sign up SIGN UP

Jangan Lengah! Kasus Covid-19 Kembali Naik, 5 Kebiasaan Ini Sebaiknya Tak Dihilangkan!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 09:00 WIB
Jangan Lengah! Kasus Covid-19 Kembali Naik, 5 Kebiasaan Ini Sebaiknya Tak Dihilangkan!
caption

Beauties, baru-baru ini Indonesia kembali dikonfimasi mengalami kenaikan kasus positif Covid-19 varian omicron. Bahkan, virus tersebut kini juga mengalami mutasi subvarian baru.

Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa subvarian baru omicron tersebut telah bermutasi menjadi varian BA.4 dan BA.5 yang telah menyebar di beberapa wilayah Indonesia. Bali menjadi salah satu daerah yang telah terdeteksi keberadaan varian baru virus tersebut.

Dengan kondisi tersebut, tentu kita tak boleh lengah dan tetap perlu waspada dalam menjaga diri dan kesehatan tubuh. Selain itu, sebaiknya kita juga tak menghilangkan beberapa kebiasaan yang sudah menjadi protokol kesehatan sehari-hari sejak munculnya pandemi. 

Lantas, apa saja kebiasaan yang tak boleh dihilangkan dan perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mencuci Tangan

mencuci tangan dapat mencegah penularan kuman hingga virus
Mencuci Tangan/Foto: Freepik.com/freepik

Mencuci tangan telah menjadi sebuah kebiasaan baru sejak merebaknya Covid-19. Namun, kebiasaan ini tampaknya mulai dilupakan oleh sebagian orang sejak kasus Covid-19 mulai turun dan stabil. Dengan tetap membiasakan diri untuk mencuci tangan, kebiasaan ini dipercaya efektif mencegah penularan virus dan kuman yang dapat memicu penyakit.

Menurut WHO, mencuci tangan yang baik sebaiknya dilakukan selama 20 detik dengan membersihkan seluruh bagian tangan, mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela tangan hingga kuku menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir. Jangan lupa untuk selalu membawa handsanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen saat berpergian keluar rumah sebagai solusi saat tak menemukan tempat cuci tangan.

Menjaga Jarak 

Menjaga jarak menjadi salah satu protokol kesehatan untuk pencegahan penurlaran virus covid 19
Menjaga Jarak/Foto: Freepik.com/freepik

Meskipun kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih terkendali dibanding awal pandemi, namun tetap membiasakan diri untuk menjaga jarak saat berbicara dengan orang lain juga sebaiknya perlu dipertahankan, Beauties.

Sebab dengan menjaga jarak, kita dapat menghindari paparan droplet dari orang lain yang kita tidak ketahui apakah sedang terserang penyakit atau tidak. Ditambah lagi kini aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah perlahan mulai kembali normal.

Memakai Masker

Tetap menggunakan masker untuk mencegah penularan virus
Memakai Masker/Foto: Freeepik.com/tirachardz

Dengan dikonfirmasinya terjadi kenaikan tren angka positif kasus Covid-19 di Indonesia dalam 3 pekan terakhir dan munculnya subvarian baru dari virus omicron, tentu ini menunjukkan bahwa pandemi belum benar-benar usai.

Meskipun beberapa waktu lalu masyarakat diizinkan untuk melepas masker saat berkegiatan di luar ruangan, ada baiknya kita tetap mempertahankan penggunaan masker sebagai langkah preventif penularan virus tersebut.

Berjemur

Berjemur bantu tubuh menghasilkan Vitamin D yang berguna untuk meningkatkan kalsium dan fosfor
Berjemur/Foto: Freepik.com/freepik

Kebiasaan lainnya yang ramai dilakukan oleh masyarakat sejak munculnya Covid-19 adalah berjemur. Kebiasaan yang satu ini bermanfaat dalam membantu tubuh mendapatkan vitamin D.  Vitamin D berfungsi untuk bantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Dilansir dari detikHealth, untuk kondisi iklim tropis seperti Indonesia, waktu terbaik yang dianjurkan untuk berjemur dimulai dari pukul 9 pagi selama 15-30 menit. 

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makan makanan bernutrisi dapat bantu jaga kesehatan tubuh
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Last but not least, makan makanan bernutrisi juga sebaiknya harus selalu dilakukan, nih, Beauties. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, maka tubuh akan mendapat asupan zat gizi terbaik yang diperlukan tubuh untuk membentuk serta menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Stay safe and stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id