Jangan Coba Dilakukan, 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Terlihat Kurang Cerdas di Tempat Kerja!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Jumat, 25 Nov 2022 14:30 WIB
Kebiasaan Kurang Cerdas dan Menyebalkan yang Tak Disukai Rekan Kerja, Ada di Kamu?
Kebiasaan Ini Bikin Kamu Terlihat Kurang Cerdas di Tempat Kerja/Foto: Freepik.com

Berbicara tentang dunia kerja, terkadang kita akan merasa khawatir jika terlihat seperti orang yang kurang cerdas dalam bekerja, baik oleh rekan kerja atau atasan. Apalagi buat kamu yang baru masuk dunia kerja. Khawatir tidak diterima di lingkungan kerja bisa saja mengganggu dan membuatmu tak nyaman saat bekerja. 

Menjadi orang yang kurang cerdas di tempat kerja, dapat membuat orang lain merasa jengkel. Sebab tak hanya berpengaruh pada performa bekerja, tetapi juga bisa merusak team work yang sudah dibangun dengan baik.

Lantas, apa saja kebiasaan yang membuat seseorang terlihat kurang cerdas di tempat kerja?  Melansir dari berbagai sumber, berikut jawabannya!

Terlalu Banyak Bertanya Tanpa Mau Cari Tahu Terlebih Dahulu

Terlalu banyak bertanya
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/lookstudio

Kebiasaan pertama yang bisa bikin kamu terlihat kurang cerdas di tempat kerja adalah banyak bertanya tanpa mau cari tahu terlebih dahulu. Orang yang cerdas salah satu tandanya adalah memiliki keinginan untuk belajar dan mencari tahu hal-hal yang tidak diketahuinya.

Dalam pekerjaan, terlalu banyak bertanya dengan rekan kerja tanpa mau mencari tahu lebih dulu bisa membuatmu terlihat seperti orang yang kurang cerdas ditempat kerja, lho, Beauties. Yup, nggak hanya membuat orang lain jengkel, tetapi juga mengganggu waktu dan pekerjaan orang lain. 

Melakukan Kesalahan yang Sama

Melakukan Kesalahan yang Sama
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/elevate-digita

Tak dapat dipungkiri jika dalam bekerja akan melakukan sebuah kesalahan. Membuat kesalahan tentu sah-sah saja, karena tak selamanya rencana yang telah disusun berjalan mulus. Apalagi saat pekerjaan tersebut dilakukan untuk pertama kalinya.

Dari sebuah kesalahan, kita dapat belajar dan memperbaikinya untuk menjadi lebih baik ke depannya. Satu atau dua kali, rekan kerja atau atasan mungkin dapat memakluminya. Namun, jika kesalahan tersebut dilakukan secara berulang kali, bisa-bisa kamu dinilai sebagai orang yang kurang cerdas, lho. Fatalnya, bisa saja kamu dianggap bodoh karena orang lain sudah merasa jengkel dengan hal tersebut. 

Suka Bergosip

Suka bergosip
Bergosip/Foto:Freepik.com/teksomolika

Saat bekerja pasti akan menemui beragam tipe rekan kerja, salah satunya suka bergosip. Kebiasaan suka bergosip di tempat kerja bisa dianggap sebagai kebiasaan yang kurang cerdas.

Melansir dari Healthway, kebiasaan suka bergosip justru dapat membuat hilangnya kepercayaan dan kepedulian orang lain terhadapmu. Hal ini pun diasosiakan dengan kurangnya kasih sayang dan secara bersamaan juga menunjukkan kurangnya kecerdasan. Gosip yang dibuat dari informasi yang tidak akurat, saat ternyata hal tersebut tidak terbukti kebenarannya, justru membuatmu terlihat dua kali lebih bodoh.

Kebiasaan Kurang Cerdas dan Menyebalkan yang Tak Disukai Rekan Kerja, Ada di Kamu?

Ilustrasi lelah bekerja/ Foto: Freepik.com

Kebiasaan Ini Bikin Kamu Terlihat Kurang Cerdas di Tempat Kerja/Foto: Freepik.com

Tidak Pandai Menempatkan Diri

Kebiasaan lainnya yang bisa buat kamu terlihat seperti orang yang kurang cerdas di tempat kerja yaitu tidak pandai menempatkan diri dalam sebuah situasi. Misalnya, saat rekan kerjamu sedang sering membahas masalah pekerjaan, tetapi kamu meresponnya dengan candaan. Hal tersebut bisa merusak suasana bekerja.

Bercanda di tempat kerja tentu boleh-boleh saja, karena dapat mencairkan suasana ketegangan dalam bekerja atau ingin membangun ikatan yang lebih kuat dengan rekan kerja. Namun, kamu juga harus pandai memahami situasi jika ingin bercanda saat bekerja. 

Mudah Marah dan Berkata Kotor

Emosi
Mudah Mara/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Kecerdasan tak hanya berhubungan dengan kecerdasan intelegensi atau IQ, tetapi juga kecerdasan emosional (EQ). Seseorang yang mudah marah sering dianggap memiliki kecerdasan emosional yang buruk.

Orang yang mudah marah biasanya dibarengi dengan kebiasaan mengutuk orang lain dengan kata-kata umpatan. Melansir dari Healthaway, menurut sebuah survei career builder di tahun 2012, 64 persen pemberi kerja mengatakan bahwa mereka memiliki pandangan negatif terhadap karyawan yang suka mengumpat dan berkata kasar.

Tidak Profesional

Tidak tepat waktu
Terlambat/Foto: Freepik.com/lookstudio

Terakhir, kebiasaan yang bisa membuatmu terlihat kurang cerdas di tempat kerja yakni tidak profesional dalam bekerja. Melansir dari Insider, banyak hal yang dapat menunjukkan seseorang tidak bekerja secara profesional dan hal itu bisa membuat rekan kerja membencimu.

Misalnya, tidak tepat waktu saat datang ke kantor atau menyelesaikan pekerjaan. Tidak tepat waktu atau terlambat erat dihubungkan dengan manajemen waktu yang buruk. Hal tersebut tentu bisa membuatmu terlihat kurang cerdas di tempat kerja.

Nah, itu tadi kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin kamu terlihat kurang cerdas di tempat kerja. Yuk, mulai ubah kebiasaan-kebiasaan itu sekarang juga!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE