otot-otot tubuh, sauna sebelum tidur juga memiliki banyak manfaat, seperti meringankan depresi, mencegah radang sendi, dan mencegah gagal jantung kongestif.

Selain itu, pastikan untuk minum air yang cukup. Selama tubuh terhidrasi dengan baik saat melakukan sauna, kamu bisa menikmati tidur nyenyak dan berkualitas.

Tradisi Shikibuton - Jepang

Futon bed
Futon bed/Foto: Pinterest.com/ANIME Impulse

Jika kamu penikmat dorama Jepang, pasti tidak asing dengan tradisi ini. Orang Jepang selalu tidur menggunakan kasur futon yang digelar di lantai. Selain menghemat ruang, kasur futon juga memiliki manfaat kesehatan, salah satunya membuat tidur lebih nyenyak.

Orang-orang Jepang meyakini bahwa tidur dengan menggunakan kasur futon dapat bantu mencegah dan meringankan nyeri punggung bawah serta tulang belakang. Jika kamu ingin membelinya, belilah kasur futon yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, seperti kapas dan wol.

Minum Teh Chamomile - Inggris

Minum teh chamomile
Minum teh chamomile/Foto: Freepik.com/8photo

Masyarakat Inggris identik dengan kebiasaan minum teh, hal ini juga berlaku saat menjelang tidur. Salah satu teh yang direkomendasikan adalah teh chamomile. Teh ini terkenal akan kemampuannya untuk menenangkan pikiran.

Teh chamomile mengandung apigenin, senyawa yang mengikat reseptor di otak dan memicu rasa kantuk serta relaksasi. Teh ini menjadi penyelamat alami yang sangat baik untuk mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Itulah beberapa sleep hacks dari berbagai negara yang bisa kamu coba di rumah, Beauties. Kira-kira, sleep hacks dari negara mana yang mau kamu coba?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id