sign up SIGN UP

Kabar PHK Merebak Lagi di Kalangan Anak Muda, Ini yang Perlu Dilakukan Usai Terkena

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 18:30 WIB
Kabar PHK Merebak Lagi di Kalangan Anak Muda, Ini yang Perlu Dilakukan Usai Terkena
Ilustrasi terkena PHK/Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan, kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) kembali merebak. Terbaru mengutip detikFinance, Shopee Indonesia melakukan PHK kepada sejumlah karyawan sebagai langkah efisiensi.

Sebelumnya sejak pandemi Covid-19, hal ini memang pernah terjadi bahkan begitu santer. Berdasarkan data survei Jobstreet Indonesia terhadap lebih dari 5.000 pekerja, terhitung 54% dari mereka terkena PHK dan dirumahkan.

Hal seperti ini memang bisa terjadi pada siapa saja, baik pada karyawan kontrak maupun sudah tetap, Beauties. Lantas bila terkena, apa yang harus dilakukan?

1. Memberi Waktu untuk Diri Sendiri

Rasa kaget dan kecewa, wajar bila kamu merasakannya. Kamu bisa memberi dirimu waktu untuk memproses apa yang baru terjadi. Terkait ini, kamu yang paling tahu cara paling ampuh bagimu untuk melewati masa-masa sulit tersebut.

Apakah bercerita dengan orang terdekat, hingga melakukan hal-hal yang menyenangkan demi menghibur diri. Kamu bisa menetapkan waktu untuk itu.

2. Cari Tahu Soal Pesangon

Perusahaan yang melakukan PHK, umumnya akan memberikan uang pesangon yang dapat dihitung dari waktu karyawan mulai bergabung pada perusahaan tersebut. Setelah dihitung, kamu sebaiknya mencari tahu juga kapan pesangon dan gaji terakhir tersebut akan diberikan.

3. Urus Asuransi dan BPJS Ketenagakerjaan

Biasanya kantor akan memberikan asuransi kesehatan berupa BPJS kesehatan dan asuransi dari perusahaan swasta pada karyawannya. Untuk ini kamu perlu mencari tahu serta dapat mengganti status dari karyawan menjadi mandiri sementara waktu, agar tetap bisa dipakai bila dibutuhkan.

BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dicairkan untuk menambah dana bila dibutuhkan. Tapi jika tidak, maka kamu bisa mendiamkan dan meneruskan saat diterima di kantor berikutnya nanti.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id