sign up SIGN UP

4 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Dipercaya Ampuh Bikin Cepat Langsing, Wah Beneran?

Zeyra Haya | Beautynesia
Sabtu, 19 Mar 2022 11:00 WIB
4 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Dipercaya Ampuh Bikin Cepat Langsing, Wah Beneran?
caption

Secara umum, menjaga bentuk tubuh dan berat badan dilakukan dengan melakukan diet dan olahraga rutin. Namun siapa sangka, beberapa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari juga dapat membantu.

Pakar kesehatan mengatakan, berat badan berkaitan erat dengan pola tidur. Karena semakin baik kualitas tidurmu, maka akan semakin mudah upaya kamu untuk menurunkan berat badan. Beberapa kebiasaan sebelum tidur pun turut bisa membantumu menurunkan berat badan secara cepat.

Bikin Cepat Langsing, Lakukan 4 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur!

Mencoba berbagai tips diet tentu sudah banyak dilakukan para perempuan. Namun tahukah kamu, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang bisa kita lakukan pada aktivitas keseharian justru dapat membantu menurunkan berat badan.

Beauties, berikut adalah beberapa kebiasaan sebelum tidur yang ternyata bisa efektif membuat kita cepat langsing. Simak yang berikut ini ya!

1. Tidak Makan Terlalu Malam

Hindari makan terlalu malam untuk membantu proses diet/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Hindari makan terlalu malam untuk membantu proses diet/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan mengatur waktu makan menjadi salah satu jalan ninja agar kamu cepat kurus. Salah satunya adalah tidak makan terlalu malam. Usahakan tidak makan malam terlalu dekat dengan jam tidur dan jangan makan terlalu banyak agar kualitas tidurmu dapat tetap terjaga.

Seorang ahli gizi, Charlotte Harrison menjelaskan, waktu makan memiliki banyak pengaruh.

"Waktu makan memiliki banyak pengaruh pada ritme sirkadian kita, jadi menjadwalkan waktu makan sangat penting," katanya.

Penelitian terbaru juga menemukan bahwa pemecahan lemak pada malam hari cenderung lebih sedikit ketimbang di siang hari.

2. Minum Teh Chamomile

Selain bikin cepat kurus, kebiasaan minum teh Chamomile di malam hari juga baik untuk meningkatkan kualitas tidur/Foto: pexels.com/JESHOOT.com
(Selain bikin cepat kurus, kebiasaan minum teh Chamomile di malam hari juga baik untuk meningkatkan kualitas tidur/Foto: pexels.com/JESHOOT.com)

Minum teh hangat sebelum tidur diketahui baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Banyak jenis teh yang baik dikonsumsi, salah satunya teh chamomile.

Teh chamomile mengandung fitokimia bioaktif yang mana dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, teh chamomile juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan gangguan pencernaan. Maka dari itu, tak hanya efektif bikin tidur jadi lebih nyenyak, kebiasaan minum teh chamomile sebelum tidur juga jadi salah satu cara cepat kurus.

3. Tidak Minum Kafein di Sore Hari

Bahaya turunkan kualitas tidur, jangan konsumsi kafein di sore hari/Foto: pexels.com/Vlada Karpovich
(Bahaya turunkan kualitas tidur, jangan konsumsi kafein di sore hari/Foto: pexels.com/Vlada Karpovich)

Kafein menetap pada tubuh selama kurang lebih 6-9 jam. Mengkonsumsi kafein pada siang hari memang baik untuk meningkatkan fokus dan menaikkan mood. Namun, hindari meminum kafein pada sore hari.

Meminum kafein di sore hari akan menyebabkan waktu tidurmu terganggu. Kehilangan kualitas dan waktu tidur kemudian akan memicu hormon nafsu makan meningkat sehingga membuat kita lapar di malam hari. Sebab itu, biasakan untuk tidak mengkonsumsi kafein di sore hari atau mendekati jam tidur ya, Beauties!

4. Atur Waktu Tidur

Kebiasaan tidur teratur tak hanya baik untuk menjaga kesehatan, namun juga efektif membantu menurunkan badan/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto
(Kebiasaan tidur teratur tak hanya baik untuk menjaga kesehatan, namun juga efektif membantu menurunkan badan/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kurang tidur terbukti banyak membawa dampak buruk bagi kesehatan. Selain dapat menurunkan fungsi otak, kurang tidur juga dapat menyebabkan hormon pemicu rasa lapar dan nafsu makan meningkat.

Seorang pakar kesehatan, Dr. Richard K. Bogan mengatakan, orang dewasa secara umum membutuhkan waktu tidur selama 7,5 jam sampai 9 jam.

"Tidur penting untuk fungsi sistem imun dan hormon tubuh berfungsi dengan normal. Kekurangan tidur atau otak yang mengantuk adalah otak yang lapar. Kualitas tidur yang buruk bisa memicu kenaikan berat badan," jelasnya.

Melansir dari detikFood, itulah beberapa kebiasaan sebelum tidur yang ampuh membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Beauties, sudahkah kamu mencoba cara ini?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id