sign up SIGN UP

Jangan Cuma Wacana, Hindari 5 Hal Ini Agar Resolusi Keuanganmu Tercapai

Dian Aprilia | Selasa, 02 Feb 2021 14:30 WIB
Jangan Cuma Wacana, Hindari 5 Hal Ini Agar Resolusi Keuanganmu Tercapai
caption
Jakarta -

Sudah masuk di bulan ke dua tahun 2021 nih, bagaimana kabar resolusi tahunanmu? Apakah target bulan Januari lalu sudah tercapai? Jika belum, yuk segera evaluasi dan lakukan perbaikan. Bagi yang sudah buat resolusi, tentu sudah memasukkan resolusi keuangan sebagai salah satu targetnya kan?

Jika sudah, kamu juga perlu tahu penyebab yang bikin resolusi keuanganmu gagal agar lebih aware dan bisa menghindarinya. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 alasan yang bikin resolusi keuanganmu gagal.

Resolusi keuangan tidak realistis

Resolusi keuangan
Resolusi keuangan/pexels.com

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan para pengejar resolusi tahunan adalah resolusi yang tak realistis atau muluk-muluk. Bermimpi setinggi langit memang boleh, tapi jangan lupa untuk tetap berpijak di bumi. Ketahui kondisi keuangan, kapasitas, dan modal awal yang dimiliki.

Contoh resolusi keuangan yang tak realistis adalah, menargetkan gaji naik 5 kali lipat dalam waktu 1 tahun. Padahal, jenjang karir di perusahaan masih belum jelas, sementara skill masih belum mumpuni untuk menambah penghasilan dari pekerjaan sampingan.  

Hanya mengandalkan satu sumber pemasukan

Sumber pemasukan
Sumber pemasukan/pexels.com

Satu sumber pemasukan saja tidak cukup untuk menjamin hidupmu selama satu tahun akan aman dan baik-baik saja. Sebab kita tidak tahu pasti apa yang akan terjadi di masa depan. Siapa tahu tiba-tiba ada krisis ekonomi, atau kondisi pandemi seperti saat ini yang memaksa banyak perusahaan harus gulung tikar.

Bahkan tak sedikit pula karyawan yang harus dirumahkan. Jika bertumpu pada satu pemasukan, maka saat sumber itu hilang, keuangan rumah jadi berantakan. Belum lagi, jika ada tanggungan hutang atau biaya pendidikan anak. Wah pasti jadi pusing tujuh keliling.

Tidak konsisten dan sabar menjalankan strategi

Shopping
Shopping/pexels.com

Resolusi tahunan atau poin-poin tujuan untuk tahun ini hanyalah satu langkah awal untuk menuju perubahan dan kemajuan. Hal yang lebih penting lainnya adalah strategi untuk mencapai tujuan. Tujuan tanpa strategi hanyalah omong kosong.

Oleh sebab itu, kegagalan yang sering dilakukan untuk mencapai resolusi tahunan adalah tidak membuat strategi dan tidak sabar dalam menjalani prosesnya. Hal ini rentan bikin kamu hanya bertahan di awal bulan. Di bulan April sangat mungkin kamu sendiri sudah lupa dengan resolusi keuanganmu.

Misalnya kamu punya resolusi keuangan, tabungan mencapai 100 juta. Dengan strategi menabung sebanyak 8 juta/bulan. Maka lakukan strategi itu secara konsisten, jangan sampai setengah-setengah. Contoh, bulan Januari nabung 10 juta, bulan Februari nabung 5 juta, bulan Maret tidak nabung dan lainnya.

Terlalu sering menunda

Menunda
Menunda/pexels.com

Penyakit yang kerap menghancurkan resolusi tahunan adalah terlalu sering menunda. Hal ini bakal bikin kamu stagnan dan malah mundur, alhasil semakin jauh dari target resolusi yang telah ditetapkan.

Misalnya, menunda-nunda sampai bulan depan untuk menabung atau investasi dengan berbagai alasan. Wah bulan ini masih banyak tanggungan dan kebutuhan, padahal uang banyak dialokasikan untuk keinginan (sifatnya tidak mendesak atau dan penting).

Tidak paham keamanan keuangan

Ilustrasi keuangan
Ilustrasi keuangan/pexels.com

Penyebab terakhir yang bikin resolusi keuanganmu seringkali gagal adalah tidak paham keamanan keuangan. Apa yang dimaksud dengan keamanan keuangan? Kondisi keuangan yang dianggap aman adalah saat memenuhi 4 syarat.

Diantaranya adalah pemasukan lebih besar dari pengeluaran, hutang tidak lebih dari 30% pemasukan, punya dana darurat dan juga punya proteksi atau asuransi. Maka sebelum membuat resolusi keuangan, perhatikan apakah kamu sudah memenuhi 4 hal itu. Jangan langsung terjun ke investasi saham, jika keuanganmu masih belum aman ya. 

Itulah 5 hal yang perlu kamu hindari agar resolusi keuangan tahun 2021 bisa tercapai. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id