STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tanda-tanda Orang yang Kurang Cerdas Emosional, Mudah Menyalahkan Orang Lain Salah Satunya

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 15 Nov 2022 10:00 WIB
Tanda-tanda Orang yang Kurang Cerdas Emosional, Mudah Menyalahkan Orang Lain Salah Satunya
Ilustrasi Perempuan Marah/Freepik/tirachardz

Cerdas bukan hanya ditandai dengan memiliki pengetahuan umum yang sangat luas atau tingginya IQ saja. Beauties pernah dengan kecerdasan emosional alias EQ? Kecerdasan emosional berguna untuk mengatur emosi, tingkat stres, bergaul dengan masyarakat, menilai orang dan masih banyak lagi.

Lebih jelasnya berikut tanda-tanda orang yang kurang cerdas emosionalnya:

Mudah Stres

Perempuan menunduk
Mudah stres/ foto: Freepik/ 8photo

Dikutip dari Talent Smart EQ, ketika emosi mulai menumpuk maka akan timbul perasaan tidak nyaman, khawatir, dan takut. Saat itulah kecerdasan emosional yang tinggi bisa membuat rasa tidak nyaman itu teralihkan dan stres pun bisa diatur dengan baik, alias memiliki kemampuan mengelola stres.

Tapi itu tidak berarti bagi seseorang yang kurang cerdas secara emosional. Orang tersebut biasanya lebih mudah stres dan sulit untuk mengatasi sumber stresnya, sehingga dapat berimbas pada perubahan mood dan lain-lain.

Suka Menyalahkan Orang Lain

pasangan sedang bertengkar
Menyalahkan orang lain/ foto: Freepik/ wayhomestudio

Tanda lain kurang cerdas secara emosional, yaitu mudah menyalahkan orang lain bahkan atas kesalahan yang diperbuatnya sendiri. Mengutip dari Very Well Mind orang dengan kecerdasan emosional yang rendah, ketika menyadari kesalahan yang diakibatkan olehnya, hal yang ia lakukan adalah menyalahkan orang lain atau mengatakan bahwa tidak ada cara lain selain melakukan ini. Pokoknya mereka selalu berusaha supaya tidak disalahkan oleh orang lain deh, Beauties!

Kesadaran Diri yang Rendah

perempuan menunduk sedih
Kesadaran diri rendah/ foto: Freepik/ Freepik

Mengutip dari Kentucky Counseling Center, orang dengan kecerdasan emosional rendah selalu memperdebatkan hal-hal yang kurang berguna dan tidak mau mendengar pendapat orang lain.

Ya, mereka cenderung punya kesadaran diri yang rendah dan orang tersebut berpikir bahwa merekalah yang paling benar dan tidak mengakui kesalahannya.

Kurang Berempati Terhadap Orang Lain

Perempuan pick me
Kuran berempati/ foto: Freepik/ 8photo

Sikap kurang berempati atau tidak memperhatikan lingkungan sekitar juga merupakan tanda kurang cerdas secara emosional. Orang tersebut cenderung lebih memprioritaskan dirinya dan tidak bisa menempatkan diri di tempat yang tepat, contohnya seperti berbicara di waktu yang salah, membandingkan diri dengan orang lain yang sedang curhat kesusahan bukannya mendengarkan.

Mengutip WebMD, orang lain juga sering menyebut mereka yang kurang berempati “narsis” dan tergolong sebagai red flag.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE