STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jadi Ibu Sekaligus Perempuan Karier, Ini 5 Tips Parenting Inspiratif ala Dian Sastro

Ghena Oktafira | Beautynesia
Kamis, 16 Dec 2021 11:45 WIB
Jadi Ibu Sekaligus Perempuan Karier, Ini 5 Tips Parenting Inspiratif ala Dian Sastro

Sukses dalam dunia entertainment nggak lantas membuat aktris cantik berprestasi, Dian Sastro, menjadi abai akan kewajibannya sebagai ibu. Pemeran Aruna di film Aruna dan Lidahnya ini termasuk selebriti dengan gaya parenting yang inspiratif.

Dian mengaku ia termasuk tipe orang tua yang strict dalam mengasuh kedua buah hatinya. Ia bahkan kerap membatasi penggunaan gadget dengan mengalihkan perhatian anak-anaknya kepada hal lain yang dinilai lebih baik untuk mendorong proses tumbuh kembang mereka.

Lalu bagaimana, sih, pola asuh yang Dian terapkan kepada anak-anaknya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Mengajari Anak Berolahraga Sejak Dini

Gaya Parenting ala Dian Sastro
Dian dan suami yang sama-sama gemar olahraga/Foto: Instagram.com/therealdisastr

Menggemari olahraga sepeda dan lari, Dian menyadari bahwa berolahraga memang sangat baik untuk menjaga fisik dan mental seseorang agar tetap dalam keadaan yang prima. Hal ini pulalah yang membuatnya selalu mengusahakan agar kedua anaknya, Shailendra dan Ishana, nggak malas untuk berolahraga setiap harinya.

Aktris yang juga menyandang gelar Master bidang Ekonomi dari Universitas Indonesia ini bahkan sampai membuatkan jadwal berolahraga sore yang wajib dilakukan oleh kedua anaknya setiap hari. Bagi Dian, nggak apa-apa jika anaknya hanya berlarian kecil di taman dekat rumah mereka, yang penting anak-anaknya selalu punya aktivitas agar tubuh mereka mengeluarkan keringat.

Mempuasakan Anak dari Gadget

Gaya Parenting ala Dian Sastro
Shailendra dan Ishana yang nggak kecanduan gadget/Foto: Instagram.com/therealdisastr

Di zaman yang serba canggih ini rasanya sulit sekali melepaskan kebiasaan untuk bermain gadget, tak terkecuali pada anak kecil. Dian mengaku bahwa ia sudah belajar dari pengalaman anak pertamanya yang sempat kecanduan gadget hingga membuat sang anak cukup lamban dalam merespon ketika dipanggil.

Ia akhirnya memutuskan untuk memberi jeda bermain gadget pada anak-anaknya yang saat ini berusia 10 dan 8 tahun dengan cara membelikan mainan yang dapat dimainkan bersama-sama. Bermain bersama dapat melatih kemampuan bersosialisasi kedua anaknya sehingga dipastikan ini sangat baik untuk proses perkembangan psikomotorik mereka.

Menjadi Teman yang Baik

Gaya Parenting ala Dian Sastro
Dian selalu ajak anak bercerita/Foto: Instagram.com/therealdisastr

Meskipun masih sering wara wiri di layar kaca, pemilik nama lengkap Diandra Paramitha Sastrowardoyo ini selalu berusaha meluangkan waktu untuk anak-anaknya. Selepas kesibukan syuting, biasanya Dian nggak pernah absen menemani Shailendra dan Ishana. Ia juga acap kali menanyakan pengalaman kedua buah hatinya di sekolah masing-masing. Hal inilah yang memicu kedua anaknya menjadi nggak sungkan untuk bercerita kepada sang ibu.

Melatih Kedisiplinan dan Tanggung Jawab

Gaya Parenting ala Dian Sastro
Walau hidup enak, Dian berharap kedua anaknya nggak manja/Foto: Instagram.com/therealdisastr

Menurut Dian sangat penting untuk menjadi orang tua yang konsisten pada kebijakan yang telah dibuat agar sang anak nggak kebingungan. Misalnya saja ketika anaknya minta es krim, Dian hanya mengizinkannya di hari Minggu, dan di luar hari tersebut maka tidak diizinkan. Ini ia lakukan agar kesehatan anaknya tetap terjaga.

Selain itu ia turut melatih buah hatinya untuk nggak manja. Contohnya saat anaknya nggak sengaja terjatuh, maka aktris berusia 39 tahun ini akan menasihati anaknya agar lebih berhati-hati, bukan malah memarahi lantai ataupun benda yang membuat mereka tersandung.

Dengan metode asuh tersebut, maka pola pikir bahwa hidup di dunia ini memiliki aturan yang harus ditaati dan berani menerima risiko ketika salah akan terbentuk dengan sendirinya dalam benak anak-anak.

Turun Langsung Mengajari Sang Anak

Gaya Parenting ala Dian Sastro
Ketika sedang membantu Shailendra mengerjakan tugas/Foto: Instagram.com/therealdisastr

Sebagai ibu, bukan hal yang aneh jika mempunyai ekspektasi terhadap anak-anak. Hal ini juga dirasakan oleh Dian Sastro. Ia memiliki ekspektasi tinggi terhadap kedua buah hatinya tersebut, namun Dian berpikir bahwa ia baru boleh meletakkan ekspektasi tersebut jika dirinya pun turut mendampingi perkembangan putra dan putrinya semasa sekolah. Misalnya ketika sang anak sedang mengerjakan PR, alih-alih memanggilkan guru les, Dian lebih suka mengajari sendiri anaknya untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya tersebut.

Begitulah cara aktris yang lekat dengan sosok Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta (AADC) ini membesarkan putra dan putrinya. Sesibuk apapun kariernya di dunia hiburan, nggak menjadi dalih baginya untuk melepas begitu saja peran sebagai ibu. Salut!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE