sign up SIGN UP

Jadi Korban Memang Tidak Mudah, Coba 5 Cara Cerdas Ini untuk Menghadapi Bullying!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 23:30 WIB
Jadi Korban Memang Tidak Mudah, Coba 5 Cara Cerdas Ini untuk Menghadapi Bullying!
Ilustrasi bullying/Foto: beautynesia

Menjadi korban bully atau perundungan tentu saja sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan. Dari usia sekolah, perguruan tinggi, di tempat kerja, bahkan media sosial juga tidak terlepas dari perundungan. Melansir dari CNN Indonesia, ada beberapa jenis perundungan yang paling banyak dilakukan, yaitu verbal bullying atau perundungan secara verbal, perundungan fisik, perundungan sosial, perundungan seksual, dan cyberbullying atau perundungan di dunia maya.

Pelaku perundungan biasanya adalah orang-orang yang merasa dirinya lebih superior dibanding korbannya. Hal ini yang mengakibatkan semakin lemah korbannya, maka perundung akan semakin merasa menang.

Beauties, melansir dari Psychology Today, ada beberapa cara cerdas yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi bullying. Yuk, simak ulasannya!

Percaya Diri

Bullying masih banyak terjadi di sekeliling kita
Ilustrasi Bully/foto: pexels.com/krukov

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, pelaku perundungan adalah orang yang menganggap dirinya lebih superior dari korbannya. Untuk itu, penting bagimu untuk tampil percaya diri. Semakin kamu percaya diri, maka mereka akan menganggap bahwa kamu tidak bisa dikalahkan.

Jangan melawan dengan kekerasan atau melakukan hal serupa yang mereka lakukan kepadamu. Cobalah untuk bersikap tegas namun tetap sopan agar mereka juga bisa segan hingga akhirnya enggan untuk melakukan bullying.

Gunakan Respon yang Tepat

jangan terpancing emosi saat kamu sedang mengalami bullying
Ilustrasi Bully/foto: pexels.com/rodnae-productions

Semakin kamu bersikap emosional dan terpancing, justru hal tersebut akan membuat perundung merasa lebih bersemangat. Dengan terpancing secara emosi, justru kamu memenuhi tujuan mereka untuk melakukan perundungan terhadapmu. Selain itu, berikan respon saat kamu tidak sedang berada pada kondisi tersulut amarah ya, Beauties.

Tetapkan Batasan

Membuat batasan sampai sejauh mana pelaku bullying adalah hal yang bisa kamu lakukan
Ilustrasi Bully/foto: pexels.com/keira-burton

Tetap berlaku sopan dan tetap perhatikan batasan. Buat batasan sejauh mana kamu bisa mentoleransi sikap perundung tersebut. Hal ini juga berguna untuk memberikan tanda sampai sejauh mana kamu harus meresponnya. Tidak hanya satu, kamu juga perlu menerapkan beberapa batasan dan respon apa yang bisa kamu berikan tergantung dari perlakuan mereka.

Bertindak Cepat

Hentikan bullying secepat yang kamu bisa
Stop Bullying/foto: pexels.com/rodnae-productions

Semakin lama seorang perundung melakukan perundungan terhadapmu maka mereka akan semakin memiliki kendali terhadapmu. Untuk itu, jika di awal kamu sudah merasa dan memiliki pertanda bahwa kamu akan mengalami perundungan, segera ambil tindakan. Jangan sampai karena sudah berlarut-larut akhirnya mereka jadi terbiasa untuk melakukan perundungan terhadapmu.

Berteman

Selalu tempatkan dirimu berada diantara orang-orang yang membuatmu nyaman dan bisa mendukungmu
Ilustrasi Bully/foto: pexels.com/keira-burto

Perundung akan memanfaatkan sebuah kondisi di mana kamu terlihat tidak memiliki teman. Saat kamu sedang merasa sendirian, perundung akan membuatmu semakin terlihat dikucilkan dan tidak berdaya. Untuk itu, kamu perlu berada di sekeliling orang-orang yang bisa membuatmu nyaman dan merasa dicintai agar kamu tidak merasa sendirian.

Beauties, beberapa cara di atas mungkin tidak terlihat efeknya secara cepat. Jika kamu pernah merasa berada di posisi korban, jangan sampai hal tersebut justru menjadi dendam bagimu dan menempatkanmu pada posisi pelaku perundungan akibat ingin membalas dendam.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id