STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Ini Dia 5 'Grup Avenger' Asal SM Entertainment, Mana yang Jadi Jagoanmu?

Adinda Rizki | Beautynesia
Jumat, 11 Feb 2022 21:00 WIB
Ini Dia 5 'Grup Avenger' Asal SM Entertainment, Mana yang Jadi Jagoanmu?

SM Entertainment merupakan salah satu agensi besar di Korea Selatan dan memiliki peran yang besar dalam menyebarkan Hallyu wave ke seluruh dunia. Selain itu, agensi yang didirikan oleh Lee Soo Man ini juga terkenal dalam melahirkan penyanyi-penyanyi berbakat.

Tidak hanya melahirkan banyak penyanyi berkualitas saja, SM Entertainment juga dikenal akan inovasi-inovasinya dalam dunia musik sehingga tak jarang mereka menjadi trend setter di dunia K-Pop.

Salah satu inovasi yang sampai saat ini dilakukan oleh SM Entertainment adalah dengan membuat proyek kolaborasi antar grup, saking powerful-nya para member grup kolaborasi ini, penggemar sampai menyebutnya sebagai Grup Avenger.

Berikut ini ada sederet grup Avenger yang dibentuk oleh SM Entertainment. Grup apa saja ya kira-kira? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

S.M. The Ballad

S.M. The Ballad pertama kali debut pada tahun 2010 dan dirombak kembali pada tahun 2014 dengan menambahkan member menjadi lebih banyak
S.M. The Ballad/ Foto: twitter.com/integralminkey/

Pada tahun 2010, SM Ent. membuat sebuah proyek grup ballad yang berisi empat orang member dan diberi nama S.M. The Ballad. Keempat member tersebut adalah Kyu Hyun Super Junior, mendiang Jong Hyun SHINee, Jay TRAX (saat ini sudah keluar grup dan keluar agensi), dan Jino yang dulu belum resmi debut (sekarang PENTAGON Jin Ho).

S.M. The Ballad telah merilis mini album bertajuk MISS YOU yang juga menjadi lagu andalan mereka, tetapi ada juga lagu lain yang juga tak kalah populer berjudul Hot Times yang menampilkan vokal luar biasa dari tiap member-nya.

Empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014, SM Entertainment merombak member S.M. The Ballad di mana jumlah membernya menjadi lebih banyak dan kembali merilis album baru. Member S.M. The Ballad versi kedua ini terdiri dari MAX Chang Min TVXQ, Ye Sung Super Junior, Tae Yeon SNSD, Zhang Liyin, mendiang Jong Hyun SHINee, Krystal f(x), dan Chen EXO.

Lagu yang dirilis berjudul Breath dan dirilis dalam tiga bahasa di mana setiap bahasa dinyanyikan oleh member yang berbeda pula, seperti Tae Yeon SNSD dan Jong Hyun SHINee yang menyanyikan versi Korea, dan Chang Min dan Krystal yang menyanyikan lagu versi Jepang, serta Chen dan Zhang Liyin yang menyanyikannya dalam versi bahasa Mandarin.

Younique Unit

Younique Unit merupakan grup yang dibentuk dalam kerja sama antara SM Entertainment dan Hyundai Motors dalam marketing project bernama PYL
Younique Unit/ Foto: twitter.com/nctscore/

Di tahun 2012, SM Entertainment bekerjasama dengan perusahaan terkenal, Hyundai Motors, dengan membuat sebuah marketing project bernama PYL yang merupakan singkatan dari Premium Younique Lifestyle.

Salah satu bentuk dari marketing project antara Hyundai Motors dan SM Entertainment ini adalah dengan membuat sebuah grup unit bernama Younique Unit yang memiliki member terdiri dari Eun Hyuk dan Henry Super Junior, Hyo Yeon SNSD, Taemin SHINee, serta Kai dan Luhan EXO.

Younique Unit merilis sebuah music video dan lagu berjudul MAXSTEP, di mana dalam lagu ini sangat kental unsur musik EDM-nya terutama dubstep, tidak hanya itu saja dalam MV-nya juga menampilkan skill dance masing-masing member yang luar biasa.

Selain lagu MAXSTEP, ternyata ada dua lagu lain yang terdapat dalam album marketing project ini lho, Beauties! Dua lagu lain tersebut adalah Lookin yang dinyanyikan oleh BoA feat. The Quiett dan My Lifestyle yang dinyanyikan oleh Jessica feat. Dok2.

S.M. The Performance

Grup kolaborasi ini debut dengan tampil pada acara SBS Gayo Daejeon dan terdiri dari para main dancer setiap boy group SM Enterntainment
S.M. The Performance/ Foto: twitter.com/taemthinker/

Grup Avenger asal SM Entertainment selanjutnya bernama S.M. The Performance yang melakukan 'debut' dengan tampil di panggung SBS Gayo Daejeon pada Desember 2012. Grup ini terdiri dari tujuh member yang merupakan main dancer di grup masing-masing, yaitu U-Know Yun Ho TVXQ, Eun Hyuk dan Dong Hae Super Junior, Tae Min dan Min Ho SHINee, serta Kai dan Lay EXO.

Dalam acara tersebut, mereka menampilkan solo stage yang memukau dengan ciri khas dance masing-masing dan terakhir secara bersama-sama mereka menampilkan lagu berjudul Spectrum milik Zedd, yang dibawakan dalam versi bahasa Korea.

Diketahui, koreografi dari penampilan tersebut diciptakan oleh tim dance terkenal bernama NappyTabs yang sebelumnya memang telah bekerjasama dengan artis SM Ent lainnya seperti BoA dan TVXQ.

SuperM

SM Entertainment mendebutkan sebuah grup yang diklaim super boyband dan Avenger K-Pop bernama SuperM
SuperM/ Foto: twitter.com/superm

Pada Agustus 2019 silam, SM Entertainment mengumumkan akan membuat sebuah proyek super boy band yang merupakan gabungan dari member boy group SM Ent. SM Entertainment menjelaskan bahwa grup kolaborasi ini bukan hanya sekadar proyek unit kolaborasi biasa.

Tetapi akan benar-benar menjadi sebuah grup baru yang kegiatannya akan terus berlanjut bahkan setelah debut seperti grup pada umumnya. Tetapi, kegiatan para member di grup aslinya tetap diprioritaskan sehingga tidak akan memengaruhi aktivitas grup asli.

Adapun member dari super boy band bernama SuperM ini adalah Tae Min SHINee, Kai dan Baek Hyun EXO, Tae Yong dan Mark NCT, serta Lucas dan Ten WAYV. Grup ini debut pada 4 Oktober 2019 dengan merilis sebuah single berjudul Jopping.

GOT (Girls on Top) the Beat

Setelah SuperM, SM Ent. mendebutkan GOD unit bernama GOT (Girls on Top) The Beat
GOT The Beat/ Foto: twitter.com/GirlsOnTop_SM

Setelah berhasil mendebutkan grup Avenger versi pria, SM Entertainment mengejutkan para penggemar dengan membentuk sebuah unit girl group baru bernama GOT The Beat di mana GOT merupakan singkatan dari Girls on Top.

Grup ini terdiri dari empat generasi, yaitu BoA, Tae Yeon dan Hyo Yeon SNSD, Wendy dan Seul Gi Red Velvet, serta Karina dan Winter aespa. Mereka debut dengan mengeluarkan single berjudul Step Back dan tampil perdana di SMTOWN LIVE 2022: SMCU EXPRESS @ KWANGYA pada 1 Januari 2022.

Selain itu, mereka juga sudah tampil di special stage di Mnet Countdown dan berhasil menjadi perbincangan penggemar K-Pop karena stage presence-nya yang baik dan jumlah views video yang sudah lebih dari satu juta.

Itulah 5 grup Avenger asal SM Entertainment yang menjadi warna baru dalam dunia K-Pop, selain member yang berkualitas, grup kolaborasi ini juga memiliki warna yang berbeda-beda. Dari kelima grup Avenger di atas, mana yang jadi favoritmu nih, Beauties?

[Gambas:Video Beautynesia]

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE