sign up SIGN UP

Jika Merasakan 4 Tanda Ini, Artinya Kamu sedang Merasa Kesepian!

Risma Oktaviani | Beautynesia
Rabu, 08 Sep 2021 22:15 WIB
Jika Merasakan 4 Tanda Ini, Artinya Kamu sedang Merasa Kesepian!
caption

Pernahkah kamu merasa kesepian bahkan saat kamu berada dalam keramaian? Merasa kesepian nggak hanya terjadi saat kamu sedang sendiri. Bahkan, beberapa orang banyak yang malah menikmati waktu saat mereka sendirian. Tapi di sisi lain, saat kamu berada di sekitar orang-orang, jiwa kamu bisa saja merasa sepi karena kamu merasa tidak terhubung dengan siapa pun dan tidak ada yang bisa memahami kamu.

Merasa kesepian adalah hal yang wajar yang dapat dialami semua orang. Namun, tidak semua orang mampu untuk mengakuinya baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Berikut adalah beberapa tanda kesepian yang bisa kamu sadari, Beauties!

1. Mempunyai Gangguan Tidur

gangguan tidur
gangguan tidur / freepik.com / tirachardz

Bagi beberapa orang, tidur adalah suatu cara untuk mengatasi kesepian. Namun, merasa kesepian juga dapat merusak peluang kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dilansir dari laman WebMD,  penelitian Universitas Chicago menunjukkan bahwa kesepian dan sulit tidur mungkin saling terkait.

Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, kesepian dapat merusak peluang kamu untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Rasa kesepian pada malam hari menyebabkan kesulitan untuk berelaksasi dan bisa membuat seseorang terbangun di tengah-tengah waktu tidurnya. Selanjutnya, hal tersebut menyebabkan kurangnya waktu tidur yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan efek stres akibat kesepian.

2. Sering Merasa Lelah

merasa lelah
merasa lelah / freepik.com / racool studio

Tanda selanjutnya saat kamu sedang merasa kesepian adalah, kamu menjadi seseorang yang mudah merasa lelah, bahkan meskipun kamu telah menghabiskan banyak waktu untuk tidur. Selain itu, sering terjaga di malam hari sudah pasti menyebabkan tubuh kamu mudah merasa lelah karena kurangnya istirahat. Kamu juga akan mudah merasa lelah padahal kamu tidak begitu banyak melakukan sesuatu.

3. Tidak Produktif

gak produktif
nggak produktif / freepik.com / dcstudio

Rasa kesepian juga memberikan kontribusi pada perkembangan gangguan depresi, yang kemudian berdampak negatif pada produktivitas dengan membuat konsentrasi menjadi buyar dan perhatian menjadi sangat sulit. Saat merasa kesepian kamu mempunyai kesulitan untuk melakukan sesuatu, bahkan nggak bergairah untuk beraktivitas. Sehingga, pada akhirnya rasa kesepian itu membuat kamu terisolasi dan nggak bisa produktif.

4. Menghabiskan Banyak Waktu di Media Sosial

bermain media sosial
bermain media sosial / freepik.com /lifeforstock

Media sosial tidak selalu memberikan dampak buruk, namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dikaitkan dengan perasaan kesepian. Selain itu, perasaan tidak bisa terhubung dengan siapa pun dan tidak ada yang bisa memahami kamu, membuat kamu memiliki lebih banyak teman virtual dibandingkan teman di dunia nyatamu. Orang yang menghabiskan waktu lebih dari dua jam sehari di media sosial bisa dua kali lebih merasa kesepian dibandingkan mereka yang hanya butuh 30 menit berselancar di media sosial.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id