sign up SIGN UP

Menginspirasi Perempuan Dunia, Ini Pengaruh Kepemimpinan Kamala Harris Bagi Kesetaraan Gender

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Selasa, 01 Mar 2022 16:30 WIB
Menginspirasi Perempuan Dunia, Ini Pengaruh Kepemimpinan Kamala Harris Bagi Kesetaraan Gender
caption

Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok Kamala Harris. Tidak hanya menginspirasi, kesuksesannya menjadi Wakil Presiden perempuan pertama di AS juga berkontribusi dalam mengubah stigma soal pemimpin perempuan.

Dikutip dari laman Vogue, Kamala Harris secara khusus menyampaikan harapan pada setiap perempuan untuk berani mewujudkan keinginan mereka saat pidato kemenangannya. Kamala menyadari bahwa terpilihnya ia sebagai wakil presiden adalah momen bersejarah bagi setiap perempuan di dunia untuk melawan ketidakadilan berbasis gender.

Berikut ini adalah pengaruh dari prestasi Kamala Harris bagi kemajuan perempuan dan kesetaraan gender. Simak, yuk!

Menjadi Panutan Perempuan untuk Berani Bermimpi

Kamala Harris/ Foto: Instagram/kamalaharris
Kamala Harris/ Foto: Instagram/kamalaharris

Sebagai imigran perempuan dan berkulit hitam, latar belakang Kamala Harris sempat menimbulkan skeptisme akan kemungkinannya menjadi pemimpin di negeri Paman Sam. Bukan tanpa alasan, pasalnya meski modernisasi merajalela, selalu ada pihak-pihak yang merasa lebih superior karena latar belakangnya yang dianggap lebih terhormat.

Latar belakang ini kemudian menjadikan Kamala Harris sangat rentan dipandang sebelah mata akan ambisinya sebagai petinggi di AS. Tapi, semangat Kamala untuk memperjuangkan negara dan martabat perempuan mampu mewujudkan apa yang menjadi cita-cita dan panggilan hatinya.

Tekad bulat dan kegigihan Kamala Harris ini menginspirasi setiap perempuan untuk berani melawan segala stigma tentang inkompetensi perempuan sebagai pemimpin dan tidak menggubris pandangan orang lain. Kitalah yang mengetahui sejauh mana kapasitas dan kompetensi yang kita punya. Untuk itu, jangan pernah menyerah dan terus mencoba ya, Beauties.

Menggunakan Pengaruhnya untuk Mempromosikan Kesetaraan Gender

Kamala Harris/ Foto: Instagram/kamalaharris
Kamala Harris/ Foto: Instagram/kamalaharris


Dilansir dari Global Gender Gap Report 2021, perempuan yang memangku jabatan penting di perusahaan hanya mencapai 27 persen. Sejak tahun-tahun berikutnya, angka ini mengalami stagnansi karena tren perihal pemimpin pria masih tertanam kuat di budaya perusahaan. Oleh karenanya, kemunculan Kamala Harris merupakan angin segar bagi kesetaraan gender di dunia.

Kamala membuktikan bahwa di tengah skeptisisme yang ada, hasil tidak akan mengkhianati usaha. Dalam berbagai kesempatan, Kamala Harris senantiasa menggunakan suaranya untuk mempromosikan kesetaraan gender. Sebagai figur yang pernah melewati lika liku perjuangan perempuan menjadi pemimpin, Kamala Harris kerap menekankan pentingnya perempuan memperjuangkan cita-cita tinggi.

Hal ini perlu dilakukan dalam rangka menciptakan lingkungan inklusif di pemerintahan maupun kursi penting perusahaan dan menciptakan keseimbangan yang adil bagi pria dan perempuan, Beauties.

Mengubah Sejarah Perempuan di Kancah Politik

Kamala Harris/ Foto: Instagram/kamalaharris
Kamala Harris/ Foto: Instagram/kamalaharris

Kabar naiknya Kamala Harris sebagai Wakil Presiden AS tentu menjadi perbincangan hangat di diskusi-diskusi perpolitikan. Para pengamat sepakat bahwa keberhasilan Kamala setidaknya membuka kesempatan bagi aspirasi-aspirasi perempuan untuk lebih didengar. Fenomena ini otomatis juga membuka jalan bagi lebih banyak perempuan untuk terlibat di parlemen. Untuk warga dunia lebih luas, setidaknya Kamala adalah figur nyata tentang probabilitas dan buah kerja keras.

Kamala Harris adalah salah satu dari empat perempuan kulit hitam di pemerintahan AS, angka ini menunjukkan bagaimana perpolitikan negaranya masih jauh dari kata inklusif. Tidak hanya di Amerika, secara keseluruhan Global Gender Gap Report 2021 melaporkan bahwa jumlah perempuan yang terlibat dalam parlemen di seluruh dunia rata-rata hanya mencapai 22 persen.

Tidak ada alasan bagi perempuan bungkam dan menyerah pada pembungkaman. Baik terlibat aktif maupun di belakang layar, pergunakan hak politikmu sebaik mungkin ya, Beauties.

Itu dia pengaruh prestasi Kamala Harris sebagai Wakil Presiden AS bagi kemajuan kesetaraan gender. Semoga kamu bisa terinspirasi dari ketekunan Kamala Harris dan ikut memajukan kesejahteraan perempuan Indonesia. Tetap semangat mewujudkan mimpimu, ya!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id