sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sederhana di Malam Hari Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmu, Sering Dilakukan?

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Selasa, 19 Apr 2022 20:00 WIB
5 Kebiasaan Sederhana di Malam Hari Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmu, Sering Dilakukan?
caption

Seringkali seseorang mempunyai kebiasaan buruk dalam hidupnya. Salah satunya kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Jika kualitas tidur terganggu, tentu hal tersebut akan berdampak bagi kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja kebiasaan yang dapat mengganggu kualitas tidur? Yuk langsung simak di bawah ini. 

1. Bermain Handphone Sebelum Tidur

Bermain handphone sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur.
Bermain Handphone Sebelum Tidur/ Foto: pexels.com/mikoto.raw Photographer  

Yups! Bermain handphone sebelum tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang, khususnya anak muda. Hal ini sering dilakukan saat seseorang masih belum mengantuk atau menunggu waktu sampai mengantuk.

Padahal, bermain handphone sebelum tidur malah bisa mengganggu kualitas tidurmu, lho. Karena cahaya yang keluar dari handphone dapat mempengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Alhasil, kamu pun akan lebih susah tidur. 

2. Minum Kopi Sebelum Tidur

Minum kopi sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur.
Minum Kopi Sebelum Tidur/ Foto: pexels.com/Engin Akyurt 

Kopi memang menjadi salah satu minuman favorit anak muda. Tak heran, banyak anak muda yang berkumpul dengan temannya di malam hari sambil ditemani secangkir kopi.

Padahal seperti yang telah diketahui, bahwa minum kopi di malam hari atau sebelum tidur dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Hal ini akan membuatmu menjadi terjaga sepanjang malam. 

3. Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur.
Makan Sebelum Tidur/ Foto: pexels.com/cottonbro 

Makan sesaat sebelum tidur nyatanya juga dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Selain bisa membuat berat badan naik, makan sebelum tidur dapat membuat tidur tidak nyenyak lantaran harus terbangun di tengah malam untuk membuang air besar atau air kecil.

4.  Tidur dengan Perut Kosong

Tidur dengan perut kosong dapat mengganggu kualitas tidur.
Tidur dengan Perut Kosong/ Foto: pexels.com/jamie he 

Selanjutnya, tidur dengan keadaan perut kosong juga akan membuat tidurmu menjadi tidak nyenyak. Selain itu, kamu pun juga perlu menghindari makan malam terlalu banyak. Pasalnya, tidur dengan perut yang terlalu kenyang juga membuat tidur tidak nyenyak.

5. Bekerja Sampai Larut Malam

Bekerja hingga larut malam mengganggu tidur.
Bekerja Sampai Larut Malam/ Foto: pexels.com/josue Verdejo 

Entah itu karena terlalu sibuk dengan banyaknya pekerjaan, ataukah akibat menunda-nunda pekerjaan hingga dapat selesai tengah malam, tapi apapun itu dapat membuat pola tidur menjadi tidak teratur. Alhasil kamu akan sulit untuk tidur nyenyak. 

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan banyak orang namun dapat mengganggu kualitas tidur. Jika kamu termasuk salah satunya, ayo mulai perbaiki dari sekarang. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id