sign up SIGN UP

Justin Bieber Tunda Konser karena Idap Sindrom Ramsay Hunt, Ini Penyebab dan Gejalanya!

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 10:00 WIB
Justin Bieber Tunda Konser karena Idap Sindrom Ramsay Hunt, Ini Penyebab dan Gejalanya!
caption
Jakarta -

Justin Bieber baru-baru ini ungkap kondisi terbaru dirinya. Ia dikabarkan mengidap penyakit langka, sindrom Ramsay Hunt.

Karena hal ini, ia harus menunda jadwal konsernya di beberapa negara untuk proses pemulihan. Di laman Instagram, ia sempat menceritakan jika kondisi ini menyebabkan wajahnya lumpuh sebagian. 

"Virus ini menyerang saraf telinga dan wajah, yang menyebabkan wajah saya lumpuh (sebagian). Seperti yang kamu lihat, mata saya (yang sebelah) tidak berkedip. Aku juga tidak bisa tersenyum dengan sisi wajahku ini, lubang hidungku juga tidak bisa digerakkan (sebelah)," jelas Justin Bieber di Instagramnya.

Beauties, belajar dari apa yang dialami oleh Justin Bieber, ini penyebab dan gejala sindrom Ramsay Hunt yang menyerang penyanyi kenamaan ini. Simak yuk!

Penyebab Sindrom Ramsay Hunt

Justin BieberJustin Bieber/ Foto: Kolase Video Justin Bieber

Mengutip Mayo Clinic, sindrom Ramsay Hunt ini ternyata disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air, yakni virus varisela-zoster. 

Penyakit ini terjadi saat virus tersebut memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga. Hal inilah yang jadi penyebab terjadinya kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena. 

Gejala Sindrom Ramsay Hunt

Justin Bieber di Balenciaga ad campaign fall/winter 2021Justin Bieber di Balenciaga ad campaign fall/winter 2021/ Foto: Courtesy of Balenciaga

Terkait gejala, dikutip dari Medical News Today, ada beberapa tanda gejala utama dari sindrom Ramsay Hunt ini. Yakni sebagai berikut:

  1. Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar satu telinga.
  2. Kelemahan wajah atau kelumpuhan pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena. 
  3. Salah satu mata akan lebih sulit ditutup dan sakit telinga terus menerus.
  4. Ketulian pada telinga yang terkena tinitus
  5. Ekspresi wajah dapat diubah, seperti senyum jadi bengkok

Sebagai informasi, biasanya ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Terkadang satu bisa terjadi lebih dulu, atau di lain waktu ruam tidak pernah terjadi. 

Faktor Risiko

Justin Bieber di Balenciaga spring/summer 2022Justin Bieber di Balenciaga spring/summer 2022/ Foto: Stef Mitchell/courtesy of Balenciaga

Sindrom Ramsay Hunt seperti yang dialami oleh Justin Bieber ini bisa menyerang siapa saja, yang pernah menderita cacar air. Namun, ini akan lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, di atas usia 60 tahun. 

Sindrom ini tidaklah menular. Namun, seseorang yang sedang mengalami hal ini dapat menularkan cacar air pada mereka yang belum pernah terjangkit. 

Ada dua kondisi yang rawan, yakni bayi baru lahir dan ibu hamil. Yang mana mereka memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Beauties, itu dia penyebab dan gejala sindrom Ramsay Hunt seperti yang dialami oleh Justin Bieber. Semoga cepat pulih ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id