sign up SIGN UP

Beauties Wajib Tahu! Dialami Marshanda, Ini Gejala Tumor Payudara

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Minggu, 12 Jun 2022 13:00 WIB
Beauties Wajib Tahu! Dialami Marshanda, Ini Gejala Tumor Payudara
caption

Beauties, beberapa hari lalu artis Tanah Air Marshanda membagikan kabar soal kesehatannya. Ia mengatakan jika dirinya mengidap tumor payudara dan saat ini tengah berada di salah satu rumah sakit di Singapura untuk memeriksakan kondisinya.

Beauties, apakah kamu tahu apa itu tumor payudara? Dilansir dari CNN Indonesia, tumor adalah jaringan abnormal yang bisa tumbuh di organ tubuh tertentu. Pada perempuan salah satunya pada payudara. Tumor payudara ditandai dengan munculnya sebuah benjolan di daerah payudara. 

Jenis Tumor Payudara

Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept.Ilustrasi tumor payudara/ Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato

Tumor yang dapat tumbuh di payudara memiliki dua jenis, yaitu tumor non-kanker atau bisa dikatakan tumor ‘jinak’, dan satu lagi tumor jenis kanker atau ‘ganas’.

Dilansir pula dari National Breast Cancer, tumor jinak secara umum tidak agresif terhadap jaringan-jaringan yang ada di sekitarnya, Beauties. Akan tetapi, kadang-kadang tumor akan terus tumbuh sehingga menekan jaringan lain, ini bisa menyebabkan rasa sakit dan masalah lainnya.

Saat mengalami nyeri atau rasa sakit ini, tentunya dokter akan menyarankan untuk pengangkatan tumor yang diderita pasien agar hilang rasa sakitnya.

Sedangkan tumor ganas, mungkin bersifat agresif karena menyerang dan merusak jaringan yang ada di sekitarnya. Saat pemeriksaan dan tumor dianggap ganas, biasanya dokter akan langsung menyarankan untuk melakukan biopsi untuk mengetahui tingkat keparahan atau agresivitas tumor yang di derita pasien.

Gejala Tumor Payudara

World Breast Cancer Day Concept,health care - woman wore  white t-shirt and holding her chest ,women's breast tumor illnessIlustrasi tumor payudara/Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat

Beauties, tumor payudara jinak atau non kanker, sebenarnya adalah penyakit yang cukup umum dialami oleh perempuan. Dilansir dari Cancer, tumor payudara ‘jinak’ tidak akan mengancam jiwa. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang mengaitkan kondisi tersebut dengan resiko yang lebih tinggi, seperti jika tumor tersebut menjadi tumor payudara ganas.

Berikut tanda atau gejala tumor payudara seperti yang dialami Marshanda:

  • Ada benjolan yang muncul di payudara.
  • Bagian yang terdapat benjolan terasa nyeri.
  • Adanya cairan yang keluar dari puting susu.

Beauties, jika kamu mengalami beberapa gejala di atas, alangkah baiknya segera melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit terdekat. Sehingga bisa diketahui lebih cepat apakah itu jenis tumor jinak atau tumor ganas, dan bisa segera dilakukan perawatan. Selalu waspada dan sigap akan kesehatan diri sendiri. Stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id