sign up SIGN UP

Jadi Wisudawan Termuda, Ini Kisah Rein Vidya yang Lulus dari Fakultas Kedokteran Unpad di Usia 19 Tahun

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 11:45 WIB
Jadi Wisudawan Termuda, Ini Kisah Rein Vidya yang Lulus dari Fakultas Kedokteran Unpad di Usia 19 Tahun
caption
Jakarta -

Semakin banyak prestasi membanggakan yang berhasil ditoreh generasi muda Tanah Air. Adalah Rein Vidya Banafsha, yang berhasil lulus dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran (Unpad) di usianya yang masih 19 tahun. 

Rein berhasil mendapatkan predikat sebagai wisudawan termuda dengan usia 19 tahun 4 bulan pada Upacara Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6). Menariknya, ini bukan kali pertama baginya menyandang titel 'termuda'. Sebelumnya, ia juga menyandang predikat 'mahasiswa termuda'.

Rein Vidya Banafsha, wisudawan termuda UnpadRein Vidya Banafsha, wisudawan termuda Unpad/ Foto: Dok. Unpad

Dikutip dari laman resmi Unpad, Rein resmi menjadi mahasiswa Unpad pada 2018 silam melalui jalur SBMPTN. Kala itu, usianya masih 15 tahun 10 bulan. Lalu, ia berhasil lulus pada Februari 2022 lalu dengan waktu 3,5 tahun. Ia pun berkesempatan mengikuti wisuda secara luring dari Grha Sanusi Hardjadinata Unpad.

Sejak duduk di bangku SMP, Rein sudah mengikuti kelas percepatan. Ia pun menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu dua tahun. Masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, Rein juga mengikuti kelas percepatan dan kembali lulus dalam dua tahun.

Perjuangan Rein Menempuh Pendidikan di Fakultas Kedokteran Unpad

Duduk di bangku perkuliahan di usia yang terbilang cukup belia, membuat Rein awalnya sempat ragu. Ia bahkan berpikir bahwa kuliah di Kedokteran sangat berat. Namun, berkat tekad dan kegigihannya, ia pun berusaha untuk menyesuaikan diri dan mencoba menikmati masa-masa kuliahnya.

"Lumayan susah belajar di FK, tetapi kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua," ungkapnya, dikutip dari laman resmi Unpad.

Ketika pandemi COVID-19 melanda dunia, Rein mau tidak mau harus melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring. Menurutnya, ada perbedaan yang signifikan antara kuliah tatap muka dengan kuliah daring. Tantangan terbesar muncul ketika Rein harus melakukan praktikum.

"Praktik online jadi lebih kurang (menangkapnya), karena lebih menempel kalau offline," jelasnya.

Rein VidyaRein Vidya/ Foto: Instagram/reinvidya

Tak hanya itu, ada beberapa tantangan lain yang juga harus ditaklukkan Rein, seperti pandai mengatur waktu dan mengerjakan tugas secara mandiri. Dulu saat kuliah offline ia bisa mengerjakan tugas bersama teman-teman, saat kuliah online menjadi tantangan tersendiri.

"Kalau online jadi tantangan tersendiri," kata Rein.

Namun, Rein berhasil melewati berbagai tantangan tersebut dan menjalani masa studi sarjananya dengan baik. Rencana ke depannya, Rein akan menempuh Pendidikan Profesi Kedokteran untuk mendapatkan gelar dokternya. Ia pun mantap untuk melanjutkan studinya ke pendidikan Spesialis.

"Perasaannya senang banget jadi wisudawan termuda, (mudah-mudahan) bisa menginspirasi orang," ujar Rein.

Itulah kisah Rein Vidya yang berhasil lulus dari Fakultas Kedokteran Unpad di usia 19 tahun. Semoga kisahnya bisa menginspirasimu, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id