Pikiran negatif atau negative thinking bisa datang kapan dan di mana saja. Tidak terkecuali saat kita sedang fokus bekerja di kantor.
Penyebabnya pun bermacam-macam karena tekanan dari atasan, terlibat konflik dengan rekan kerja, faktor kerjaan yang menumpuk, dan lainnya. Nah sebab itulah yang akhirnya membuat produktivitas kita jadi menurun drastis.
Namun tenang saja nggak usah merasa panik atau khawatir duluan, berikut cara menghilangkan pikiran buruk di tempat kerja. Simak yuk!
Cari Teman Kerja yang Bisa Memberi Dampak Positif
Cari Teman Kerja yang Bisa Memberi Dampak Positif/pexels.com/@rodnae production |
Dengan siapa kita berteman, dengan siapa kita bergaul, itu sangat memengaruhi sikap dan perilaku kita. Maka ketika di kantor carilah teman kerja yang bisa memberi dampak baik untuk kinerjamu.
Hindari bergaul dengan rekan yang membuatmu sulit berkembang, hobi mengeluh sana sini, suka menjelek-jelekkan orang lain, berperilaku licik, dan sebagainya. Kalau kamu menghindari tipe teman seperti itu, dan bisa bergaul dengan teman yang sehat, pasti kinerjamu bakal meningkat.
Tidak Perlu Berpikir Macam-macam
Tidak Perlu Berpikir Macam-macam/pexels.com/@rodnae production |
Cara mudah selanjutnya menghilangkan pikiran negatif di tempat kerja yaitu dengan berhenti untuk berpikir secara berlebihan. Hayo ngaku kadang kamu suka berpikir macam-macam kan seperti, "aduh nanti kalau kerjaan ini banyak salahnya gimana?", "nanti kalau bos marah gimana?", dan pikiran buruk yang lain.
Hmmm, kebiasaan satu ini sebaiknya kamu hindari deh, karena apa yang kita takutkan kadang cuma sebatas pikiran saja dan ketika dijalani tidak semengerikan itu.
Break Sejenak, Jangan Paksakan untuk Terus Bekerja
Jangan Paksakan untuk Terus Bekerja/pexels.com/@ketut subiyanto |
Jika dirasa pikiran suntuk, mau mikir terasa berat, fokus bekerja terpecah belah, lebih baik memutuskan untuk break sejenak. Coba alihkan pikiran dengan menghirup udara segar dulu di luar ruangan misalnya, buat kopi di pantry, ambil snack, ngobrol dengan rekan kerja, dan kegiatan yang lain.
Jangan paksa otak terus bekerja, apabila kamu sendiri merasa lelah badan dan pikiran. Pastikan juga jangan lupa untuk istirahat.
Jika Ada Masalah Fokus Cari Solusi untuk Diselesaikan
Cari Solusi untuk Diselesaikan/pexels.com/@yan krukov |
Pikiran negatif di tempat kerja itu bisa apa saja penyebabnya. Maka ketika ada masalah fokuslah untuk mencari solusi atau jalan keluar. Jangan malah fokus pada masalah yang kamu alami.
Karena jika hal itu kamu lakukan, jangan harap persoalanmu cepat kelar. Selain itu fokus pada hal-hal negatif hanya membuat waktumu terbuang percuma. So, jika ada masalah biasakan untuk tidak membesar-besarkan masalah tersebut.
Itulah empat cara mengatasi pikiran buruk di tempat kerja yang bisa kamu lakukan. Semoga tips di atas bisa membantumu ya, dan semoga hari-harimu di kantor bisa lebih menyenangkan.
_______________
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!