BILLBOARD
970x250

Ini Efek Buruk dari Self Care Jika Dilakukan Secara Berlebihan

Penny Fatikasari | Beautynesia
Sabtu, 22 Aug 2020 12:00 WIB
Ini Efek Buruk dari Self Care Jika Dilakukan Secara Berlebihan

Mencintai diri sendiri memang hal wajar dan sah-sah saja. Namun jika kamu terlalu sering memanjakan dirimu, bisa menimbulkan efek buruk yang tanpa kamu sadari bisa saja muncul bahkan merugikan dirimu, lho!  Seperti apa saja sih contoh kebiasaan ini dan bagaimana dampaknya? Berikut diantaranya!

Kebiasaan Menonton Serial Hingga Larut Malam

menonton hingga larut
Menonton Hingga Larut Malam/Freepik.com

Salah satu cara me time yang banyak dilakukan adalah dengan menonton serial hingga larut malam. Nah, tahukah kamu jika kebiasaan ini selain menyita banyak waktu juga bisa membuat tubuhmu lelah dan kurang beristirahat? Padahal sudah merasa ngantuk tetapi masih dipaksakan untuk menghabiskan film sampai habis hingga larut. Nggak salah sih,  jika cara me time ini bisa menghibur dirimu. Namun sebaiknya, kamu bisa bijak mengatur me time dan perhatikan pula kondisi tubuhmu. Sayang kan tubuhmu perlu istirahat tetapi tetap kamu paksakan, bisa-bisa kamu malah sakit dan kelelahan deh!

Belanja untuk Menghilangkan Stres

belanja untuk menghilangkan stres
Belanja untuk Menghilangkan Stres/Freepik.com

Habis gajian enaknya belanja nih! Bisa beli skincare dan outfit-outfit lucu kekinian. Alih-alih untuk menghilangkan stres, justru malah menambah stres baru di kemudian hari. Biasanya kita suka kalap menggunakan uang, sampai-sampai tanpa perencanaan sekalipun kamu bisa bingung sendiri kemana uang yang kamu belanjakan tadi. Maunya untuk ditabung malah ludes terpakai. Nah, kebiasaan ini juga sebaiknya harus bisa kamu kontrol supaya keuanganmu tetap stabil dan kebutuhanmu pun masih bisa terpenuhi, jangan sampai boros dan kecolongan ya, Ladies!

Hangout Bersama Sahabat Sampai Kantong Kosong

hangout sampai kantong kosong
Hangout Sampai Kantong Kosong/Freepik.com

Berkumpul dan menjalin silaturahmi bersama sahabat memang hal yang wajar dan pasti tetap seru bukan? Saking sudah lama nggak ketemu sahabat, kamu langsung memberanikan diri untuk traktir mereka makan dan jajan sepuasnya. Niatnya memang baik, tapi kamu enggak sadar berapa besar pengeluaran yang kamu gunakan hanya untuk menunjukkan eksistensi dirimu kepada sahabat-sahabatmu itu. Yuk, coba bijak pada keuangan dan kemampuan diri sendiri, jangan sampai hanya karena ingin diakui oleh orang lain kamu jadi boros dan terlihat sombong nantinya bagi orang lain.

Liburan untuk Pamer di Sosial Media

liburan untuk pamer di sosmed
Liburan untuk Pamer di Sosial Media/Freepik.com

Salah satu cara lainnya untuk memanjakan diri adalah dengan liburan. Setelah padat menjalankan beragam aktivitas di kantor, saatnya ambil cuti tahunan dan liburan ke tempat-tempat seru. Niatnya liburan untuk menenangkan diri dan membuat suasana menjadi lebih rileks dan seru, tetapi kok setiap detik upload foto di sosial media terus-menerus? Ladies, jangan sampai kamu di cap sebagai si tukang pamer atau haus akan perhatian dari orang lain. Memang, liburan menjadi kebutuhan bagi setiap orang namun kamu juga bisa lebih bijak dalam menggunakan sosial media dan menikmati me time liburanmu supaya kamu tetap good mood dan siap kembali menjalani padatnya aktivitas.

Berolahraga untuk Penampilan di Mata Orang

berolahraga untuk penampilan orang lain
Berolahraga untuk Penampilan Orang Lain/Freepik.com

Salah satu cara untuk mendapatkan hasil supaya tubuh sehat dan tetap bugar adalah dengan berolahraga. Namun, jika niatmu berolahraga hanya untuk mendapat penilaian dari orang lain supaya kamu bisa memiliki body goals, justru kamu akan menjadi tertekan dan terbebani. Karena hal tersebut bukan berdasarkan keinginanmu seutuhnya, justru kamu berusaha untuk ingin  tampil sempurna di mata orang lain.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE