sign up SIGN UP

Jarang Ada yang Tahu, Inilah 5 Artis yang Menjadi Artis Pertama di Agensi Besar Korea!

Adinda Rizki | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 23:00 WIB
Jarang Ada yang Tahu, Inilah 5 Artis yang Menjadi Artis Pertama di Agensi Besar Korea!
4Minute/ Foto: soompi.com
Jakarta -

Dalam industri musik Korea, ada beberapa agensi yang sudah terkenal akan kehebatannya dan dalam melahirkan idol-idol K-Pop berbakat yang populer, sebut saja seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment. Di mana ketiga agensi tersebut memiliki artis-artis yang sudah mendunia.

Tapi, tahu nggak nih Beauties, sebelum artis-artisnya yang terkenal ke seluruh penjuru dunia seperti saat ini, siapa sih artis yang pertama kali debut di agensi-agensi besar tersebut? Nah, berikut ini ada sederet artis K-Pop yang menjadi artis pertama di agensi besar Korea!

H.O.T - SM Entertainment

H.O.T menjadi grup pertama agensi SM Entertainment yang debut dan disband pada tahun 2001
Boy group H.O.T dari SM Entertainment/ Foto: kepoper.com

SM Entertainment mulai aktif di dunia musik Korea dengan menggunakan nama SM Studio pada tahun 1989 silam. Setelah menciptakan sistem in-house trainee seperti yang digunakan sampai saat ini, SM Entertainment pun mendebutkan grup K-Pop pertamanya pada tahun 1996 dengan nama H.O.T.

Di mana H.O.T memberikan dampak yang sangat besar tidak hanya untuk Korea saja, tetapi juga China dan Jepang. Selain itu, H.O.T juga dianggap sebagai grup K-Pop pertama dalam sejarah.

Pearl - JYP Entertainment

Pearl yang memiliki nama asli Park Jin Joo menjadi artis pertama dari agensi JYP Entertainment
Solois Pearl dari JYP Entertaiment/ Foto: wikipedia.com

JYP Entertainment pertama kali dibangun pada tahun 1997 dan kemudian artis yang pertama kali menandatangani kontrak dengan agensi ini adalah Pearl yang selanjutnya menjadi artis pertama agensi miliki Park Jin Young ini.

Pearl memiliki nama asli Park Jin Joo, di mana setelah tanda tangan kontrak dengan JYP Entertainment, ia segera memulai karir musiknya sejak saat itu dan juga menjadi seorang profesor di Jeonghwa Arts University pada tahun 2018.

Keep Six - YG Entertainment

Dibangun pada tahun 1996, di tahun yang sama pula YG Entertainment mendubutkan boy group bernama Keep Six
Boy group Keep Six dari YG Entertaiment/ Foto: blingkpop.wordpress

Agensi YG Entertainment yang merupakan ‘rumah’ dari para artis terkenal seperti BIGBANG dan BLACKPINK pertama kali didirikan pada tahun 1996, dan agensi ini mulai mendebutkan artis pertamanya dengan nama Keep Six di tahun yang sama.

Namun, sayangnya di tahun yang sama pula grup tersebut harus dibubarkan karena adanya persaingan yang ketat antara agensi lain yang juga mendebutkan grup di waktu yang sama.

4MINUTE - Cube Entertainment

4MINUTE merupakan artis pertama Cube Ent yang langsung mendapatkan popularitas yang tinggi
Girl gorup 4MINUTE dari Cube Entertainment/ Foto: soompi.com

Agensi yang menaungi artis berbakat seperti BTOB, PENTAGON, dan (G)I-DLE ini dibangun pada tahun 2006 oleh seorang mantan direktur di JYP Entertainment.

Adapun grup yang menjadi artis pertama di agensi ini adalah girl group 4MINUTE yang melangsungkan debutnya pada Juni 2009, di mana grup ini langsung populer di kalangan penggemar K-Pop. Pada bulan Oktober di tahun yang sama, Cube Entertainment mendebutkan boy group bernama BEAST.

8eight - Big Hit Entertainment

Bukan BTS, artis pertama dari agensi Big Hit Entertainment adalah trio bernama 8eight
Trio 8eight dari BigHit Entertainment/ Foto: kpopnews.com

Saat ini Big Hit Entertainment dianggap sebagai agensi besar karena salah satu artisnya, yaitu BTS sudah sangat mendunia dengan penggemar yang tidak hanya berasal dari kalangan penyuka K-Pop saja.

Sebelum memiliki BTS sebagai artis mereka, Big Hit Entertainment yang didirikan pada tahun 2005 ini memiliki grup pertama yang merupakan trio bernama 8eight.

Trio yang menjadi artis pertama agensi milik Bang Si Hyuk ini adalah pemenang dari acara kompetisi milik MBC berjudul Show Survival season pertama, di mana 8eight melakukan debut mereka pada tahun 2007. Namun, sayangnya grup ini resmi dibubarkan pada tahun 2014 lalu.

Itu dia sederet artis pertama dari agensi-agensi besar Korea Selatan. Gimana, Beauties? Pernah dengar nama kelima artis di atas sebelumnya?

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id